Cara Membeli Aplikasi di Play Store Menggunakan Pulsa All Operator

16:24
Tutorial App Purchase Google Play Store - Semakin hari semakin canggih dan mudah juga teknologi yang bisa kita nikmati. Termasuk transaksi lisensi software aplikasi android. Ya, kali ini kita akan bahas bagaimana tips mudah membeli aplikasi premium Android di Play Store menggunakan pulsa indosat (mentari, im3), telkomsel (as, simpati), xl atau axis.

Operator yang saya sebutkan diatas sudah support sebagai billing kita untuk membeli aplikasi : game, icon pack, launcher, dan sebagainya di Google Play Store. Jadi kita tidak butuh Credit Card atau kartu kredit.

Walaupun sebenarnya ada juga sih voucher yang bisa teman-teman beli di mini market dan redeem code method sebagai pembayaran.

Persiapan

Apa saja persyaratannya? Simple saja sebenarnya, kita hanya butuh :
  • Smartphone Android
  • Google Play Store
  • Akun Gmail
  • SIM Card yang masih aktif
  • Pastinya pulsa teman-teman cukup

Pastikan juga Google Play Store kita tidak bermasalah. Teman-teman bisa baca artikel kita Mengatasi Unfortunately Google Play Store Has Stopped.

Setting Carrier Billing

Cara Mudah Membeli Aplikasi dan Game di Play Store

Setelah tahap persiapan diatas, langkah selanjutnya adalah mengatur billing di Play Store pada akun kita. Caranya? Disini saya menggunakan indosat, untuk kartu lain sama saja kok.

Step 1 - Buka Google Play Store

Step 2 - Slide menu Play Store, kemudian pilih account

Step 3 - Setelah itu pilih payment methods

Step 4 - Nah muncul metode, pilih Enable <Telkomsel/Indosat/XL/Axis> billing

Step 5 - Nanti akan Pop up send SMS Google ke service provider, pilih saja Send untuk memverifikasi akun

Step 6 - Setelah itu, isi data tagihan billing dengan identitas kita.

Step 7 - Kemudian Konfirmasi dengan tap Accept

Selesai deh setting Carrier Billing!

Apabila ponsel teman-teman mempunyai 2 buah SIM Card, pastikan set koneksi internet ke kartu SIM yang nantinya digunakan untuk membeli aplikasi. Karena jika diset ke SIM card lain maka carrier billing otomatis menggunakan operator tersebut.


Ane engga ada paket internet di kartu yang mau buat beli aplikasi gimana gan? Bisa menggunakan Wifi kok. Yang penting data mobile diset ke SIM card yang akan digunakan untuk transaksi.

Proses pembelian Aplikasi

Setelah mengatur payment diatas, kita sudah siap siap untuk melakukan transaksi. Sebagai tambahan informasi dan pengetauan bersama,

Pada saat kita membeli aplikasi berbayar, sebenarnya yang kita beli adalah lisensi atau ijin untuk menggunakan apps tersebut, BUKAN MEMBELI APLIKASINYA. Jadi bisa dibedakan ya?

Baik, langsung saja kita lets go!

Step 1 - Cari aplikasi berbayar di Play Store yang akan teman-teman install di ponsel. Sebagai contoh, disini kami akan beli Icon Pack premium.

Membeli Aplikasi di Play Store Dengan Pulsa Telkomsel

Pada halaman tersebut otomatis akan tertera harga yang harus kita bayar.  Tinggal pilih tap saja tombol tersebut.

Step 2 - Tap pada tombol Buy untuk melanjutkan transaksi pada Google Payments Terms of Service

Membeli Game di Google Play Store Lewat Pulsa XL

Step 3 - Langkah selanjutnya adalah memasukan password akun Gmail kita lalu tekan Confirm

Step 4 - Jika berhasil maka akan ada konfirmasi Payment successful

Membeli Aplikasi di Play Store Dengan Pulsa Im3

Tunggu dan tara! Installasi aplikasi premium berjalan. Tinggal tunggu sambil sruput kopinya deh proses intall selesai dan selamat menikmati!

Oh iya, nanti juga teman-teman akan mendapat pemberitahuan SMS dan email dari Google Play Store tentang pembelian ini. Seperti pada screenshot berikut ini :

Pemberitahuan Pembelian Aplikasi Google Play Store Berhasil

Tema-teman bisa lihat pada screenshot diatas, setiap transaksi pembelian aplikasi atau game yang kita lakukan akan dikenakan pajak sebesar 10%. Sehingga harga akan lebih tinggi 10% dari harga yang tertera di Google Play Store.

Misalkan kita tidak punya pulsa, kita bisa menggunakan alternative seperti aplikasi pengahasil uang di Android. Nantinya hasil tersebut ditukarkan dengan voucher Google Play.

Update

Berdasarkan keterangan resmi Google, baru 3 operator saja yang support metode pembayaran potong pulsa untuk pembelian konten di Play Store. Berikut kita lampirkan keterangannya :

Beberapa perangkat seluler dan paket layanan memungkinkan Anda membebankan biaya pembelian ke tagihan operator.

Operator yang berpartisipasi di Indonesia

  • Indosat
  • Telkomsel
  • XL/AXIS

Saat membeli sesuatu, 15 menit kemudian Anda akan melihat tagihan di akun operator.

Catatan : Anda mungkin melihat SMS (pesan teks) yang diawali dengan "DCB_Association" di ponsel saat mendaftar untuk tagihan operator langsung. Pesan DCB_Association otomatis dibuat dan dikirim untuk menyelesaikan pendaftaran tagihan operator langsung untuk akun Google Play Anda.

Dengan demikian operator diluar yang tertulis di atas tidak support. Jadi, misalnya kalian sedang mencari cara membeli aplikasi di play store dengan pulsa 3 maka tidak bisa.

Jika ada yang ditanyakan tentang apa saja yang harus dipersiapkan dan langkah-langkah lengkapnya membeli aplikasi / game di Google Play Store menggunakan pulsa HP baik Indosat, Telkomsel, XL dan AXIS silahkan tulis saja lewat komentar. Selamat berjumpa kembali di posting selanjutnya!

Artikel Rekomendasi

4 Komentar
avatar

Kalau untuk sim card tri gak ada ya ???

Balas
avatar

Seingat kita sih udah dari bulan mei tahun lalu 3 juga sudah support pembayaran aplikasi premium di Google Play. Langkahnya kurang lebih juga seperti diatas mas

Balas
avatar

Saya pake tri gan. Tp pas masuk di fungsi akun. Dia ga muncul add payment with three gitu gan.. mohon pencerahan
Apa memang tri ga bisa carrier billing gt?

Balas
avatar

Edit : Memang tidak bisa / tidak support
Maaf sekali Mas Sandi dan mba Diska. Saya yang salah, ingatan saya yang keliru. Sampai sekarang baru Indosat, Telkomsel dan XL/AXIS saja yang support pembayaran aplikasi Google Play.

Artikel sudah di edit. Sekali lagi mohon maaf atas kesalahan saya Mbas

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.