KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Setting Private DNS di Asus Zenfone 5 / 5Q / 5Z Tanpa Root

Private DNS Zenfone - Seperti yang mungkin kalian ketahui, Android 9 Pie membawa sejumlah perubahan. Namun yang paling menarik adalah dibekalinya fitur private dns tanpa banyak babibu. Kemampuan tersebut sudah ada secara default jadi kita bisa mengubah DNS Android tanpa root dan instal aplikasi.

Dan untungnya, ketiga model ponsel Asus Zenfone 5 (ZE620KL), Zenfone 5Q (ZC600KL) atau disebut juga sebagai Zenfone 5 Lite, dan Zenfone 5Z (ZS620KL) sudah kebagian pembaruan FOTA Android Pie.

Pembaruannya bisa diunduh lewat :

Di tautan tersebut juga kita jelaskan panduan update secara lengkap baik secara manual maupun FOTA aka Firmware Over The Air. Silahkan klik saja jika memang diperlukan.

Kesejahterahan Digital

Dengan dibekalinya private DNS mode, pengguna bisa menggunakan custom DNS di ponsel miliknya agar pihak diantara perangkat dan situs web tidak dapat menguntit kueri DNS karena dienkripsi.

Menggunakan Private DNS

Protokol keamanan yang digunakan adalah DNS over HTTPS (DoH) dan DNS over TLS (DoT).

Kita juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuka situs-situs yang diblokir operator seluler tanpa menggunakan aplikasi VPN Android.

Setting Private DNS di Zenfone

Umahdroid akan menggunakan DNS milik Cloudflare yang diklaim sebagai DNS tercepat dan memang bisa dipakai tanpa biaya (dibaca gratis). Oh ya, Android 9 Pie hanya mendukung DNS over TLS.

Langsung saja, buka Settings > Network & Internet > Private DNS. Pada jendela Select Private DNS Mode, pilih Private DNS provider hostname.

Private DNS Mode Zenfone

Masukan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com seperti tangkapan layar diatas. Tekan tombol Save untuk menyimpan setelan.

DNS Cloudflare Android

Sekarang silahkan buka Google Chrome atau browser kesayangan kalian lalu buka website 1.1.1.1/help atau 1.0.0.1/help untuk mengecek custom DNS yang kita setel telah aktif.

Custom DNS Selain Cloudflare

Selain menggunakan DNS Cloudflare, kalian juga bisa mengubah DNS dengan milik CleanBrowsing yang juga mendukung DNS over TLS (DoT), yakni :

security-filter-dns.cleanbrowsing.org
family-filter-dns.cleanbrowsing.org
adult-filter-dns.cleanbrowsing.org

Ketiga pilihan diatas memiliki level filter berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

#1 Security Filter

Digunakan untuk memblokir akses ke website berisi malware, phishing, hingga malicious domain, sehingga ideal untuk meningkatkan pengalaman browsing. Oya, pilihan ini tidak memblokir situs dengan konten dewasa.

Jadi kita pengguna tetap bisa mengakses Reddit dan website yang "dibegal" internet positif lainnya.

#2 Family Filter

Digunakan untuk memblokir akses ke seluruh situs dewasa, purnugrafi, eksplisit, situs campuran seperti Reddit, proxy, dan VPN domain yang biasanya digunakan untuk bypass filter.

Baca juga :

Penelusuran Google, Bing, dan YouTube diatur ke safe mode. Pilihan ini bisa dijadikan solusi orang tua untuk gadget anak-anak.

#3 Adult Filter

Yang ketiga hampir sama seperti family filter. Pilihan ini digunakan untuk memblokir situs dewasa, purnugrafi, dan situs eksplisit. Bedanya, adult filter tidak memblokir situs campuran.

Pilihan ini sangat cocok untuk remaja dan orang dewasa yang ingin menghindari paparan konten dewasa.

Jika ada yang ditanyakan tentang cara menggunakan private DNS di Zenfone tanpa root untuk mengakses situs atau aplikasi yang diblokir internet positif, silahkan sampaikan lewat kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan