Cara Menggunakan Multi Window di Asus Zenfone 3 Nougat

09:02
Tutorial multi window Zenfone - Hai kawan-kawan! Mungkin kalian sudah tahu tentang update Android Nougat untuk Zenfone 3 ZE520KL dan ZE552KL, dan mungkin juga sudah mengupgrade firmware ke sistem operasi versi terbaru berlogo robot hijau tersebut.

Di artikel sebelumnya, firmware Nougat Zenfone 3, kita sudah bagikan cara upgrade ke Nougat. Disana kita juga sempat singgung beberapa perubahan dari Marshmallow ke Nougat. Diantaranya sebagai berikut :
  • Improve touch performance
  • Remove Share Link
  • Remove redundant app shortcuts Audio Wizard, Splendid, System update and Flashlight from all apps menu
  • Remove PC Suite
  • Multi window
  • Quick Settings supports multiple pages
  • Split Ringtone & Notifications volume bar into Ringtone and Notification volume bars on Volume Panel and Sound & Vibration Settings

Salah satu fitur Zenfone 3 Nougat yang paling kita sukai adalah multi window. Ya, fitur ini sangat-sangat memudahkan hidup, menambah pengalaman dalam menggunakan gadget, serta jelas dapat meningkatkan produktivitas,

Multi window adalah fitur baru yang memungkinkan user untuk memecah layar / men- split / membagi / apapun terserah kalian menyebutnya menjadi 2 bagian.

Kedua bagian ini bisa saja vertical atau horizontal. Tergantung bagaimana user mengoperasikannya. Dengan kata lain, ketika auto rotate dihidupkan maka multi window akan mode yang sedang aktif. Bisa dimengerti ya?

Untuk lebih jelasnya, coba perhatikan beberapa screenshot berikut :

Cara Multiwindow di Asus Zenfone

Screenshot Multiwindow di Asus Zenfone 3

Multi window Horizontal Zenfone 3

Screenshot pertama kita coba membuka 2 aplikasi YouTube dan pesbuk lewat browser Chrome bersamaan. Lalu screenshot kedua membuka blog Umahdroid dan simple note sekaligus menulisnya. Dan semuanya berjalan lancar.

Screenshot ketiga tidak perlu dijelaskan ya. Pada dasarnya sama saja seperti yang pertama, hanya saja pada mode landscape.

Keren kan?

Nah jika untuk screenshot, onehand mode kita bisa langsung menggunakan tombol fisik. Misalkan untuk menangkap layar kita bisa menggunakan kombinasi tombol mainstream volume dan power, atau jika ingin lebih mudah kalian juga bisa memanfaatkan recent apps untuk menangkap layar.

Baca juga :

Demikian halnya dengan one hand mode yang bisa kita akses dengan double tap pada home button. Mudah sekali untuk langsung menggunakannya.

Nah lalu bagai mana dengan multi window? Tenang saja, kita akan bahas disini untuk kawan-kawan pembaca setia Umahdroid!

Zenfone 3 Multi Window Feature

Secara default, fitur ini memang tidak ditampilkan oleh Asus. Maka kita sebagai pengguna wajib memunculkannya manual. Caranya pun sangat mudah seperti yang tertulis dibawah berikut :

Langkah 1 - Ambil ponsel kalian

Langkah 2 - Buka notification panel Zenfone 3, swipe ke bawah dari homescreen ( jika belum dirubah )

Langkah 3 - Perubahan pada Nougat juga ada pada panel notifikasi. Kita perlu swipe kebawah 2x untuk melihat semua shortcut terlihat

Notifikasi Panel Zenfone 3 Nougat

Jika bingung, silahkan lihat screenshot diatas.

Langkah 4 - Tap pada tombol Edit untuk masuk ke mode edit shortcut. Letaknya ada di pojok kanan atas, tepat disebelah sombol Settings.

Langkah 5 - Setelah itu kalian akan menjumpai berbagai pilihan shortcut yang bisa dipilih untuk dimasukan ke notification panel.

Memunculkan Shortcut Multi Window di Zenfone 3

Bagian yang berwarna biru adalah bagian yang sudah ditampilkan di panel notifikasi, sedangkan yang berwarna abu-abu adalah bagian yang tidak ditampilkan.

Langkah - 6 Cari shortcut Multi Window, kemudian drag ke bagian biru.

Selesai, sekarang Zenfone 3 kalian sudah siap digunakan untuk membuka sekaligus mengoperasikan 2 aplikasi sekaligus tanpa perlu menutup aplikasi yang sedang berjalan.

UPDATE 1

Sekarang menggunakan multi window di Zenfone 3 lebih mudah lagi. Ada 2 cara yang bisa kalian gunakan. Berikut penjelasan keduanya :

1. Tap tap Recent

Trik yang kedua tidak jauh berbeda dengan trik pertama diatas. Kita masih menggunakan tombol recent, namun disini kalian tidak perlu melakukan setting terlebih dahulu. Jadi langkah-langkahnya seperti ini :
  • Tekan tombol recent aplikasi
  • Tap dan tahan aplikasi yang kalian inginkan
  • Drag ke layar bagian atas
  • Langsung multi window deh layarnya

2. Menggunakan Tombol Recent Apps

Tombol recent apps yang bisa kalian gunakan untuk screenshot juga bisa digunakan sebagai tombol multi window di Zenfone seri ini. Namun sebelumnya kalian harus menyetelnya terlebih dahulu lewat Asus Costumized Settings yang ada di meu pengaturan smartphone kalian.

Caranya seperti berikut :
  • Masuk ke Settings
  • Geser kebawah dan pilih Asus Costumized Settings
  • Tap pada menu Recent Apps Key
  • Lalu pilih Tap and hold to activate Multi-Window
  • Selesai

UPDATE 2

Nah mungkin setelah menggunakan fitur terbaru di Zenfone Nougat ini kalian akan bertanya-tanya, kenapa tidak semua aplikasi support multi-window?.

Untuk mengakalinya, kita akan berikan sedikit trik agar semua aplikasi support multi window di Zenfone Nougat. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut :
  • Pastikan kalian sudah menghidupkan Developer Options di Zenfone
  • Buka Settings
  • Masuk ke menu Developer Options
  • Cari "Force activities to be resizeable", letaknya ada di menu paling bawah lalu aktifkan / Enable mode tersebut
  • Restart ponsel kalian
  • Tara, sekarang semua aplikasi sudah bisa displit deh

Jika ada yang ditanyakan tentang cara menggunakan fitur multi window di Zenfone 3 Nougat, langsung saja utarakan lewat kolom komentar dibawah ya. Keep in touch dengna lek dan puluw akun Umahdroid juga ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

8 Komentar
avatar

Saya sudah update dan ikut petunjuk diatas, tapi kenapa jadi applikasi wa dan yg lainya error ya pak?

Balas
avatar

Mau tanya dong.. Di asus saya kok setelah buka menu setting tapi ga ada develover options ya? Adanya dimana? Terimakasih

Balas
avatar

Coba begini mbak :
- Masuk ke Settings
- Scroll ke bawah lalu pilih About
- Pilih Software information
- Terus tap pada Nomor bentukan berkali-kali sampai ada pesan you're now developer
- Tinggal kembali aja deh, udah muncul Developer Options nya

Balas
avatar

Mengapa aplikasi sy tdk bisa dibuka atau didukunga ya, setiap di klik aplikasinya selalu nutup sendiri. Pdhal sdh mengikuti tata cara di atas tetap tdk berhasil . Cara lainnya bagaimana ya kalo boleh tau ?

Balas
avatar

Berarti memang dari Aplikasi itu sendiri Mba

Balas
avatar

Saya mau tanya.. Kenapa line tidak bisa di buka ya di versi nouget? Apa ada solusinya?

Balas
avatar

Line Chat Mbak? Kurang paham kalo itu karena enggak pake. Hehe. Coba kirik tiket ke Developernya aja Mbak

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.