Cara Mudah Mengatasi Limit Akses Google Drive Saat Download

03:43
Tutorial download File di Google Drive yang Limit Akses - Google Drive adalah layanan penyimpanan online yang memungkinkan pengguna menyimpan dan berbagi dengan kapasitas gratis yang cukup besar ( 15GB ). Nah bagi kalian tukang download konten baik dokumen, video, atau audio yang dihost di Drive mungkin pernah mengalami kuota terlampaui google drive.

Padahal media penyimpanan online ini termasuk favorit tim Umahdroid karena cepat dan stabil. Ditambah lagi kemudahan mobilitasnya dengan adanya aplikasi resmi Drive untuk smartphone. Namun masalah ini merupakan salah satu kelemahannya. Perusahaan raksasa ini membatasi kuota atau jumlah download-nya.

Apabila terlalu banyak lalu lintas, kalian tidak akan bisa download. Oleh karena itu, kali ini kita akan coba share solusi membuka akses file tanpa harus menunggu terlebih dahulu.

Mengatasi Limit Akses Google Drive Saat Download

Untuk lebih jelasnya, berikut kita lanpirkan keterangan / peribgatan ketika akan mengunduh konten yang di sharing tersebut :

Sorry, you can't view or somebody this file at this time
Too many users have viewed or downloaded this file recently. Please try accessing the file again later. If the file you are trying to access is particularly large or is shared with many people, it may take up to 24 hours to be able to view or download the file. If you still can't access a file after 24 hours, contact your domain administrator.

Atau jika dalam bahasa Indonesia akan berbunyi :

Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang
Baru-baru ini terlalu banyak pengguna yang telah melihat atau mendownload file ini. Harap akses kembali file nanti. Jika file yang Anda coba akses terlalu besar atau digunakan oleh banyak orang, butuh waktu 24 jam agar sebelum file dapat dilihat atau didownload. Jika Anda masih tidak dapat melihat file setelah 24 jam, hubungi administrator domain.

Bypass Limit Download Google Drive

Sebenarnya untuk trik agar download di google drive tidak terkena limit sangatlah mudah. Kalian hanya perlu menyiapkan akun Google, beberapa klik dan copy paste saja. Nah untuk langkah lengkapnya silahkan ikuti step by step berikut :

Step 1 - Buka browser (Chrome / Firefox / Chromium dsb ) lalu login menggunakan akun Google kalian

Jangan Lewatkan :

Step 2 - Setelah masuk, buka file yang limit tadi

Step 3 - Setiap file yang dibagikan akan mempunyai ID masing-masing. Id tersebut akan tertera pada link / URL pada browser kalian. Contoh :

https://drive.google.com/uc?export=download&id=0C6UbHSBYAK2TNDl6NmpMNTE3NPU

Deretan angka dan huruf yang berwarna merah tersebut adalah ID file tersebut. Salin kode tersebut di text editor ( bisa notepad, sublime, gedit, atau semacamnya )

Step 4 - Sekarang copy link dibawah ini dan ubah KODE ID dengan kode yang kita siapkan dilangkah sebelumnya :

https://drive.google.com/file/d/KODE ID/view

Sehingga akan terlihat seperti ini :

https://drive.google.com/file/d/0C6UbHSBYAK2TNDl6NmpMNTE3NPU/view

Step 5 - Langkah selanjutnya buka link tersebut melalui Browser

Step 6 - Pilih Add to My Drive atau Tambahkan ke Drive Saya ( letaknya ada di pojok kanan atas ). Nanti kalian bisa melihat file tersebut di akun Google Drive kalian sendiri dan diakses via https://drive.google.com/drive/my-drive

Step 7 - Cari file yang sudah ditambahkan dilangkah sebelumnya

Step 8 - Setelah ketemu, sekarang klik kanan pada file tersebut lalu pilih Make a Copy

Step 9 - Sudah? Klik kanan lagi terus pilih Download

Jrenggggg.. Selesai! Gampang banget kan?

Tanya : Kenapa harus Make a copy dulu? Bukannya lebih cepat langsung download saja?
Jawab : Terkadang limit akan / masih saja muncul. Jadi trik sinplenya di Make a copy dulu sebelum mengunduhnya

Itu saja tips sederhana mengenai cara mendownload file yang limit akses di Google Drive cepat tanpa menunggu. Semoga bermanfaat untuk kalian. Sampai ketemu diposting selanjutnya!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.