KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

10 Daftar Aplikasi File Manager Android Terbaik dan Gratis 2023

File Manager Android - Aplikasi manajemen bekas adalah aplikasi yang wajib ada di smartphone atau tablet Android. Ada cukup banyak file explorer. Ada yang gratis, berbayar / pro / premium, sampai freemium aka gratis dengan in-app purchase.

Aplikasi file manager akan memudahkan hidup penggunanya untuk menata berbagai macam berkas. Misalnya saja dokumen, musik, video, gambar, foto, unduhan, dan berkas lainnya.

Bahkan ada beberapa yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem Android.

File Manager Terbaik Android

Mengubah permission folder atau file, menghapus konfigurasi sistem, adalah beberapa contoh dari sekian banyak hal yang biasa dilakukan para opreker.

List di artikel ini campuran dan tidak bebas iklan. Jika kalian ingin aplikasi no ads and open source, silahkan merapat ke artikel yang sudah kita bagikan tentang update aplikasi file manager Android.

Amaze File Manager

Kita mulai dari Amaze. Aplikasi file manager ringan yang masih terhitung muda ini dapat diunduh secara gratis. Lebih baik daripada itu, Amaze merupakan aplikasi open source.

Amaze File Manager

Amaze mengusung tampilan material, SMB file sharing, built-in app manager untuk uninstall aplikasi, root explorer, dan lain-lain.

Meski gratis, pengguna bisa melakukan pembelian dalam aplikasi untuk membantu Developer dalam pengembangan.

Astro File Browser

Astro adalah salah satu file manager paling tua yang ada di bumi. Aplikasi ini mendukung fitur cloud storage, kompresi berkas, manajemen aplikasi, dan ekstraksi zip dan rar.

Astro File Manager

Selain dapat diunduh dan dipasang gratis via Goole Play Store, Astro adalah file manager tanpa iklan dan pembelian dalam aplikasi sama sekali.

Asus File Manager

Aplikasi manajemen berkas bawaan biasanya tidak terlalu menarik. Tapi Asus File Manager benar-benar bagus dan layak digunakan, bahkan untuk ponsel non Asus sekalipun.

Asus File Manager

Tampilannya bersih dan simpel. Berkas dalam memori bisa diakses berdasar kategori :
  • Gambar
  • Video
  • Musik
  • Apps
  • Games
  • Dokumen
  • Download
  • PDF
  • dll

Soal fitur, pengguna dapat menikmati kompress dan extract file zip, mendukung penyimpanan awan, storage analyzer, hidden cabinet untuk menyembunyikan berkas atau direktori, serta dukungan LAN dan SMB.

ES File Explorer

ES File Explorer adalah aplikasi file manager yang memiliki banyak fitur tambahan yang banyak disukai pengguna, termasuk root explorer untuk HP yang sudah di-root.

ES File Explorer

Aplikasi hadir dengan space analyzer yang bisa membersihkan history dan cache untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

Sayangya untuk versi gratis, aplikasi ini memiliki iklan yang cukup mengganggu. Untuk itu pengembang menyediakan ES File Explorer Pro (versi berbayar) dengan fitur yang lebih lengkap dan tanpa iklan.

FX File Explorer

Aplikasi buatan NextApp, inc ini didukung dengan SMBv2, FX Connect untuk mengirim file dari ponsel ke ponsel via WiFi, NFC, Web Access, FTP, dukungan arsip terenkripsi, Shell Script Executor, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

FX File Explorer

FX File Explorer dapat di-install gratis tanpa iklan, tanpa tracking, tanpa analytics, namun memiliki opsi in-app purchase.

Menurut hemat kita, FX File Explorer adalah aplikasi file manager Android dengan tampilan paling keren karena dibekali paket ikon warna-warni.

MK Explorer

Kalian yang mencari aplikasi pengelola berkas yang simpel, MK Explorer mestinya ada di daftar kalian. MK Explorer mengusung desain material khas Google, kemampuan dasar (salin, tempel, hapus, dll), dan akses root.

MK Explorer

Selain itu, MK mendukung 20 bahasa, built-in text editor, galeri, pemutar musik, serta peyimpanan USB.

Root Explorer

Meski tampilannya biasa saja, namun sudah sejak lama sekali Root Explorer menjadi primadona bagi tukang oprek HP Android karena kehandalannya.

Root Explorer

Beberapa fitur andalan Root Explorer antara lain open multiple tab, cloud dan SMB support, SQLite database viewer, text editor, create and extract zip or tar/gzip/rar, execute scripts, remount, permissions, bookmarks, APK binary XML viewer, change file owner/group, create symbolic link, hingga MD5.

Solid Explorer

Solid Explorer adalah aplikasi file manager paling populer. Dengan bahasa desain material, mendukung penyimpanan awan, root akses, FTP, SFTP, WebDav, SMB, dan CIFS, arsip dan kompresi, hingga adanya dukungan Chromecast.

Solid Explorer File Manager

Masih belum puas?. Solid Explorer terbaru dibekali dengan fitur untuk mengunci folder dengan password.

Perlu diketahui, Solid Explorer gratis adalah versi trial selama 14 hari. Namun jika kalian memiliki Solid Explorer Unlocker, kalian dapat menikmati versi premium secara gratis.

Total Commander

Aplikasi buatan C. Ghisler ini berukuran sangat kecil, hanya 1.71 MB saja. Meski demikian Total Commander memiliki hampir semua fitur, termasuk dukungan penyimpanan jaringan dan cloud service, plugin, bookmark, dan alat-alat lain seperti editor teks.

Total Commander

Meski di halaman Google Play Store ditulis contains ads, namun Total Commander tidak memiliki embel-embel iklan dan pembelian dalam aplikasi sama sekali.

Developer menjelaskan jika link "Add plugins (download)" di dalamnya dianggap Google sebagai iklan karena memiliki tautan menuju aplikasi lain.

X-Plore File Manager

Dari daftar yang kita tulis diatas, X-Plore File Manager adalah opsi yang paling unik. Pengguna akan disuguhkan dual pane mode yang digunakan untuk memanajemen file dengan 2 buah jendela di waktu bersama'an.

X-Plore File Manager

Itu sangat berguna untuk melakukan copy dan paste dari satu lokasi ke ke lokasi lainnya dengan cepat. Enaknya lagi, pengguna bisa melihat berkas APK sebagai ZIP jika dibutuhkan.

Jika ada file manager terbaik untuk Android yang belum kita sebutkan tolong tuliskan lewat kolom komentar ya supaya bisa kita tambahkan ke daftar. Sampai jumpa di posting tekno menarik lainnya. Terimakasih sudah berkunjung!.
1 komentar

1 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan