KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

7 Tips Merawat Earphone yang Benar Supaya Awet Tahunan

Cara menjaga earphone HP agar awet - Bagi pecinta musik digital, sebuah earphone adalah hal yang sangat penting. Tanpa earphone yang baik, maka akan sound yang dihasilkan juga kurang maksimal saat menggoyang telinga. Oh ya untuk informasi saja, kalian bisa baca perbedaan headset dan earphone.

Ada banyak alasan kenapa pengguna perangkat digital lebih suka menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, streaming video dsb dibanding speaker bawaan. Salah satunya yakni mengingat hasil suara speaker bawaan smartphone kurang bisa di andalkan.

Oleh sebab itu, pada posting kali ini Umahdroid akan bahas tips bagaimana sih tutorial merawat earphone yang baik dan benar agar tidak cepat rusak.

Cara Earphone HP Awet Tidak Cepat Rusak

Memang, perawatan earphone itu susah-susah gampang. Kita perlu sedikit trik-trik khusus bagi pengguna agar nantinya perangkat suara ini tahan lama.

Apa saja kira-kira tipsnya? Mari kita mulai!

1. Rajin Bersihkan Earphone

Kiat yang pertama yakni pastikan earphone selalu dalam kondisi bersih. Apalagi earphone warna putih, kalo kena keringat, daki bisa menghitam. Pertama silahkan siapkan rubbing alcohol, kapas atau kain microfiber, tusuk gigi, dan cotton buds.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkannya :
  • Ambil kapas bersih atau kain microfiber
  • Basahi kapas dengan rubbing alcohol secukupnya
  • Usap dan lap kabel dan earphone perlahan dan menyeluruh
  • Lakukan berulang kali sampai benar-benah bersih
  • Lembutlah saat mengelap kabel untuk menghindari kerusakan

Apabila masih ada kotoran membandel pada rongga dan sudut-sudutnya, kita bisa gunakan tusuk gigi / sikat gigi / cotton buds. Gosok atau sikatlah bagian dalam earphone yang ternoda itu.

Baca juga :

Catatan sedikit saja, jangan gunakan jarum dan sejenisnya untuk membersihkan sudut berbahan plastik. Ujugnya yang tajam malah bisa menimbulkan goresan.

2. Simpan Earphone di Alamnya

Bukan makanan atau obat saja yang perlu disimpan di tempat yang benar. Kerusakan earphone kebanyakan terjadi akibat penggunaan yang jor-joran. Menyimpan perangkat ini di dalam saku, tas, dan sejenisnya tidak disarankan. Karena ada kemungkinan tertarik, tertindih, tertumpuk, tertekan, dll.

Ini karena pada umumnya earphone tidak mempunyai kabel yang kuat.

Tempat Menyimpan Earphone

Pastikan simpan di tempat yang aman dan higenis. Kebanyakan merk earphone yang bagus sekarang sudah menawarkan casing secara cuma-cuma. Setelah selesai digunakan, simpan earphone di dalam casing pelindung tersebut untuk putusnya kabel.

3. Jangan Gulung Kabel Sembarangan

Persis seperti yang kita katakan pada poin sebelumnya, kebanyakan earphone memang memiliki kabel yang rawan rusak. Jadi wajar saja jika earphone akan lebih cepat rusak karena pemakaian yang asal-asalan.

Baca juga :

Iya asal make, asal bunyi, asal manggut-manggut, asal seneng. Jadi pengguna wajib memberi perhatian lebih pada bagian kabel.

Cara Menggulung Kabel Earphone Yang Benar
Via Tested

Jika kalian tidak punya wadah earphone, usahakan kalian selalu menggulung kabel dengan baik dan benar setelah pemakaian. Nah cara melipat earphone bisa dengan metode gulung simpul. Ini juga untuk menghindari kabel yang earphone terbelit.

4. Sebelum Colok, Bersihkan Kuping Dulu

Apa hubungannya? Begini, jangan gunakan earphone ketika telinga kita dalam kondisi basah. Mungkin saja sehabis wudhu, mandi besar, atau hanya sekedar cuci muka, sebaiknya lap dulu telinga kita dengan handuk atau tisu.

Sisa-sisa air yang ada pada telinga kita bisa masuk ke celah yang ada pada earphone. Dan apa akibat yang mungkin ditimbulkan?. Ya, mungkin saja bisa terjadi konsleting.

5. Kendalikan Hormon Asal Berisik

Nah ini yang tips merawat earphone yang kelima. Selain dapat merusak indera pendengaran kita, menggunakan earphone dengan volume terlalu keras juga dapat mempengaruhu performa earphone itu sendiri.

Baca juga :

Kerasnya volume dapat merusak speaker serta komponen internal earphone. Sadar atau tidak sadar, bebiasaan ini bisa membuat kualitas audio earphone terus menurun. Contohnya suara yang dihasilkan jadi tidak jernih lagi.

6. Jangan Sembarangan Meminjamkan

Meminjamkan barang kepada orang lain yang membutuhkan tentunya sangat baik dan terpuji. Namun pastikan agar si peminjam juga termasuk ke dalam golongan orang yang mau merawat barang yang dipinjamnnya.

Karena ada tipe orang yang suka pinjam barang orang tapi kurang merawat. Pas waktu sudah rusak, kabur. Ada? banyak kok. Bukan berarti pelit, namun sebagai antisipasi saja untuk menjaga barang milik kita. Salah-salah oper kanan-kiri bisa rusak malah. Apalagi jika harga earphonenya mahal.

7. Praktekan Tips Diatas

Tips yang ketujuh sudah tidak ada. Selanjutnya silahkan kalian praktekan tutorial menjaga earphone agar tidak cepat rusak untuk jangka waktu yang lama. Share artikel ini jika bermanfaat ke teman-teman kalian di sosmed. Sampai jumpa di posting selanjutnya!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan