6 Cara Mengatasi Indosat Carrier Billing Tidak Muncul di Google Play Store

12:50
Kartu Indosat IM3, Mentari tidak bisa membeli aplikasi Google Play Store - Dulu kita pernah share tutorial lengkap membeli aplikasi premium di Play Store. Di artikel tersebut dijelaskan secara mendetail apa dan bagaimana alur lengkapnya. Nah kali berhuhung banyak yang kesulitan saat ingin membeli aplikasi menggunakan pulsa Indosat tetapi carrier billing Indosat tidak muncul di Play Store, maka kali ini Umahdroid akan berbagi tips untuk mengatasinya.

Beberapa dari user Android memang agak kesulitan karena terkadang Indosat Billing tidak muncul di My Account Google Play. Walaupun tidak hanya Indosat saja, adapula yang menggunakan XL / AXIS, dan Telkomsel yang mengalami masalah yang sama. Jadi pastikan kalian baca dan ikuti posting ini.

Masalah ini kebanyakan timbul terutama di HP Android yang menggunakan dual SIM card.

Baik, langsung saja kita mulai penjelasan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi billing Indosat (IM3 atau Mentari) yang tidak muncul / tiba-tiba menghilang saat akan melakukan pembelian aplikasi premium.

Oh ya, jangan lupa isi pulsa atau paket internet dulu kartu Indosat kalian untuk jaga-jaga.

Cara ke #1

Cara pertama yang sering memnuat orang keliru adalah tidak mengatur koneksi dengan benar. Pastikan sim card yang akan digunakan untuk membeli itu disetel sebagai kartu untuk koneksi data.

Metode pembayara indosat billing tidak bisa

Kita berikan contoh langsung saja ya. Misalkan sebuah ponsel Android mempunyai 2 SIM :
  1. SIM 1 : Telkomsel
  2. SIM 2 : Indosat

Nah apabila SIM 1 yang digunakan maka akan muncul Enable Telkomsel billing. Maka pastikan kalian harus menjadikan Indosat yang dalam hal ini SIM 2 untuk koneksi data. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Caranya mudah kok, tinggal masuk bisa ke Pengaturan smartphone kalian masing-masing.

Cara ke #2

Apabila cara pertama tidak berhasil, jangan menyerah, coba solusi selanjutnya dan mudah sekali untuk dilakukan. Coba :
  • Masuk ke Settings
  • Buka pengatutan Applikasi
  • Cari Google Play Store
  • Tap pada tombol Force Stop
  • Lalu pilih Storage (bisa dilewati kalo tidak ada)
  • Selanjutnya Clear data
  • Cari lagi Google Play Services
  • Tap tombol Force Stop (di versi terbaru tidak bisa, lewati saja)
  • Pilih ke Storage (bisa dilewati kalo tidak ada)
  • Tap Manage Space
  • Tap lagi pada Clear All Data
  • Sekarang Restart smartphone kalian

Saat membuka Play Store pastikan kalian sudah menyetel Indosat sebagai kartu utama. Jika masih belum muncul di My Account, coba ulangi beberapa kali langkah tersebut.

Masih belum jadi juga? Silahkan lanjutkan membaca.

Cara ke #3

Cara lain yang bisa dicoba adalah menghapus akun Google di smartphone kalian lewat Pengaturan :
  • Buka Settings
  • Cari menu Accounts
  • Tap pada opsi Google
  • Pilih akun kalian
  • Lalu Remove account
  • Restart HP kalian

Sekarang coba login ulang deh untuk melihat hasilnya.

Cara ke #4

Trik yang keempat ini UMUMNYA berhasil memperbaiki enable carrier billing indosat tidak muncul. Paket data internet atau pulsa Indosat tadi masih ada kan?

Lanjutkan dengan lengkah-langkah berikut :

Step 1 - Buat kalian yang menggunakan dua operator di satu smartphone, maka matikan terlebih dahulu

Step 2 - Copot SIM selain Indosat, lalu pindahkan Indosat di slot kartu utama

Step 3 - Nyalakan kembali HP Android kalian

Step 4 - Buka Google Play Store


Taraaaa, Enable Indosat Billing langsung muncul deh.

Jangan Lewatkan :

Nah apabila ada yang belum berhasil coba ulangi CARA KEDUA yang sudah ditulis diatas.

Cara ke #5

Kadang juga ada yang mengalami masalah saat menggunakan 2 akun Google atau lebih. Kerap kali akun 1 muncul, namun akun 2 tidak muncul. Untuk mengatasi ini juga silahkan gunakan cara kedua diatas.

Masuk ke Google Wallet yang beralamat di https://www.google.com/wallet/ -> Setting -> Home Addresss -> isi form dengan negara Indonesia -> Sign Out.

Cara ke #6

Coba gunakan kartu Indosat lain atau telfon operator. Kalo mau gratis tanpa mengeluarkan pulsa yah via Twitter saja. CS Indosat responsive kok. Sejauh kita kontak lewat sosial media burung biru ini selalu responnya cepat.

Sebagai tambahan saja, ada pula yang mengalami masalah lain seperti gagal atau error account verification SMS could not be sent. Untuk yang satu ini biasanya masalah koneksi atau lalu lintas data dengan server tidak lancar.

Itu juga yang terjadi di Zenfone 5 kita beberapa waktu lalu. Dicoba terus di tempat sinyal yang baik, akhirnya bisa juga terima sms untuk verifikasi akun.

Mudah untuk diikuti kan tutorialnya?

Semoga masalah Indosat Carrier Billing di Android kalian solved / teratasi dengan tips diatas. Terimakasih sudah berkunjung, sampai ketemu di posting Umahdroid selanjutnya ya. Dada!!!

Artikel Rekomendasi

3 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.