KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengertian, Fungsi Thumbnail di Android & Efeknya Jika Dihapus

Mengenal Thumbnails Android - Mungkin diantara pembaca Umahdroid masih ada yang belum paham mengenai apa itu thumbnail atau mungkin juga sudah tahu tapi belum paham tentang kegunaan thumbnail dalam sebuah sistem operasi.

Itulah mengapa kali ini kita akan akan membahas pengertian thumbnail dan thumbdata, sekaligus cara menghapusnya dengan mudah dan aman dari memori telepon. Semoga saja artikel ini bisa menambah pengetahuan.

Tidak hanya Android, OS PC-pun memiliki folder thumbnails yang berisi gambar berukuran lebih kecil dari aslinya.

Cara Hapus Thumbnail Android

Untuk ponsel, thumbnail foto tersimpan pada pada direktori tersembunyi. Itu membuat kita perlu mengaktifkan setelan show hidden files / folders di aplikasi manajemen berkas pada smartphone agar dapat melihatnya.

Nah lokasinya sendiri ada di :
  • /storage/emmc/DCIM/.thumbnails
  • /storage/sdcard/DCIM/.thumbnails
  • /storage/sdcard0/DCIM/.thumbnails

Coba buka salah satu dari ketiga lokasi di atas. Kalian akan menemukan banyak sekali image disana. Sebenarnya untuk apa sih?. Mari kita lanjutkan gan.

Apa Fungsi Thumbnail?

Thumbnails dirancang untuk membantu sistem saat menampilkan gambar berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil untuk mempercepat proses membaca dan menampilkan gambar di layar ponsel.

Baca juga :

Saat kita melihat album foto di aplikasi Galeri sebenarnya yang tampil dalam bentuk petak-petak itu adalah gambar kecil, bukan ukuran asli.

Membuka File Thumbnail

Kemudian ketika kita melakukan tap untuk melihat salah satu foto pada album tersebut, maka yang ditampilkan di layar itu barulah file sesungguhnya.

Bayangkan jika ada 1000 foto berukuran 5-10MB langsung ditampilkan?. Selain waktu load menjadi lama, hal tersebut jelas akan membebani kinerja hardware karena memakan banyak resource.

Memakan Ruang Penyimpanan

Sebuah file thumbail yang mana merupakan duplikat dari file asli akan secara otomatis dibuat oleh sistem saat kita membuka album berisi foto atau gambar di perangkat kita.

Baca juga :

Jadi jika ada pertanyaan bagaimana cara mengembalikan thumbnail di Android itu tidak perlu karena sia-sia.

Ukuran Thumbdata Android

Kabar buruknya, skema ini dapat memakan banyak sekali memori penyimpanan.

Memang ukurannya tidak sebesar file original, tapi jika dibiarkan, sebuah direktori thumbnail bisa memiliki ukuran lebih dari 1GB. Jadi jangan heran jika ketika folder tersebut dihapus, space kosong bertambah signifikan.

Efek Menghapus Thumbnails

Apa boleh di-remove?. Jangan kawatir, kalian bisa menghapus thumbdata dengan aman. Tapi seperti yang kita katakan sebelumnya, sistem akan membuat ulang file yang sama secara mandiri.

Hapus Thumbnail HP

Percuma dong, kan ada lagi?. Tidak juga, karena delete gambar asli tidak membuat thumbnail ikut terhapus.

Jadi apabila foto di galeri HP Android kalian sudah banyak yang dihapus, gambar thumbnail-nya tetap ada. Untuk itu kita harus mengeksekusinya sesekali.

Cara Hapus File Thumbnail di HP Android

Untuk me-remove-nya sangatlah mudah. Ini bisa ditertapkan pada smartphone Oppo, Xiaomi, Asus Zenfone, Samsung Galaxy, Advan, Vivo, Huawei, Nokia, Sony, LG, HTC, Motorola, Honor, Realme, dst.

Langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Pertama buka aplikasi manager berkas
  • Kemudian masuk ke penyimpanan internal telepon
  • Cari folder .thumbnails. Jika tidak ada, silahkan aktifkan Tampilkan file tersembunyi atau nonaktifkan Sembunyikan File sistem
  • Setelah ketemu, hapus folder tersebut

Kalian juga bisa memilih opsi permanen jika memang file manager yang digunakan mendukung fitur tersebut.

Sekarang sudah paham kan pengertian micro thumbnail, apa efeknya jika dihapus?. Jangan sungkan bertanya jika ada yang masih bingung. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan