KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Urutan Operator dengan Internet 4G LTE Tercepat di Indonesia

Kecepatan internet Indonesia - Tidak kurang dari 6 operator seluler di Indonesia yang menyediakan layanan internet 4G dengan, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia, Smartfren Telecom, dan Bolt.

Masing-masing dari mereka mengklaim memiliki layanan 4G yang cepat dan stabil. Lalu siapa sebenarnya operator yang internetnya paling baik di Indonesia?.

Soal itu nPerf sebagai penyedia tools speed test merilis hasil pengujian di sepajang tahun 2018.

Internet 4G Indonesia

Data nPerf menyebut jika tools-nya telah digunakan sebanyak 636 ribu kali untuk pengujian kecepatan, tes streaming, dan tes browsing oleh pengguna internet di Indonesia.

Operator 4G Terbaik

Telkomsel menduduki posisi teratas sekaligus mengukuhkah diri sebagai operator yang mampu menghadirkan kecepatan internet terbaik di Indonesia.

Operator Terbaik di Indonesia 2018


Menurut metodologi penilaian nPerf, Telkomsel mendapatkan 23.185 poin yang akhirnya menggeser Smartfren yang sebelumnya mejeng di peringkat pertama.

Baca juga :

Setelah Telkomsel, di posisi kedua ada XL Axiata. Menurut nPerf, hal ini karena didukung oleh performa yang baik, terutama untuk sektor upload (5,01Mbps), latensi, dan streaming.

Paling Ngebut

Meski ada di peringkat ketiga sebagai operator terbaik, Smartfren menjadi operator dengan jaringan 4G tercepat di Indonesia dengan kecepatan download 14.77 Mbps, unggul jauh dari Telkomsel yang hanya mentok di 8.06 Mbps.

Kartu Internet Tercepat di Indonesia 2018

Kinerja yang sangat baik tersebut berasal dari layanan LTE Advanced milik Smartfren.

Baca juga :

Anak usaha Sinar Mas Grup ini merupakan satu-satunya operator di Indonesia yang menghadirkan layanan 4G dengan tingkat koneksi 39.72%, jauh di atas para kompetitornya yang tidak sampai 6%.

Selain itu, Smartfren menghadirkan latensi yang sempurna. Ini sangat berguna terutama untuk para gamer.

Peringkat Selanjutnya

Di posisi keempat adalah operator seluler Bolt. Sayangnya, Bolt harus menghentikan operasinya November lalu sehingga tidak ada data mengenai kecepatannya per Desember.

3 Tri Indonesia ada tepat dibawahnya setelah berhasil mengumpulkan 14.606 poin.

Paling Buruk

Indosat Ooredoo berada di posisi buncit dan berhak menyandang operator dengan performa paling busuk setelah hanya memperoleh 11.165 poin saja.

Poin yang diapat adalah hasil hitung-hitungan dari success ratio, download bitrate, upload bitrate, latency, browsing performance rate, dan YouTube streaming performance rate.

Hasil pengujuan lebih lengkap dan detail bisa diunduh dalam bentuk berkas Pdf melalui link dibawah. Semoga bermanfaat!.
4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    21 September
    • Kunjungi profil
    Tree
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 September
      • Kunjungi profil
      Tree apa Tri? :D
    Reply
  • GIS
    GIS
    05 September
    • Kunjungi profil
    Di desa saya indosat yg pertama kali baru 5 bulan telkomsel dan selanjutnya XL, tapi kecepatanya 4g indosat kyk edge max 3g
    • GIS
      Tiwo Satriatama
      06 September
      • Kunjungi profil
      Indosat "Ooraridoo" 4G rasa GPRS
    Reply