2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Bootloader Zenfone 5, 6 - Umahdroid
Tutorial Mudah UBL dan Relock Bootloader Asus Zenfone - Mungkin sobat disini masih bingung atau ada yang masih dengan istilah bootloader? Bagi sobat yang suka dengan dunia modding dan familiar menggunakan Linux pastinya sangat paham dengan istilah-istilah ini.

Saya sengaja membuat post ini untuk post baru yang sudah saya siapkan nanti. Karena salah satu syarat dari yang akan saya tulis tersebut Zenfone harus dalam keadaan bootloader sudah di terbuka.

Untuk jawaban pertanyaan di awal diatas, saya akan jelaskan sedikit tentang pengertian Bootloader dan Unlock Boot Loader (UBL) untuk pengetahuan kita bersama.

2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Bootloader Zenfone 5, 6

Apa itu Unlock Boot Loader?

Bootloader merupakan sebuah program yang sudah tertanam pada suatu operating system (OS) untuk memlaukan boot atau memanggil sistem operasi yang terdapat pada memory. Di dunia android, secara default Boot Loader dikunci oleh pihak perusahaan smartphone.

Kenapa? Hal ini dilakukan lebih kepada faktor security untuk melindungi produk mereka. Dengan kondisi tersebut, kita tidak bisa melakukan kostumisasi untuk ROM (CUSTOM ROM).

Sampai disini sobat sudah bisa mengkap maksunya kan? Ya, jadi intinya UBL atau Unlock BootLoader ini akan membuat sobat mampu merubah ataupun melakukan flashing custom rom, custom kernel serta modifikasi tanpa batas pada ponsel Android sobat, dalam hal ini yag sedang kita bahas untuk Zenfone 5, 6.

Adapun salah satu kekurangan ketika kita memutuskan untuk meng-Unlock Bootloader adalah tidak akan mendapat update melaui Over The Air atau disingkat OTA. Jadi sobat harus melakukan update versi Android Zenfone 4,5,6 manual

Tanya : "Kalo Relock bootloader itu apa gan?"
Jawab : "Ya kebalikannya Unlock Boot Loader"

1. Tutorial Unlock Bootloader Zenfone 5 dan Zenfone 6

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk meng-unlock bootloader pada Zenfone kita. Saya akan tuliskan kedua buah cara tersebut. OK! Kita mulai trik-triknya.

Cara 1 Unlock Bootloader Zenfone 5 Lollipop

Seperti yang saya tuliskan diatas, tutorial ini khusus untuk versi Lollipop. Seperti biasa, sebelum kita eksekusi ada beberapa hal yang harus sobat siapkan diantaranya adalah sebagai berikut :


Dan jangan sampai lupa, pastikan Zenfone terdeteksi di PC agar eksekusi sukses. Baiklah, saya anggap sudah terdeteksi. Sekarang saatnya pengerjaan. Ikuti step-step dibawah ini :

Step 1 - Setelah sobat download bahan-bahan diatas, Extract hasil download file untuk UBL ke dalam folder ADB komputer/PC/Laptop sobat

Step 2 - Matikan Zenfone kemudian masuk ke droidboot mode

Step 3 - Kembali ke PC, buka folder ADB. Tekan dan tahan tombol shift + klik kanan kemudian pilih Open command window here

Step 4 - Setelah jendela Command Prompt muncul, ketikan 4 perintah berikut :

fastboot flash fastboot fastboot.img
fastboot reboot-bootloader
fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg_unlock.bin

Dari 4 buah perintah diatas, prosesnya seperti dibawah ini :

tiwo@ngapak:~$ fastboot flash fastboot fastboot.img 
target reported max download size of 1320080725 bytes
sending 'fastboot' (13273 KB)...
OKAY [  1.733s]
writing 'fastboot'...
(bootloader) secure device
(bootloader) signed image
OKAY [  2.230s]
finished. total time: 3.964s
tiwo@ngapak:~$ fastboot reboot-bootloader 
rebooting into bootloader...
OKAY [  0.276s]
finished. total time: 0.276s
tiwo@ngapak:~$ fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
target reported max download size of 1322169685 bytes
sending 'dnx' (96 KB)...
OKAY [  0.417s]
writing 'dnx'...
OKAY [  0.559s]
finished. total time: 0.975s
tiwo@ngapak:~$ fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg_unlock.bin
target reported max download size of 1322169685 bytes
sending 'ifwi' (1983 KB)...
OKAY [  0.630s]
writing 'ifwi'...
OKAY [  0.701s]
finished. total time: 1.330s
tiwo@ngapak:~$ fastboot reboot
rebooting...

finished. total time: 0.275s

Step 5 - Cheers! Selesai, Asus Zenfone 5 sudah sukses unlock bootloader

Cara 1 Unlock Bootloader Zenfone 6

Ini adalah tambahan sekalian request dari salah satu sobat Umahdroid, saya lupa namanya :D Untuk Unlock Bootloader Zenfone 6 proses dan methodenya sama seperti pada Zenfone 5 diatas, hanya saja file .bin nya saja yang berbeda. Ambil dari link yang bawah pada daftar bahan 'Zenfone 5+6 BootLoader ToolKit' :

Step 1 - Setelah sobat download bahan-bahan diatas, Extract hasil download File untuk UBL Zenfone dan Zenfone 5+6 BootLoader ToolKit ke dalam folder ADB komputer/PC/Laptop sobat.

Berhubung kita akan eksekusi Zeny 6 maka perhatikanlah hal ini. Setelah Extract harusnya ada 2 file dengan nama  "dnx_fwr_ctp_a600cg.bin" dan "ifwi_ctp_a600cg_unlock.bin".

Step 2 - Matikan Zenfone 6 kemudian masuk ke droidboot mode

Step 3 - Kembali ke PC, buka folder ADB. Tekan dan tahan tombol shift + klik kanan kemudian pilih Open command window here

Step 4 - Setelah jendela Command Prompt muncul, ketikan 4 perintah berikut :

fastboot flash fastboot fastboot.img
fastboot reboot-bootloader
fastboot fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a600cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a600cg_unlock.bin

Step 5 - Cheers! Zenfone 6 sudah sukses unlock bootloader

Cara 2 Unlock Bootloader Zenfone 5 dan Zenfone 6

Sekarang kita masuk ke cara kedua untuk membuka bootloader Zenfone 5 dan juga Zenfone 6. Berbeda dengan cara pertama diatas, kali ini memnggunakan file APK yang sudah disediakan oleh Asus.

Download File berikut :

Untuk step-stepnya seperti berikut ini :

Step 1 - Karena filenya karena bentuknya .zip maka extract terlebih dahulu

Step 2 - Install file APK hasil extract tadi seperti install aplikasi biasa

Step 3 - Buka dan jalankan hasil langkah dua diatas

Step 4 - Ketika dibuka, sobat akan menjumpai EULA dengan confirmation. Ikuti saja sampai selesai

Step 5 - Viola!! Selesai

2. Tutorial Relock Bootloader Zenfone 5

Untuk cara mengembalikan ke kondisi awal setelah unlock bootloader pada trik diatas, saya juga sertakan cara mengunci kembali atau relock bootloader yang sudah di-unlock. Sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Step 1 - Cari file ifwi.zip dan recovery.img dari file stock rom yang sedang dipakai

Step 2 - Setelah ketemu Extract ke folder ADB

Step 3 - Matikan Zenfone kemudian masuk ke fastboot mode

Step 4 - Tekan shift + klik kanan di folder ADB pilih Open command window here

Step 5 - Ketikan satu-persatu perintah berikut di CMD :

fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg.bin

Step 6 - Sekarang Reboot dan selesai

Penting!! Perlu sobat ketahui, dengan proses Unlock BootLoader berarti sobat sudah memahami resiko yang mungkin timbul nantinya. Yang pasti akan membuat Zenfone kita kehilangan garansi. DWYOR!.

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang 2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Boot Loader Zenfone 5, 6. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung!

2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Bootloader Zenfone 5, 6

Tutorial Mudah UBL dan Relock Bootloader Asus Zenfone - Mungkin sobat disini masih bingung atau ada yang masih dengan istilah bootloader? Bagi sobat yang suka dengan dunia modding dan familiar menggunakan Linux pastinya sangat paham dengan istilah-istilah ini.

Saya sengaja membuat post ini untuk post baru yang sudah saya siapkan nanti. Karena salah satu syarat dari yang akan saya tulis tersebut Zenfone harus dalam keadaan bootloader sudah di terbuka.

Untuk jawaban pertanyaan di awal diatas, saya akan jelaskan sedikit tentang pengertian Bootloader dan Unlock Boot Loader (UBL) untuk pengetahuan kita bersama.

2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Bootloader Zenfone 5, 6

Apa itu Unlock Boot Loader?

Bootloader merupakan sebuah program yang sudah tertanam pada suatu operating system (OS) untuk memlaukan boot atau memanggil sistem operasi yang terdapat pada memory. Di dunia android, secara default Boot Loader dikunci oleh pihak perusahaan smartphone.

Kenapa? Hal ini dilakukan lebih kepada faktor security untuk melindungi produk mereka. Dengan kondisi tersebut, kita tidak bisa melakukan kostumisasi untuk ROM (CUSTOM ROM).

Sampai disini sobat sudah bisa mengkap maksunya kan? Ya, jadi intinya UBL atau Unlock BootLoader ini akan membuat sobat mampu merubah ataupun melakukan flashing custom rom, custom kernel serta modifikasi tanpa batas pada ponsel Android sobat, dalam hal ini yag sedang kita bahas untuk Zenfone 5, 6.

Adapun salah satu kekurangan ketika kita memutuskan untuk meng-Unlock Bootloader adalah tidak akan mendapat update melaui Over The Air atau disingkat OTA. Jadi sobat harus melakukan update versi Android Zenfone 4,5,6 manual

Tanya : "Kalo Relock bootloader itu apa gan?"
Jawab : "Ya kebalikannya Unlock Boot Loader"

1. Tutorial Unlock Bootloader Zenfone 5 dan Zenfone 6

Ada 2 cara yang bisa kita gunakan untuk meng-unlock bootloader pada Zenfone kita. Saya akan tuliskan kedua buah cara tersebut. OK! Kita mulai trik-triknya.

Cara 1 Unlock Bootloader Zenfone 5 Lollipop

Seperti yang saya tuliskan diatas, tutorial ini khusus untuk versi Lollipop. Seperti biasa, sebelum kita eksekusi ada beberapa hal yang harus sobat siapkan diantaranya adalah sebagai berikut :


Dan jangan sampai lupa, pastikan Zenfone terdeteksi di PC agar eksekusi sukses. Baiklah, saya anggap sudah terdeteksi. Sekarang saatnya pengerjaan. Ikuti step-step dibawah ini :

Step 1 - Setelah sobat download bahan-bahan diatas, Extract hasil download file untuk UBL ke dalam folder ADB komputer/PC/Laptop sobat

Step 2 - Matikan Zenfone kemudian masuk ke droidboot mode

Step 3 - Kembali ke PC, buka folder ADB. Tekan dan tahan tombol shift + klik kanan kemudian pilih Open command window here

Step 4 - Setelah jendela Command Prompt muncul, ketikan 4 perintah berikut :

fastboot flash fastboot fastboot.img
fastboot reboot-bootloader
fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg_unlock.bin

Dari 4 buah perintah diatas, prosesnya seperti dibawah ini :

tiwo@ngapak:~$ fastboot flash fastboot fastboot.img 
target reported max download size of 1320080725 bytes
sending 'fastboot' (13273 KB)...
OKAY [  1.733s]
writing 'fastboot'...
(bootloader) secure device
(bootloader) signed image
OKAY [  2.230s]
finished. total time: 3.964s
tiwo@ngapak:~$ fastboot reboot-bootloader 
rebooting into bootloader...
OKAY [  0.276s]
finished. total time: 0.276s
tiwo@ngapak:~$ fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
target reported max download size of 1322169685 bytes
sending 'dnx' (96 KB)...
OKAY [  0.417s]
writing 'dnx'...
OKAY [  0.559s]
finished. total time: 0.975s
tiwo@ngapak:~$ fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg_unlock.bin
target reported max download size of 1322169685 bytes
sending 'ifwi' (1983 KB)...
OKAY [  0.630s]
writing 'ifwi'...
OKAY [  0.701s]
finished. total time: 1.330s
tiwo@ngapak:~$ fastboot reboot
rebooting...

finished. total time: 0.275s

Step 5 - Cheers! Selesai, Asus Zenfone 5 sudah sukses unlock bootloader

Cara 1 Unlock Bootloader Zenfone 6

Ini adalah tambahan sekalian request dari salah satu sobat Umahdroid, saya lupa namanya :D Untuk Unlock Bootloader Zenfone 6 proses dan methodenya sama seperti pada Zenfone 5 diatas, hanya saja file .bin nya saja yang berbeda. Ambil dari link yang bawah pada daftar bahan 'Zenfone 5+6 BootLoader ToolKit' :

Step 1 - Setelah sobat download bahan-bahan diatas, Extract hasil download File untuk UBL Zenfone dan Zenfone 5+6 BootLoader ToolKit ke dalam folder ADB komputer/PC/Laptop sobat.

Berhubung kita akan eksekusi Zeny 6 maka perhatikanlah hal ini. Setelah Extract harusnya ada 2 file dengan nama  "dnx_fwr_ctp_a600cg.bin" dan "ifwi_ctp_a600cg_unlock.bin".

Step 2 - Matikan Zenfone 6 kemudian masuk ke droidboot mode

Step 3 - Kembali ke PC, buka folder ADB. Tekan dan tahan tombol shift + klik kanan kemudian pilih Open command window here

Step 4 - Setelah jendela Command Prompt muncul, ketikan 4 perintah berikut :

fastboot flash fastboot fastboot.img
fastboot reboot-bootloader
fastboot fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a600cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a600cg_unlock.bin

Step 5 - Cheers! Zenfone 6 sudah sukses unlock bootloader

Cara 2 Unlock Bootloader Zenfone 5 dan Zenfone 6

Sekarang kita masuk ke cara kedua untuk membuka bootloader Zenfone 5 dan juga Zenfone 6. Berbeda dengan cara pertama diatas, kali ini memnggunakan file APK yang sudah disediakan oleh Asus.

Download File berikut :

Untuk step-stepnya seperti berikut ini :

Step 1 - Karena filenya karena bentuknya .zip maka extract terlebih dahulu

Step 2 - Install file APK hasil extract tadi seperti install aplikasi biasa

Step 3 - Buka dan jalankan hasil langkah dua diatas

Step 4 - Ketika dibuka, sobat akan menjumpai EULA dengan confirmation. Ikuti saja sampai selesai

Step 5 - Viola!! Selesai

2. Tutorial Relock Bootloader Zenfone 5

Untuk cara mengembalikan ke kondisi awal setelah unlock bootloader pada trik diatas, saya juga sertakan cara mengunci kembali atau relock bootloader yang sudah di-unlock. Sobat bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

Step 1 - Cari file ifwi.zip dan recovery.img dari file stock rom yang sedang dipakai

Step 2 - Setelah ketemu Extract ke folder ADB

Step 3 - Matikan Zenfone kemudian masuk ke fastboot mode

Step 4 - Tekan shift + klik kanan di folder ADB pilih Open command window here

Step 5 - Ketikan satu-persatu perintah berikut di CMD :

fastboot flash recovery recovery.img
fastboot flash dnx dnx_fwr_ctp_a500cg.bin
fastboot flash ifwi ifwi_ctp_a500cg.bin

Step 6 - Sekarang Reboot dan selesai

Penting!! Perlu sobat ketahui, dengan proses Unlock BootLoader berarti sobat sudah memahami resiko yang mungkin timbul nantinya. Yang pasti akan membuat Zenfone kita kehilangan garansi. DWYOR!.

Nah sekian yang bisa saya bahas tentang 2 Cara Unlock Bootloader dan Relock Boot Loader Zenfone 5, 6. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung!

127 komentar

  1. Mas saya coba UBL pake file apk tapi kok gak support ya! Saya pke zenfone 5 T00F fr v3.24.40.78

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Saya juga tidak support, jadi pilih pake ADB saja

      Hapus
    2. Ya begitulah. Itulah alasan kenapa saya buatkan 2 langkah. Jadi bila satu gagal, masih ada 1 lagi. Selamat kang Dojo

      Hapus
    3. min folder adbnya itu dari mana ya?

      Hapus
    4. Dari hasil extract bahan adb dan fastboot yang di download kang

      Hapus
  2. gan tutorial relock booloadernya tolong diperjelas?cara nyari ifwi dari stock romnya gmn?mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mbak istiqomah. Jadi gini, di dalam firmware itu kan ada file ifwi.zip. Nah ambil dari situ maksudnya mbak.

      Hapus
  3. maaf min ane mau tanya ubl zeni 6 .
    di tutor kan ada fastboot flash recovery recovery.img .
    itu diambil dari file ubl apa gimana?
    mohon pencerahan min . makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah salah baca akang ini. Kalo yang recovery kang buat relock. Yang unlock kan,

      fastboot flash fastboot fastboot.img

      Kalo maksudnya itu, iya bener. Pakai file yang itu kang. Sudah coba belum?

      Hapus
    2. wkwkwk , sorry min. ya itu maksud ane. ok.. ntar ane coba gan .

      Hapus
  4. lapor min , sukses ubl + install double tap to wake varokah bener dah tutorial ente :v
    tengkyu bgt atas bimbinganya om (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat kang gefeng. Saya ikut senang, teman yang baca tutorial ini sukses juga. Sama-sama kang

      Hapus
  5. Mas coment cmdnya langsung 4 sekali jalan? Atau satu persatu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu-satu kang. Tiap line command enter. Tapi kalo kang mau ngoding dirangkum jadi tool sendiri juga boleh :D

      Hapus
    2. mas mau nanya, gimana cara mengatasi masalah muncul tulisan layanan google play berhenti, saat HH kita baru selesai upgrade frimeware , soalny ngak bisa diskip biar langsung masuk tampilan awal.. mhon bantuanya mas,,

      Hapus
    3. Sudah saya post artikel dan tips untuk mengatasi sayangnya layanan Google Play telah berhenti. Silahkan akang cari postnya di "6 Cara Mengatasi Unfortunately Google Play Store Has Stopped" yang ada di menu Tips dan Trik. Semoga membantu, dan solved. Terimakasih

      Hapus
  6. Eh bujug dah...ini tutor manjur bener....asus ane jadi bisa tap mati...tap idup lagi...hatur nuhun...matur suwun mas,kang,uda...thanks terima kasih mantaaappp euyyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali kang edy. Semoga bermanfaat

      Hapus
  7. Mas Tiwo, logicnya gimana ya kok waktu unlock flash fastboot.img (ini fastboot apa/dari mana asal usulnya).
    Sedangkan waktu relock pakai recovery.img
    Tolong jelasin dnx dan ifwi itu apa, dan kenapa dnx utk unlock/relock sama, kalau sama utk apa diflash?
    Hanya mikir apa stepnya rdk ada yg mubazir.
    Thx

    BalasHapus
  8. Maaf mas.. mau tanya kalo mau relock tapi hh sudah tidak di root.. bisa atau nggak? Atau harus di root lagi baru di relock

    BalasHapus
  9. gan.. kemaren kan di asus saya di unlock. perubahan setelah unlock itu ketika di reboot atau tampilan awal asus berwarna putih dan tulisan nya hitam, yang keduanya baru tampilan berwarna hitam dan tulisan putih.. tapi, ketika di relock, kok tampilannya tetap? apakah itu berhasil atau gagal? tolong jawabannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke droidboot aja kang. Lihat IFWI nya, kalo sudah 59.A1 berarti sudah sukses UBL

      Hapus
  10. oh ya gan.. kemaren Asus saya sempat di root, kemudian setelah saya Unlock Device App: Unlock Bootloader, root saya hilang.. terus saya coba unroot, dan di root lagi.. tetap gak bisa, ada pesan"tidak ada biner SU terpasang an superSU tidak bisa memasangnya.Ini merupakan masalah!Jika anda baru mengupgrade ke Andorid 4.3,Anda perlu me-root secara manual.Konsultasikan dengan forum yang relevan dengan perangkat anda!" itu solusinya gimana ya gan?
    dan juga asus saya tidak bisa update lewat ADB sideload, setiap dikirim perintah, asus mengalami Instalation Aborted
    mohon bantuannya, cuma di blog ini bisa minta bantuan.. soalnya www.umahdroid.com yang selalu memberi solusi yang bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok bisa hilang? Akang Unrootnya lewat supersu apa lewat file file yang untuk root? Sekarang difirmware berapa?

      Hapus
  11. gan habis unlockbootloader kok kamera gak bisa di pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang memodifikasi system punya banyak kemungkinan. Salah satunya yang mba alami. Makanya selalu saya tulis resiko ditanggung penumpang (DWYOR). Cara mengatasinya sudah pernah saya tulis. Cari saja artikel "Cara Memperbaiki Camera Not Found ASUS Zenfone 5". Selamat mencoba, semoga berhasil.

      Hapus
  12. maaf gan tiwo, ini nyari file recovery.img dari stock room kok gaada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akang bisa download recovery pada post "Daftar Lengkap Recovery Image ASUS Zenfone 5 (WW+TW+CN+CHT)"

      Hapus
  13. Gan tolong buat tutorial unlock dan relock asus zenfone 2 dong gan...
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru saja semalam saya baca threadnya di XDA buat cara Unlock Zenfone 2. Tadi iseng juga liat web asus (bagian utilities) udah di sediain kok tool UBL Zenfone 2.

      Hapus
  14. Sore Min, saya ada 3 pertanyaan.
    1. Betulkah cara masuk ke droidboot adalah dengan menekan tombol power dan volume up sampai muncul gambar robot tumbang dan ada tulisan waiting for CMD?
    2. Lalu mengapa ketika masuk ke droidboot tersebut, HH saya tidak terdeteksi? padahal saya sudah ceklis USB Debugging dan MPT juga sudah diceklis.
    3. setelah saya tekan shift+klik kanan lalu open command window here di folder ADB, kenapa di CMD yang muncul hanya tulisan folder saja ya? bukan ke-4 perintah seperti yang Admin tulis diatas
    terima kasih Min

    BalasHapus
  15. Min, jika sudah kembali ke home, tandanya kalau sudah berhasil dibootloader itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke fastboot mode zenfone lihat dibagian IFWI nya. Kalo ada 59.A1 berarti udah sukses

      Hapus
    2. IFWI=59.41 hehe makasih, Min

      Hapus
  16. gan zenfone 6 saya kalo masuk di droidboot ga mau ke detect pc kenapa ya? saya sudah install driver nya padahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check device manager coba. Lihat disana biasanya drivernya yang bermasalah. Di update saja drivernya kang

      Hapus
  17. Balasan
    1. Tidak ada. Itulah kenapa saya sebutkan diatas resiko tanggung sendiri

      Hapus
  18. Gan, Kalo ane abis Unlock terus install zenmotion pengen ane relock bakal ada masalah ga gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya biarkan tetap UBL saja. Sekalian jawab pertanyaan dibawah, setahu saya tidak akan dapat OTA update lagi.

      Hapus
  19. Dan Juga Kalo HH Udh di Root Ga bisa Update OTA ya?

    BalasHapus
  20. gan maaf saya masih newbie bgt niih. kalo UBL data ilang tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga mas. Saran saya lebih baik dibackup rutin, lebih lagi setiap akan modding. Kita engga bisa pastiin HH termasuk system dan komponen penyimpanan akan bermasalah nantinya.

      Hapus
  21. Gan tau cara relock bootloader asus zenfone 2 gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasar yang pernah saya baca bisa menggunakan file RAW Zenfone 2, ASUS Flash tool. Terus nanti diflash menggunakan recovery.img, boot.img, droidboot.img.

      Hapus
  22. Gan ane kan pernah unlock untuk masukin fitur zenmotion, nah sekarang ane ingin upadate tapi gagal aja ya, setelah saya nanya2 itu roomnya twrp , nah kalau misalnya ingin dibalikin semula gimana gan ? Thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal flash boot.img saja untuk balikin kernel. Saya upgrade kemarin posisi Root, sudah terinstall Zenmotion DT2W, juga UBL sukses kang

      Hapus
  23. Min ko pas ngetik cmd yg ttakhit mlah Failed : flash_cmds error !,
    Solusinya gmna min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sudah yakin commandnya benar? Ada beberapa teman yang menanyakan ternyata commandnya tidak lengkap.

      Hapus
    2. sama broo .. zenfone 6

      Hapus
  24. bootloader toolkit ga bisa di download mbah -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Sudah saya cek link download masih sehat

      Hapus
  25. Folder ADB di PC itu folder yg mana gan? Atau itu folder buat sendiri? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hasil extract dari bahan download ADB dan Fastboot tool. Soal download bisa dibuat sendiri, menyesuaikan enaknya akang simpan dimana

      Hapus
  26. Mau tanya ni. kemaren saya ubl87.ublfix.root dan instal zenmotion, tp muncul di layar pc copy file asus.hardware.touchgesture.doublr_tap.xml dibawahnya ada ( waiting for device ). akhirnya saya RBL dan Unroot. itu gmn gan ? mohonnpenjelasannya ya please.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu drivernya belum terinstall bener kang. Di update saja pake internet. Nanti akan otomatis cari, download dan install paket driver yang dibutuhkan.

      Caranya klik kanan pada my computer terus pilih manage. Baru pilih device manager. Disitu akan ada driver yang kuning (tanda seru/tanya). Pilih update driver -> automatic. Selebihnya seperti yang saya tulis diparagraf awal.

      Hapus
  27. mau tanya gan. cara bedakan ubl dan rbl gmn ya ? kemaren saya ubl.ublix.root dan instal zenmotion. tp gak muncul di setting zenfone 5 saya. mohon penjelasannya ya gan. teima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Check di droidboot kang. Kalo ada tulisan 59.A1 berarti UBL. Kalo engga berarti masih Lock.

      Hapus
  28. Gan kok tulisannya " cannot open 'fastboot.img' " itu kenapa ya ? mohon penjelasannya ya. Terimakasih

    BalasHapus
  29. gan saya udah gk punya data ifwi sama recoveri rom yang saya pakai,,, gimana cara nya gan

    BalasHapus
  30. "The device model is not supported"
    Devicenya zenfone 6, pake cara ke 2
    Ngatasinnya gimana ya ? Atau lebih baik pakai yang cara 1 aja ?

    BalasHapus
  31. Gan, saya kok pake cara cmd. dr 4 cmd yg harus di masukin kenapa cuman satu yg bisa ya? yg 3 nya error..

    BalasHapus
  32. bang hh ane a501cg, tp di filenya tulisannya a500cg. cocok kah sama hh ane?

    BalasHapus
  33. kak cara relock bootloader nya gimana ini untuk zenfone 5 t00f . ini kak email saya aderaditya07@gmail.com mohon bantuanya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya yang versi terbaru kak soalnya yg WW_3.24.40.87

      Hapus
  34. Kak tiwo mohon pencerahanya dong fast respon ya :)

    BalasHapus
  35. gan, fastboot.exe itu di replace kan pas mau dimasukkin ke folder ADB?

    BalasHapus
  36. Maaf gan, untuk pertanyaan melihat status bootloader sudah unlock atau belum saya baru baca dan baru tau tadi.
    tapi untuk pertanyaan saya yg sebelumnya yang fastboot.exe di replace atau tidak itu apa jawabannya gan?

    terus, kan saya pindahin tuh file untuk ubl kedalem folder adb, jadi kalo saya mau relock bootloader, apakah file yg dipindah tadi dihapus dari dlm folder ADB? atau kah dibiarin aja? mohon bimbingannya master.. terima kasih.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Replace saja kalo memang ada, toh fungsinya sama saja mas. Dihapus / dibiarkan saja tidak masalah, asal saat eksekusi file yang dipanggil lewat command prompt itu exist (ada)

      Hapus
  37. Kang tiwo adb sideload "error:device not fount" ini knp ya

    BalasHapus
  38. Saya mau nanya mas.hp saya kan asus zenfone 2 laser.Ze500Kg
    Gak bisa instal apk unlock driver tool mas.tolong pencerahannya
    Terimas

    BalasHapus
  39. tuturial ubl diatas ada akibat freeze nya ngak min.
    soal nya saya prnah ubl, tpi efeknya kadang2 freeze.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk itu kemungkinan itu, tetap ada mas. Saya juga suka freeze, makanya selalu ada disclaimer dari perusahaan soal UBL.

      Hapus
  40. Kok semua cara udh dianuin ,android bisa masuk ke pc tapi other device dan waktu reboot itu unknown device mas

    BalasHapus
  41. thanks gan,, its work,,

    BalasHapus
  42. tahunya sudah diunlock bootloader gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas masuk ke droidboot, lihat bagian IFWI version. Kalo ada 59.A1 berarti sudah UBL

      Hapus
  43. Gan, suksess UBL sama pasang D2TW .. hh sering restart .. trs msk homescreen gabisa dipencet samasekali harus reboot lwt recovery / twrp .. Kalo di Relock aman ga ya? soalnya udh pasang Dt2wnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang itu resikonya UBL mas. Harus reboot dari recovery di FW 78. Kalo di FW 87 jarang freeze mas. Maaf sekali mas, saya belum pernah coba relock pas ada dt2w mas.

      Hapus
  44. um bis minta tolong buatin UBL.a zenfone go ZB452KG.makasih um

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Tapi kita takut kalo engga nyoba sendiri. Takutnya kalo gagal jadi posting sesat. Kasihan yang nyoba

      Hapus
  45. Gan setelah di relock bisa update via ota lagi gak? Atau ttp harus manual?

    BalasHapus
  46. mohon pencerahan kang Tiwo yang cantik..
    sangat susah mencari custom rom untuk zenfone 6.saya pernah pakai ressurrection remix. tapi batre boros minta ampun.dari sekian posting di umahdroid saya lihat banyak kemiripan antara zenfone 5 dan zenfone 6 ( intel ),jadi apa benar mereka hanya beda ukuran layar saja? saya berencana pakai rom zenfone 5 karna banyak varian.
    tolong pendapatnya kang,sekalian rekomendasikan rom/custrom untuk saya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensor kamera yang dipakai juga beda mas. Zenfone 5 menggunakan sensornya panasonic, sedang zenfone 6 menggunakan milik sony. Kalo custom rom kita belum pernah mas. Soalnya biasanya banyak bug dan kompatibilitasnya kurang

      Hapus
  47. letak folder adb dimana ya mbak ?

    BalasHapus
  48. gan itu kan ubl untuk zenfone 5 lolipop kalo yg selain lolipop mana gan tutorialnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah kalo untnuk selain Lollipop. Coba pake yang official mas/mba

      Hapus
  49. min maksudnya tekan dan tahan tombol shift + klik kanan kemudian pilih open command window here? maksudnya gmna min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka folder di PC yang berisi bahan, lalu lakukan itu (di komputer), bukan di HHnya

      Hapus
  50. tanya gan, saya sudah coba cara ini dulu di lollipop dan work, ini saya mau downgrade kitkat, kira2 ubl yg ini work jg gak buat yang versi kitkat???
    device asus zenfone 5

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini untuk FW Lollipop saja mas

      Hapus
    2. waduh, ada ada treatnya gak, buat ubl sama instal recovery zenfone 5 kitkat please gan !!

      Hapus
    3. Belum pernah UBL Kitkat mas :D

      Hapus
  51. Gan mnt tutor cara install cwm zenfone 6 dong, sekalian mnt file recovery nya..?
    Sebelumnya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga pernah pasang CWM di zenfone 6 mas. Jadi engga bisa share, nanti takutnya pada ngikuti tutorial yang belum pernah dicoba malah jadi menyesatkan :D
      File recovery bisa diambil dari dalam firmwarenya mas

      Hapus
  52. Min, tutorial zenfone go tipe zb551kl di adakan dunk min.. Di xda belum tersediaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih requestnya. Nanti kita usahakan ya mba. Tapi maaf tidak bisa janji

      Hapus
  53. Gan..Mau.tanya kalau udah installtwrp,zenmotion,kalau direlockbootloader.apakahterhapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zenmotion kehapus kalo flashing / upgrade firmware

      Hapus
  54. gan mau tanya kok setelah ubl kameranya blank ya gan? ada solusinya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake cara ini mas
      http://www.umahdroid.com/2015/07/cara-memperbaiki-camera-not-found-asus-zenfone-5.html

      Selamat mencoba, semoga berhasil

      Hapus
  55. Kalo untuk kitkat gmn gan?
    Aku coba UBL / RBL tetep sama tuh gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga pernah UBL Kitkat mas. Pake Lollipop terus sampai sekarang

      Hapus
  56. kalo mau relock gimana cara cari file recovery.img di stockrom om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau relock flash dengan boot stock nya mas. Recovery lengkap bisa didapat dari firmware, atau bisa lihat pada post recovery kita di

      http://www.umahdroid.com/2015/08/download-lengkap-recovery-image-asus-zenfone5.html

      Terimakasih

      Hapus
    2. ww_3.24.40.87
      Di post om ga ada yg versi ini om

      Hapus
    3. Pake yang link mediafire coba mas

      Hapus
  57. Mas Tiwo, untuk open secured pada saat kita ngeflash gmn?
    Soalnya yang saya Zenfone 6 pada saat reboot loadernya ada keterangan device not found.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seperti diatas mas. Coba masukan

      fastboot devices

      Kedetek di PC mas engga?

      Hapus
  58. Gan klo 59.A itu gmana gan
    puya saya asus zenfone 5
    sudah diroot dah pasang xposed

    BalasHapus
  59. Gan kalo untuk kitkat versi final 2.22.40.540 support ngga

    BalasHapus
  60. ask
    kenapa ya ane setiap unlock boot loader kameranya not found ya?

    BalasHapus
  61. Maaf Mas saya mau nanya kalo itu file unlock boot loader nya untuk yg a500cg kalo di pakai untuk yg a500toof apa bisa ya Mas terima kasih sebelumnya sukses selalu

    BalasHapus
  62. mau nanya nih kok not allowed to update unsigned image on secure device padahal udah di root ama di ubl om

    BalasHapus
  63. sorry gan mau nanya, nih ane abis ubl kok touchscreennya ga bisa
    memang begitu atau gimana gan? terimakasih

    BalasHapus
  64. gan mau nanya ane pake asus zenfone Go ZB551KL..X013D...5,5" sudah pake apk ataupun adb kok nga bisa unlock bootloader nya...minta pencerahannya dong...makasih

    BalasHapus
  65. UBL untuk Asus zenfone 2 laser ZE550KL
    pls help...

    BalasHapus

DAPATKAN UPDATE ARTIKEL GRATIS