KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Refund Pembelian Aplikasi, Game, Ebook, dan Movie di Play Store

Google Play Refund Trick - Pembelian konten seperti aplikasi dan game di Google Play Store bisa menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan jika aplikasi yang kita beli ternyata tidak sesuai dengan apa yang ditulis Developer. Apakah kita bisa request refund?. Tentu, berikut tutorial pengembalian dana premium apps, games, di Google Play.

Sebenarnya pihak Google tidak memberikan pengembalian dana untuk sebagian besar pembelian di Google Play, namun terdapat pengecualian kebijakan pengembalian dana.

Dengan Google, hak kalian bergantung pada konten yang kalian beli, dan beberapa kasus berdasar regulasi negara pengguna.

Trik Refund Google Play Store 2018

Selain menggunakan credit card, pengguna Android di Indonesia dapat menggunakan beberapa metode pembayaran. Seluruhnya sudah kita bahas di artikel metode pembayaran Google Play Store. Di posting tersebut kita jelaskan lengkap, jadi monggo dibaca.

Apabila kalian menggunakan pulsa (Telkomsel, Indosat, XL / Axis, Smartfren, Tri) untuk transaksi, maka dana yang dikembalikan juga dalam bentuk pulsa.

Return Paid App, Games, dan In-app Purchases

Kebijakan pengembalian aplikasi Android Google sangatlah sederhana. Jika kalian tidak suka dengan konten tersebut (apapun alasannya), kalian bisa langsung membatalkan pembelian dalam 2 jam setelah transaksi sukses.

Refund Paid Apps Google Play Store

Setelah 2 jam tersebut habis, pengguna masih memiliki 48 jam dimana permintaan pengembalian uang bisa diproses Google.

Lebih dari waktu tersebut kebijakan ada di tangan pengembang aplikasi tersebut yang memutuskan apakah kita layak mendapatkan pengembalian uang atau tidak.

Hal tersebut juga berlaku untuk fitur pembelian dalam aplikasi Play Store. Biasanya tidak mudah untuk mendapatkan refund dari pembelian dalam aplikasi tanpa persetujuan Developer.

2 Jam Setelah Pembelian

Klaim refund dalam waktu dua jam setelah pembelian adalah yang paling mudah. Kita hanya perlu buka Google Play Store, lalu :
  • Tap menu lalu pilih My Account
  • Pilih aplikasi atau permainan yang dikehendaki
  • Tap tombol Refund
  • Ikuti petunjuk yang tampil pada layar ponsel agar uang kembali
  • Begitu selesai aplikasi akan otomatis terhapus

Sebagai alternatif, kalian juga bisa langsung mengunjungi halaman aplikasi berbayar tersebut lalu tap tombol Refund. Berikut adalah screenshot contoh hasil pengembalian dana :

Invoice Refund Google Play Store

Perlu diketahui, tombol Refund akan otomatis hilang dan berubah menjadi tombol Uninstall setelah 2 jam terhitung dari order sukses sesuai invoice yang dikirim ke akun Gmail terdaftar.

48 Jam Setelah Pembelian

Selanjutnya, untuk mengajukan pengembalian dana dalam 48 jam dari pembelian bisa ikuti langkah-langkah dibawah berikut :
  • Dengan browser buka play.google.com/store/account
  • Scroll kebawah pada Order History
  • Cari item yang ingin kalian return
  • Klik / tap pada tombol More
  • Pilih Request a refund
  • Lengkapi formulir dan alasan pengembalian

Menghubungi Developer

Seperti yang sudah kita tulis sebelumnya, beberapa kondisi memerlukan persetujuan dari Developer. Untuk itu kalian bisa menghubungi pengembang aplikasi terkait dengan membuka aplikasi Play Store > buka halaman aplikasi terkait.

Baca juga :

Gulir ke bawah, nanti akan ada menu Developer Contact yang biasanya dalam bentuk email. Silahkan gunakan surat elektronik untuk ngobrol dengan pengembang by the mail.

Refund Ebook di Google Play Store

Google umumnya memberikan periode pengembalian selama 7 hari pada produk buku digital atau 30 hari pada judul pendidikan melalui Google Play for Education. Meski demikian ada beberapa pengecualian.

Google Play Book Refund

Misalnya ebook yang hanya tersedia dalam jangka waktu yang sangat singkat. Untuk request refund, pengguna perlu menghubungi Google Play Customer Support.

Refund Film di Google Play Movies

Apabila klip video rusak, pengguna dapat mengajukan pengembalian dana kapan saja dalam waktu 65 hari, dengan catatan kita belum mulai menonton film tersebut.

Itu saja tentang tutorial refund Google Play termasuk Google Payment menggunakan pulsa semua operator. Jangan lupa ikuti Umahdroid untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Semoga bermanfaat!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan