KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengenal Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree

Bedanya Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree - "Oy pinjem headset dong", padahal itu earphone. Sadar atau tidak, fenomena ini masih terjadi sampai sekarang. Banyak sekali orang (termasuk admin) masih sering keliru saat menyebut headphone, earphone, headset, dan handsfree.

Meski sama-sama dipakai di telinga, tapi keempat buah perangkat audio yang menyandang sebagai salah satu aksesoris HP wajib dimiliki tersebut memiliki perbedaan bentuk fisik (desain), fitur, dan fungsi dasar.

Baca juga :

Oleh karena itu, kali ini kita akan gunakan untuk sharing mengenai apa sih perbedaan earphone, headphone, headset, dan handsfree.

Handsfree Bluetooth

Semoga setelah ini kita tidak salah sebut lagi. Baik, tanpa banyak babibu lagi, mari langsung saja kita mulai dari poin yang pertama gan.

Headphone

Pertama, headphone adalah 2 buah speaker sederhana dengan bando. Saat digunakan, headphone diposisikan melewati bagian atas kepala pemakai.

Gambar Headphone Aukey

Headphone didesain hanya untuk mendengarkan audio saja, jadi ini cocok untuk mendengarkan musik dan menonton video.

Headset

Headset pada dasarnya sama seperti headphone namun dilengkapi dengan mikrofon. Ini membuat headset tidak hanya digunakan untuk mendengarkan audio saja, tapi juga komunikasi.

Gambar Headset Aukey

Dengan demikian, headset ideal untuk komunikasi voice over IP dengan layanan seperti Skype, interaksi dengan sistem telepon, bermain game online dengan komunikasi suara, dst.

Baca juga :

Perangkat ini biasanya memiliki 2 kabel, yaitu kabel input untuk mikrofon dan kabel output untuk speaker.

Earphone

Jika dilihat dari fungsinya, earphone sebenarnya hampir sama dengan headphone. Yang membedakan keduanya adalah ukuran earphone lebih kecil dan penggunaannya disumbatkan ke lubang telinga.

Gambar Earphone Aukey

Karena desainnya yang kecil, maka earphone sangat mudah dibawa kemana-mana sehingga cocok dipakai untuk perangkat mobile seperti smartphone.

Earphone dibagi menjadi 2 yaitu In-Ear Monitor (IEM) dan Earbud.

1. In-Ear Monitor (IEM)

Jenis pertama ini biasanya menggunakan material karet sehingga bisa masuk sampai ke dalam lubang telinga untuk mengurangi gangguan suara dari luar.

2. Earbud

Earphone umumnya menggunakan bahan plastik berbentuk bundar sehingga jenis ini tidak sampai masuk seperti in-ear monitor.

Handsfree

Sederhananya, handsfree adalah earphone yang memiliki kontrol tambahan sehingga pengguna tidak perlu menyentuh ponsel secara langsung.


Kontrol tersebut bisa berfungsi untuk :
  • Menjawab dan menutup panggilan telepon
  • Menaikkan dan menurunkan volume
  • Memutar (play/pause) musik

Handsfree inilah yang biasanya disertakan dalam paket penjualan ponsel.

Seiring berkembangnya teknologi, baik headset, headphone, earphone, atau handsfree sudah banyak yang menerapkan teknologi wireless (biasanya menggunakan Bluetooth).

Seharusnya sekarang sudah bisa membedakan dan tahu milik kalian itu headphone, headset, earphone, atau handsfree. Semoga artikel ini bisa membantu untuk memutuskan saat membeli perangkat audio sesuai kebutuhan. Terimakasih!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan