Memahami In-App Purchases Aplikasi Android di Google Play Store

10:21
Penjelasan In-App Purchases di Google Play Store - Nah kali ini kita akan belajar tentang in app purchase android. Semua pengguna produk digital seperti software dimanapun pasti tidak akan lepas dari topik bahasan kita kali ini.

Android in app purhase adalah layanan Google Play yang memungkinkan pengguna aplikasi untuk membeli karya digital baik berbentuk downloadable content, virtual content seperti game, premium service, atau fitur dari dalam aplikasi itu sendiri.

Dalam perkembangan dunia mobile, in-app billing pertama kali dikenalkan oleh Apple lewat platform iOS buatan mereka.

Seiring pengguna Android yang kian hari kian bertambah, maka ini juga dapat kita temui di Google Play Store atau aplikasi market lainnya.

Pengertian In App Purchases Android

Untuk saat ini, in-app purchase sangat populer dikalangan developer pengembang aplikasi Android. Kita juga bisa menyebuatnya sebagai freemium.

Freemium adalah suatu keadaan dimana pengguna dapat menginstall dan menggunakan aplikasinya dengan gratis namun developer juga menyediakan fitur pro yang mana pengguna harus membayar untuk mendapatkan fitur tersebut.

Nah dengan in-app purchase, developer bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Berbeda dengan aplikasi premium yang biasanya dibayar diawal untuk mendapatkan aplikasinya. Dengan kata lain pengembang hanya mendapatkan satu pemasukan dari satu pengguna aplikasi yang Ia tawarkan.

Kategori In-App Puchase

Jika kita tilik, in-app purchase bisa kita klasifikasikan menjadi 2 macam, yakni :
  • Standard
  • Subscription

Apa bedanya?

Oke, teman-teman bisa lihat perbedaan keduanya lewat penjalasan singkat berikut :

1. Standard

Klasifikasi pertama memuat kocek yang harus kita keluarkan hanya sekali saja untuk menikmati fitur tersebut. Ingat ya cuma sekali, setelah kita bayar kita tidak akan membayar lagi untuk fitur yang sama.

2. Subscription

Pernah dengan kata ini? Subscription ini mengharuskan kita membayar berkali-kali atau berkala sesuai dengan rentang waktu tertentu yang ditentukan. Misalnya saja berlangganan Spotify premium.

Setiap in-app purchase baik yang dibuat oleh Google atau Apple memiliki perturan masing-masing. Namun keduanya juga memiliki persamaan.

Baca juga artikel menarik Umahdroid :

Umumnya in-app purchase tidak boleh digunakan untuk pembelian produk dalam bentuk nyata seperti baju, celana, tengtop, dan sebagainya.

Aplikasi Yang Menggunakan In-App Purchase

Jika teman-teman mau mencermati, label In-App Purchase sudah ada pada setiap aplikasi yang terdaftar di setiap Android market app.

Kita ambil contoh di Google Play Store saja.

Untuk mengetahuinya sangat mudah, setiap aplikasi tersebut akan terdapat label bertulis in-app purchase di bagian bawah tombol install pada setiap aplikasi. Perhatikan text yang kita berikan kotak merah pada screenshot berikut :

Cara In-App Billing Pada Aplikasi Android

Selain itu, ada juga yang berlabel contain ads, artinya developer menyematkan iklan pada aplikasi yang Ia buat.

Dan bisa jadi, tidak ada keduanya ( artinya 100% free ) atau ada juga salah satu saja. Tergantung dari pengembang aplikasi tersebut.

Jenis aplikasi yang paling sering kita jumpai menggunakan in-app purchase adalah game, aplikasi produktivitas, streaming musik, foto dan desain. Dari keseluruhan umumnya game Android adalah yang paling banyak menyodorkan layanan ini.

Menggunakan In-App Purchase di Android

Jika teman-teman pernah membaca salah satu posting terdahulu kami mungkin sudah tau tentang ini. Sebagai mana kita ketahui, ada beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk membeli fitur berbayar dalam sebuah aplikasi di Google Play.

Tutorial Membeli Aplikasi Premium Di Google Play Store

Ada Credit Card, Paypal ( untuk beberapa negara tertentu ), redeem code dengan voucher Google Play, dan yang paling mudah adalah membeli aplikasi di Play Store dengan pulsa.

Kalian bisa baca lewat link tersebut. Disana kita jelaskan langkah-langkah lengkapnya, beserta biaya yang mungkin dikeluarkan.

Nah bagaimana penjelasan tentang in-app purchase yang terdapat di Google Play Store? Jika teman-teman memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan lewat kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.