KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pemerintah Sengaja Membatasi Akses WhatsApp dan Instagram

Instagram, Facebook, WhatsApp Down - Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan ke pengguna lain secara tiba-tiba hari ini. Mungkin kalian berfikir WhatsApp down. Kalian salah, ini karena pemerintah.

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika memutuskan untuk membatasi akses sosial media dan aplikasi pesan instan terkait gelombang protes pemilu 22 Mei 2019.

Pembatasan penggunaan beberapa layanan tersebut berlaku pada fitur foto dan video pada platform Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Media Sosial Ditutup Sementara

Namun beberapa pengguna menyebut (termasuk kita) jika mereka tidak bisa mengakses ketiganya sama sekali.

Kata Pemerintah

Pemerintah mengklaim melakukan ini untuk melindungi negeri dari hantaman arus hoax yang mungkin timbul dan disebarkan untuk memecah belah bangsa dan mengadu dombanya.

Baca juga :

"Modusnya posting di Facebook dan Instagram. Screen capture, viralnya bukan di media sosial, tapi di WhatsApp. Jadi kita akan mengalami perlambatan jika kita unduh dan unggah foto, dan video," kata Rudiantara.

Hal serupa disampaikan oleh Wiranto selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

“Kami adakan pembatasan akes di media sosial. Fitur tertentu untuk tidak diaktifkan untuk menjaga hal-hal negatif yang terus disebarkan masyarakat,” ujar Wiranto.

Tidak Bisa Dihentikan

Pembatasan fitur foto dan video dipilih Kominfo lantaran pihaknya tak bisa menghentikan WhatsApp. "Tidak bisa take down karena WhatsApp itu individu. Kita punya 200 juta lebih pengguna ponsel. Semua pake WhatsApp. Bagaimana caranya kita menangani 100 juta kalau take down individu," lanjutnya.

Baca juga :

Meski demikian, Rudiantara mengatakan pembatasan ini bersifat sementara. Pemerintah masih belum bisa memastikan kapan perlambatan ini akan dihentikan.

Dengan kata lain ini tergantung pada situasi pasca pengumuman hasil rekapitulasi oleh KPU pada Selasa, 21 Mei 2019.

Tapi pada kenyataanya banyak pengguna yang menggunakan aplikasi VPN untuk bypass limit akses ini.

Kita tunggu saja kapan Instagram, Facebook, dan WhatsApp bisa kembali normal. Itu saja tentang berita teknologi terbaru hari ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya dan terimakasih sudah membaca!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan