Cara Membuat File APK Dari Aplikasi Yang Sudah Di Install

13:07
Tutorial export aplikasi yang sudah terinstall android ke APK - Walaupun agak telat, namun sebelumnya saya ucapkan selamat tahun baru sobat Umahdroid! Semoga harapan-harapan kita tercapai ditahun baru 2016 ini. Aamin..

Kali ini saya akan kembali share tentang tutorial lagi. Mengingat pentingya file APK sebagai backup, koleksi atau agar bisa install offline tanpa koneksi internet jadi di post ini kita akan membahas bagaimana sih trik paling mudah mengembalikan APK dari suatu aplikasi yang sudah terpasang di smartphone android kita.

Masih bingung? Baik, saya jabarkan lebih detail lagi.

Saya yakin sobat disini ada yang sangat memperhatikan sumber aplikasi di HP android kesayangannya. Maksudnya, selalu menggunakan Google Play Store untuk memasang bermacam-macam aplikasi mulai dari multimedia, camera, social media, game dll dan agak sedikit alergi dengan file-file APK yang bertebaran di internet.

Memang sih agak rawan jika kita download file APK di internet. Menginat sumbernya tidak jelas dan tidak ada jaminan APK itu bersih atau mengandung malware / trojan.

Tapi tenang saja! file APK dari android apps yang sudah Umahdroid share kebanyakan download langsung dari Play Store. Tutorialnya juga pernah saya publish. Jika tertarik, silahkan baca di Cara Download File APK Dari Google Play Store di Ubuntu Linux.

Namun yang jadi masalah disini adalah sistem operasi yang sobat pakai bukan? Jika di post tersebut saya gunakan Linux.

Lalu bagaimana jika sobat tidak menggunakan Linux seperti saya? Bagaimana jika sobat menggunakan dengan OS lain; Windows, MAC misalnya?

Guna menutupi kekurangan itu, makanya saya coba menulis post ini. Dan yang terpenting disini kita bisa lakukan langsung dari smartphone android kita, tidak perlu menggunakan PC.

Lumayan kan bisa menghemat kuota jikalau nanti HH sehabis diflash atau factory reset, kita tidak perlu buka Google Play Store ataupun koneksi internet (offline).

Langsung saja install APK yang dibutuhkan dan semua beres. Lalu bagaiamana caranya? OK, langsung kita bahas!

Apa Yang Dibutuhkan?

Untuk melakukan semua ini kita membutuhkan satu aplikasi kecil bernama SD Maid. Mungkin sobat disini sudah kenal aplikasi satu ini.

Ya, dulu juga pernah saya share sebelumnya. SD Maid ini adalah aplikasi yang sangat multifungsi. Menurut saya aplikasi ini adalah aplikasi yang harus / wajib di install karena fungsinya yang sangat membantu sekali.

Baca juga artikel menarik lainnya :

SD Maid merupakan aplikasi yang bisa saya katakan aplikasi sejuta fitur. Dalam artian aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap. Sobat bisa mengecek dan membersihkan sisa data, dan cache dari Android.

Besarnya cache yang tersimpan untuk menjalankan sebuah aplikasi juga dapat memicu terjadinya penurunan performa. Pada dasarnya aplikasi yang sobat jalankan hampir seluruhnya akan menghasilkan cache sebagai data sementara yang digunakan untuk mempercepat load aplikasi itu sendiri.

Oleh karena itu, dengan SD Maid saya bisa dengan lebih mudah memanajemen ponsel android saya. Terutama aplikasi-aplikasinya.

Bukan tanpa alasan, saya katakan demikian karena lewat aplikasi SD Maid ini saya bisa mematikan autostart suatu aplikasi, freeze aplikasi yang kurang / jarang dipakai, dan juga fitur yang sedang kita bahas ini.

Apa Saja Fitur SD Maid?

Ada banyak fungsi keren yang bisa kita nikmati dengan menginstallnya di HP android kita. Beberapa kelebihan tersebut seperti diabawah ini :

1. Overview

Melihat spesifikasi, merk dan mengecek root android

Yang pertama ini digunakan untuk melihat info device kita. Disini kita bisa melihat versi dari SD Maid, tipe device yang kita gunakan mencakup merk HH dll, status root, storage baik internal maupun secondary storage seperti micro sd.

2. System Cleaner

Pada bagian yang kedua ini berisi untuk membuang cache, temporary files, Gallery thumbnails, dan folder kosong. Nah biasanya thumbnail galeri ini bisa sangat besar.

Jika sobat mempunyai HH yang kapasitasnya berkurang jauh padahal hanya sedikit aplikasi yang terpasang, coba check pada gallery thumbnailnya.

3. App Cleaner

Aplikasi untuk membersihkan sampah aplikasi terbaik android

Sama juga dengan kedua fitur diatas. Yang menjadi perbedaannya hanya di poin ini dikelompokan berdasar aplikasi yang terinstall di device android kita.

4. Duplicate File

Cara mengecek file ganda di android

Dari nama saja kita sudah bisa mengetahui fungsinya bukan? Ya, fitur ini digunakan untuk mencari file-file yang sama. Maksudnya jika ada file kiranya match maka SD Maid akan memunculkan file-file tersebut. Dibagian atas pada kotak pencarian kita bisa dengan mudah melakukan filtering file yang mungkin akan sobat cari.

5. Biggest

Cara mengetahui file besar yang tersimpan di memory android

Ini menjadi salah satu yang saya senangi. Dengan menu Biggest, kita bisa dengan mudah sekali mencari folder mana yang mempunyai ukuran terbesar.

Nah, jika sobat ingin mengetahui apa saja file besar yang ada di HH sobat maka gunakan saja ini. Selain fitur-fitur diatas, masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kita nikmati dengan SD Maid. Contohnya AppControl, Explorer, Search, Scheduler serta pengaturan yang bisa dikostumisasi sesuai selera.

Cara Ekspor Aplikasi Menjadi File APK

Setelah kita mengetahui berbagai fungsi diatas, sekarang saatnya saya share cara mengexport aplikasi yang telah dipasang di android menjadi file APK. Diatas saya sudah tuliskan AppControl.

Yap, kita akan bermain di fitur ini. OK! Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Step 1 - Yang pertama pasti harus punya SD Maid untuk melakukan ini. Sobat bisa download aplikasi ini pada Google Play Store langsung.

Apabila punya rejeki lebih, alangkah baiknya membeli tambahan aplikasi agar menjadi SD Maid Pro, karena fiturnya akan lebih banyak lagi ketimbang versi gratisan. Apalagi sekarang sudah lebih mudah, kita bisa membeli aplikasi premium di Play Store dengan pulsa HP all operator.

Jika butuh APK SD Maid, silahkan download lewat link yang sudah saya sediaan dibawah.

Step 2 - Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi SD Maid nya

Step 3 - Tekan menu pojok kiri atas, atau swipe ke kanan dari sisi kiri untuk membuka menu yang disediakan. Kemdian pilih menu AppControl untuk membuka aplikasi apa saja yang sudah kita install di smarphone sobat.

Mengontrol aplikasi android dengan SD Maid

Nah kalo bingung lihat saja screesnhot diatas. Kalo sudah kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Step 4 - Silahkan sobat pilih aplikasi mana yang akan sobat export ke APK untuk koleksi atau backup kelak. Sebagai contoh, disini saya memilih ASUS Heart Rate. Tap pada aplikasi tersebut

Step 5 - Sampai disini sobat akan menemukan beberapa pilihan. Nah pilihan ini bisa saja berbeda tergantung dari tipe aplikasi yang akan kita jadikan APK.

Ketika ada aplikasi yang autostart maka pilihannya juga beda. Ada fasilitas menonaktifkan autostart seperti yang saya singgung diatas. Perhatikan gambar dibawah :

Cara export aplikasi yang sudah di install menjadi APK tanpa PC

Setelah muncul seperti screenshot diatas, sekarang tinggal pilih saja Exports the .apk file untuk memulai prosesnya.

Step 6 - Tinggal tunggu aja deh dan cheers selesai!

Secara default APK hasil export akan masuk ke folder Download. Sekarang sobat sudah punya file APKnya, jadi bilamana sewaktu-waktu sobat membutuhkannya langsung saja install file tersebut offline (tanpa koneksi internet) dan tanpa perlu membuka Google Play Store.

Info dan Tips Tambahan

Ada sedikit informasi dan tips tambahan dari Umahdroid. Masing-masing adalah :
  • SD Maid tidak running di background apps seperti aplikasi-aplikasi pembersih pada umumnya. Dengan demikian, ketika SD Maid selesai digunakan dan sobat close app-nya maka prosesnya akan berhenti seketika itu juga, jadi sobat tidak perlu kawatir akan membebani kinerja RAM.
  • SD Maid akan lebih enak digunakan pada android yang sudah root. Kenapa? Karena ada beberapa fitur yang membutuhkan akses root.

Jadi sekian saja yang bisa saya tulis tentang Cara Paling Mudah Membuat File APK (export) Dari Aplikasi Yang Sudah Di Install. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan sobat share atau berkomentar dengan feedback untuk support blog ini. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

9 Komentar
avatar

Saya baru tau nih ada aplikasi beginian di andro. Makasih banyak om sharignya keren

Balas
avatar

Very helpful, thanks om sharing"nya .. selamat oprak oprek om 👍😁

Balas
avatar

up up up buruan di unduh apk nya, hihihi

Balas
avatar

selamat tahun baru juga buat mas tiwo nya, semoga tak pernah lelah berbagi informasi seputar android ,,, ;-)

Balas
avatar

Sama-sama dan terimakasih kembali sudah mampir di Umahdroid kang faisal

Balas
avatar

Aamin ya Rabb. Semoga selalu diberi waktu untuk terus berbagi dengan kawan-kawan. Terimakasih kang rusdy sudah menjadi pengunjung tetap umahdroid.com :)

Balas
avatar

For rooting your phones and tablet i would strongly recommend to use a good rooting tool like search4roots. Because it's safe and easy to install.

Balas
avatar

Mantaaaaaaap boss
Sampah nya langsung di buang ke bantar gebang..(y)

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.