Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Layar 5.5 inci

12:08
Kekurangan Asus Zenfone 3 Max ZC553KL - Mugkin kalian sudah melihat iklan smartphone yang tergolong phablet ini lewat brand ambasador Asus : Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari. Nah kali kita akan coba listing dan bagikan pada pembaca Umahdroid perihal kelemahan dan masalah Zenfone 3 Max versi Snapdragon.

Asus memang terlihat cukup serius dengan lini Zenfone 3 Max. Ini terbukti dengan adanya peningkatakan spesifikasi yang cukup signifikan dibanding dengan versi sebelumnya.

Mulai dari ditunjuknya Snapdragon yang sebelumnya menggunakan MediaTek, peningkatan kamera, desain fisik, kembalinya tombol kapasitif yang tadinya menggunakan tombol virtual, digunakannya teknologi laser, dan lain-lain.

Penasaran apa saja kelemahan dari ponsel berlayar 5.5 inci ini? Mari kita bahas satu persatu!

Suara Speaker Mlempem

Hal pertama yang menjadi kekurangan dari phablet ini adalah output audio. Jika kalian termasuk orang yang suka memainkan musik lewat speaker ponsel, mungkin ini akan sedikit mengganggu. Sebenarnya tidak ada masalah pada hasil suara yang dihasilkan jika setelan volume yang digunakan tinggi.

Kelemahan Asus Zenfone 3 Max

Namun jika volumenya diturunkan hingga titik tertentu, suaranya akan seperti orang yang asmanya kumat. Hampir semua pengguna Zenfone 3 Max seri ini mengalaminya.

Entahlah ini bug dari software atau memang kualitas hardware speakernya yang jelek.

Apakah mengganggu? Jelas! Manusia normal akan cenderung memutar musik dengan volume rendah di suasana sunyi.

Perlindungan Layar Kurang Greget

Sebagaimana kita ketahui Zenfone 3 Max ZC553KL menggunakan layar 5.5 jenis IPS dengan kerapatan pixel mencapai mencapai 401 ppi. Namun sangat disayangkan, Asus tidak melapisi layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass sebagaimana ponsel-ponsel lain.

Sangat disayangkan jika layarnya yang besar hanya dilapisi Oleophobic Coating. Walaupun bisa mengurangi jejak sidik jari yang mungkin tertinggal di layar, namun proteksinya tentu saja jadi kurang greget.

Jadi, apabila kalian sudah mantap meminang smartphone ini, pastikan segera melapisinya dengan tempered glass untuk jaga-jaga dari pada menyesal nantinya. Umumnya penggantian layar smartphone memerlukan biaya yang relatif mahal.

Border Hitam

Kekurangan lain pada layar tidak hanya tanpa Gorilla Glass. Memang sih bezel dari Zenfone 3 Max ZC553KL terlihat tipis. Ini yang menjadikan bagian depan HP ini mempunyai nilai estetika yang bagus. Screen to body ratio nya mencapai 72.3%.

Namun sangat disayangkan, ada kekurangan yang yah seharusnya tidak perlu terjadi.

Garis Hitam di Layar Zenfone 3 Max

Border / bingkai hitam di sekujur layar nya mengurangi nilai plus yang ada di atas kertas. Memang secara performa tidak mengganggu, namun kembali, hal ini mengurangi desain cantik yang disandangnya. Apalagi pada warna silver, border hitam pada layar Zenfone 3 Max ZC553KL akan sangat terlihat jelas.

Salah satu trik yang mungkin berguna adalah dengan membeli Zenfone ZC553KL warna Gray untuk menyiasati garis hitam yang membentang dipinggir layar. Bagian depan varian warna ini berwarna gelap jadi akan lebih tersamar.

Bagian Sisi Mudah Retak

Smartphone ini mengusung desain unibodi dengan material metal pada bagian belakang. Namun kita tidak akan bahas soal bagian belakangnya. Kelemahan lain ada pada bagian sisi-sisi Zenfone 3 Max versi Snapdragon ini.

Fisiknya ternyata yang kurang prima.

Body Zenfone 3 Max Mudah Retak

Ini terbukti dengan banyaknya keluhan pengguna tentang retaknya lubang sekrup yang ada dibagian bawah, tepatnya diantara lubang charger beberapa hari setelah pembelian ( lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya - photo by Kent Ung ), padahal ponselnya tidak pernah terjatuh.

Asumsi sementara ini karena tertekan saat ditaruh di celana. Seharusnya kejadian semacam ini tidak perlu terjadi apabila material atau kualitas perakitannya sudah baik.

Sensor Cahaya Labil

Sensor cahaya berguna untuk mengatur pencahayaan otomatis. Jadi ketika kita di area dengan kondisi terang, maka layar akan otomatis meningkatkan kecerahan layarnya. Begitupun sebaliknya, apabila kondisi minim cahaya.

Namun ternyata kemampuan ini tidak bekerja dengan semestinya. Ketika opsi kecerahan otomatis dihidupkan, Zenfone 3 Max ZC553KL bisa berubah sendiri. Kadang bisa cerah sendiri, kadang bisa redup sendiri. Sebagai tambahan saja, kekurangan ini juga terjadi pada Zenfone 3 Laser.

Bagaimana solusinya? Atur manual. Caranya :
  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Display
  • Pilih Brightness Level
  • Disable dengan menghilangkan checklist pada Automatic Brightness

Atau jika ingin cara yang lebih simpel lagi dari home screen, kalian bisa swipe ke bawah notifikasi panel, lalu disable tombol Auto yang ada di sebelah kiri layar. Selesai!

Belum Support Fast Charging

Selipan nama Max pada Zenfone 3 ini menandakan baterai besar yang diusungnya. Dengan kapasitas baterai 4100mAh pada Zenfone 3 Max ZC553KL ditujukan untuk menyasar pengguna yang mendambakan ponsel Android baterai awet.

Baca juga artikel :

Apakah Zenfone 3 Max versi Snapdragon support fast charging? Sayangya tidak! Padahal Snapdragon 430 sudah mendukung Quick Charge 3.0 yang konon bisa mengisi baterai lebih cepat hingga 3x lipat.

Kalian bisa simpulkan sendiri kan? Ya, dengan kata lain untuk mengisi baterai hingga 100%, pengguna akan membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya sekitar 3 jam.

Tidak Ada Backlight

Nampaknya Asus masih mempertahankan kekurangan ini. Dari Zenfone generasi pertama ( zenfone 4 / 5 / 6 ) masih berlanjut hingga generasi ketiga. Backlight yang bisa sangat membantu ketika smartphone digunakan di kondisi yang gelap nyatanya belum ada.

Bagi pengguna smartphone Asus yang sudah cukup lama mungkin tidak akan kesulitan untuk menekannya karena sudah biasa dengan keadaan ini. Namun tentunya mungkin akan berbeda cerita pada pengguna Zenfone baru yang perlu menyesuaikan.

Bahkan untuk Zenfone 3 tipe ZE520 dan ZE552KL pun yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi belum memiliki backlight pada tombol kapasitifnya. Cukup disayangkan memang, kebiasaan ini masih berlanjut sampai sekarang.

Tidak Ada Earphone

Lagi-lagi ini kebiasaan lama Asus. Tidak jauh berbeda dengan kekurangan sebelumnya. Untuk pasar Indonesia, Asus masih enggan memberikan eaephone bawaan di paket penjualan. Jadi mau tidak mau kalian perlu menggunakan earphone sendiri.

Earphone Asus ZenEar Original

Sebenarnya perusahaan asal Taiwan ini telah mengeluarkan ZenEar, sebuah earphone keren buatan Asus. Namun sekali lagi, kalian mesti membelinya sendiri. Harganya sekitar RP. 130 ribuan. Kalian bisa membaca review Asus ZenEar, earphone stylish performa keren.

Tapi kalian perlu waspada karena banyak earphone Asus palsu yang beredar di luar sana. Jadi telitilah dalam membeli barang, alih-alih harganya lebih murah, eh ternyata KW.

Bloatware Melimpah

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang sudah terinstall secara default ( bawaan pabrik ) pada sebuah perangkat atau device termasuk smartphone Android dimana aplikasi ini cenderung kurang / tidak berguna bagi penggunanya.

Biasanya bloatware diikutkan oleh produsen sebagai kontrak dengan pihak-pihak yang mempunyai kepentingan dengan vendor tersebut.

Memang sih Bloatware di Android bisa kita hapus atau uninstall. Namun tidak semuanya, beberapa aplikasi tersebut dikategorikan sebagai aplikasi sistem. Akibatnya kita sebagai pengguna tidak bisa menghapusnya begitu saja. Yah paling mentok di disable app saja.

Saran kita sih buat yang mau beli ini HP ditunda dulu. banyak sekali kekurangan dan keluhan dari para pengguna seri ini dan menunggu Asus Zenfone 4 Max Terbaru karena spesifikasinya lebih tinggi dengan harga yang tidak jauh beda.

Kekurangan Lain?

Sementara, ini saja kekurangan Zenfone 3 Max ZC553KL yang bisa kita share. Apabila kalian mempunyai kekurangan lain, jangan ragu untuk berbagi lewat komentar dibawah untuk pengetahuan kita semua. Akhir kata, semoga bermanfaat dan berkah. Aaamin!

Artikel Rekomendasi

57 Komentar
avatar

Sering rewel charger nya gak bisa full

Balas
avatar

Iyakah? Terimakasih mas Long informasinya. Semoga bermanfaat dan berkah

Balas
avatar

hape ane body bawah retak di tempat dkt charger, ane kira karena jatuh padahal seinget saya g pernah jatuh tanpa case yg melindungi... trnyata bug dari hapenya...

jadi kecewa :(

Balas
avatar

Mau nanya kenapa zenfon 3 Max saya pas bluetooh nya di aktifka hp nya ngeheng mati sendiri.... Mksh

Balas
avatar

di hp saya tidak tersedia aplikasi splendid, jadi tidak bisa mengoptimalkan ketajaman warna layarnya, saya tidak tahu apa cuman di hp saya saja atau semua asus zenfon 3 max zc553kl emang seperti itu.. Mohon penjelasannya gan bagi yang tau

Balas
avatar

pada saat saya mau aktifin sensor jarinya kenapa ga bisa ya..! katanya "perangkat keras sensor tidak ada"
mohon bantuanya.trims

Balas
avatar

Betul sekali mas. Sayang sekali material fisiknya tidak max seperti namanya

Balas
avatar

Sudah coba factory reset mba? Kalo engga bener lebih baik klaim garansi saja, barang kali hardwarenya yang bermasalah

Balas
avatar

Waduh ada lagi masalah. Bawa ke ASC aja mas / mba biar di cek. Kalo ada kerusakan bisa klaim garansi

Balas
avatar

Memang tidak support mas / tidak ada dari bawaan pabrik. Zenfone ZC520TL juga senasib. Agak heran juga, aplikasi ini kan penting banget buat ngatur komposisi layar.

Dicoba install Splendid apk manual juga hasilnya tidak bisa dibuka mas

Balas
avatar

Tempat saya, sim tray dan power button on/off aja yang agak kendor..
overall good performance kok.. :) setelah update software, sound udah gak mlempem, sensor cahaya udah aman, kalo fast charging ditinggal tidur juga udah beres, hehe.. backlight?? gak terlalu penting juga.. :p
cuman sayang di corglassnya aja sih yang bikin sedikit cemas.. semoga gak ada scratch dan gak terjadi retak diplastik atas & bawahnya.. aamiin ^.^

Balas
avatar

mas templar glass yg cocok gimana ? soalnya layar agak cekung tuh. minta saran mas

Balas
avatar

LCD tiba2 error mulai dr bawah merembet keatas,pdhl tdk prnh jatuh. Sy tny2 katanya LCD kena dan ongkos ganti 930rb blm trmasuk ongkos.

Balas
avatar

Zenfone 3 basic juga goyang tombol volumenya. Oke deh, makasih mbas sharing ceritanya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lain

Balas
avatar

Agak susah memang nyari tempered yang fit sama layar 2D smartphone kekinian. Kalo nekad pasang tempered biasa, alhasil pinggirnya putih karena engga nempel semua. Yang full ada sih, tapi efeknya ada yang dipasang jadi layarnya pelangi.

Balas
avatar

Lemahdilcdtouchsreensmpengetikajagabisaspasi

Balas
avatar

Mau tanya. Saya pernah menemuka blog mengatakan kalau seri z520tl tidak ada aplikasi untuk mp3 jadi untuk musik via google play music. Apakah yang seri ini juga?
Terima kasih

Balas
avatar

Saya sebelumnya ngebet banget pingin beli HP Zenfone 3 Max ZC553KL ini, tapi pas banding spesifikasi terutama perihal fotografi kok gak ada mode Deep Of Field (kedalamn bidang) ya? apa benar memang gak ada mode itu? padahal saya suka banget dengan mode fotografi tersebut. Please response!

Balas
avatar

Google Play Music juga aplikasi untuk mp3. Di Nougat Asus Music sudah tidak di support lagi

Balas
avatar

Memang tidak ada. Tapi ada mode manual buat yang suka ngatur manual pengaturan cameranya. Kalo mau Asus buat fotogarafi lebih baik nabung sedikit lagi buat ambil ZE520KL.

Biar baterainya kecil sering dinyiyirin sama fanboy merk sebelah tapi diluar dugaan bisa seawet ini dikelas ukuran segitu

Balas
avatar

Min mau nanya,, kok asus ZenFone 3 max gk ada app pemutar video?

Balas
avatar

Apakah zd3 max ini cukup layak dibeli? Atau ada alternatif lain ya ?mks

Balas
avatar

Klo ngerekam suara suka gk kedenger begitupun juga dengan video tidak terdengar suaranya. Sarannya

Balas
avatar

Zenfone ku baru dipake 2bulan, pake lagi denger lagu baru 2lagu, batere masi sekitar 75%,tiba2 restart sendiri. Setelah keluar tulisan ASUS , langsung padam total. Gak bisa hidup lagi. Nyesal wa beli HP ASUS. Skrg da dibawa ke asus service center. Tinggal nunggu kabar saja. Kalo hasil tak beres, saya harap ASUS tutup aja tuh pabrik nya.

Balas
avatar

Pemutar video di Asus sudah built in. Misalkan buka ada video di ponsel mbas tap saja nanti akan ada pilihan buka dengan video player atau semacamnya

Balas
avatar

Menurut kita sih layak mas. Tapi soal daya baterai lebih sangar yang seri Max pertama

Balas
avatar

Masih garansi kah Mba Siti? Bawa ke ASC saja buat klaim garansi mba

Balas
avatar

Turut berduka. Kayaknya lagi apes Mas Herman. Bisa jadi karena cacat dari pabrik, karena setiap produk apapun itu pasti ada kesalahan seperti ini. Semoga cepet beres urusannya ya Mas Herman

Balas
avatar

Banyak jg ya cacat produknya..
Saya awal nya semangat banget mau beli ini hp tp setelah baca artikel mas jd galau hehe
Kalo boleh minta saran hp merk dan tipe apa ya yg harganya deket kaya zf 3 max ini yg hampir sama speknya mas ?

Balas
avatar

Min..knpa yah btray hp zenfon 3 max sya cept terkuras pda saat standbay slma 8jam btray dri 100% mla tingal 80% pdahal baru sya pakai slma 2bulan

Balas
avatar

Mbak saya baru pakai zenfone ini sehari. Pas paginya baik baik aja. Tapi pas malamnya udah 2 kali restrat sendiri. Itu kenapa ya mbak? Gimana cara mengatasinya? Terima kasih

Balas
avatar

Saya mau beli hp asus ini, tapi kok kayak nya banyak yg complain gitu ya. Jadi ragu buat beli. Sebenarnya apa sih kekurangan hp ini?

Balas
avatar

Yah memang begitu. Sebagai catatan kekurangan diatas seperti masalah sound dan sensor cahaya sudah fix setelah ada pembaruan software.
Untuk yang paling mendekati ada Xiaomi Redmi Note 4. Coba deh Mas Kuro googling HH nya

Balas
avatar

Wajar kok. Biasanya dari 100% ke 70-80% cepet berkurang. Nanti dari 70/80% kebawah baru rada awetan

Balas
avatar

Knapa panel bawah seperti home back itu tidak bisa digunakan sama sekali???

Balas
avatar

saya pakai ASUS zenfone 3 max ZC553KL, tombol bagian bawah layar tiba2 ngehang sama sekali tidak bias, tetapi lacar beroperasi dgn baik. padahal baru di pakai sekitar 2 bulan. solusi nya apa Min

Balas
avatar

Mau tanya , klo setiap saya merekam video di dalam studio music , knp hasil rekamannya suara sember/gresek" gitu ya ?

Apa ada setting an buat suara jernih saat merekam dan hasilnya bagus?

Balas
avatar

Layar benerbener ringkih.. apa pake tmpredglass bakal aman?

Balas
avatar

Sampai sekarang masih restart sendiri engga? HP nya panas engga?

Balas
avatar

Kan sudah ditulis diposting kekurangannya. Hehe

Balas
avatar

Bawa ke ASC saja minta klaim garansi kak

Balas
avatar

Lebih baik bawa ke ASC saja minta klaim garansi saja kak

Balas
avatar

Iya kah kak? Sudah tidak lagi pakai HP ini. Diatas malah ada yang ngalamin engga ada suaranya. Coba chat pake aplikasi Asus Service kak

Balas
avatar

Tidak ada jaminan 100% aman. Soal aman engganya kembali ke penggunanya kak, jangan lupakan faktor apes :D Tapi kalo pertanyaannya apa bisa melindungi, jawabannya "Iya pasti". Misalkan :
- Kalo jatuh engga langsung kena layarnya
- Dari pada layar utama kegores, mending tempered glassnya yang kegores / lecet-lecet

Semoga membantu :)

Balas
avatar

Mau tanya, beli tempered glass yg pas buat zenfone 3 max zc553kl dimana ya? Huhu susah amat cari yang pas soalnya

Balas
avatar

Maaf min,kemarin tgl 24 Juni 2017 saya hbs upgrade via OTA. Setelah selesai install dan skrg jd andoid 7.1.1 Nougat. Yg jd masalah,aplikasi kamera kok jadi error ya dan gak bisa buat memotret? Emang Asus Zenfone 3 Max ZC553KL mengalami masalah seperti itu? Mohon pencerahannya. Terima kasih banyak

Balas
avatar

Hehe, benar sekali Mba Fitria. Kekurangan smartphone dengan layar 2D (melengkung disisinya) memang kadang susah untuk mencari tempered glass yang pas.

Jikalau ada, biasanya layar tidak tercover sempurna. Ada yang bersisa di bagian sisi kanan-kiri layar (biasanya akan jadi warna putih), ada yang memang dibuat tidak full layar untuk menghindari sisa tersebut.

Sebenarnya ada tempered glass yang pas alias tercover semua. Namun kadang malah menjadi masalah baru. Contoh timbulnya warna pelangi karena pemakaian tempered glass jenis ini. Ada juga yang mengurangi responsivitas layar.

Balas
avatar

Ini aplikasi kamera bawaan ya Mas? Coba tes menggunakan aplikasi kamera yang lain. Kalo lancar mungkin masalah kompatibilitas firmware dengan aplikasi kamera bawaannya.

Balas
avatar

Saya jadi ragu buat up dari zen 2 max yg baterai 5000 mah.,padahal udh jatuh hati sm desainnya bro.

Balas
avatar

Asus zc553kl saya baru 10 hari tapi tiba2 ngehang dan touchscreen tidak berfungsi termasuk tombol home, back.. Ttpi tombol vol dan power lancar...

Balas
avatar

Dimana ya tempat aplikasi pemutar musik di asus zenfone 3 max zc553kl

Balas
avatar

Misi mau tanya min, dulu wkt awal beli ini hp buat main game hanya berkurang 3-4% skrg kenapa berkurang bisa sampai 10% ya? Terima kasih

Balas
avatar

Coba reboot dari recovery mode. Kalo masih bermasalah lebih baik bawa ke ASC aja, biar klaim garansi. Garansi resmi kan Mba Dew?

Balas
avatar

Asus Music sudah tidak disupport di Android terbaru. Alternative lain pake Google Play Music. Kalo mau lebih oke bisa beli Poweramp di Play Store.

Untuk tutorial membeli aplikasi ada di postingan ini : http://www.umahdroid.com/2016/09/cara-membeli-aplikasi-play-store-dengan-pulsa-alloperator.html

Tapi kalo masih mau pake Asus Music, nanti kita coba postingkan yang versi terbaru

Balas
avatar

Sudah berapa lama Mas Fadhil?
Kalo pemakaian untuk game intens biasanya akan lebih sering isi ulang apalagi sambil dicharge. Kebiasaan ini yang buat kemampuan baterai cepat menurun.

Terus ada juga faktor sinyal juga sangat berpengaruh. Kalo sinyalnya bagus maka baterai juga akan lebih awet.

Balas
avatar

Mending tunggu sampe Zenfone 4 Max masuk Indonesia Mas Rom. Baterainya 5.000 mAh, desainnya lebih bagus (menurut saya), harganya juga boleh banget.

Spesifikasinya bisa dicek pada posting terbaru kita lewat link http://www.umahdroid.com/2017/07/asus-zenfone-4-max-baterai-5000mah-3jutaan.html

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.