KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

2 Cara Install Signal Desktop Di Fedora Workstation, Spin, Ataupun Rawhide

Signal Messenger Linux - Halo-halo semua pengguna Linux di Indonesia!. Sesuai judul di atas, hari ini Umahdroid bisa dibilang akan melanjutkan artikel yang dulu pernah kita terbitkan mengenai tutorial install Signal app di Ubuntu.


Di artikel tersebut kita jelaskan beberapa metode untuk memasang salah satu aplikasi messenger paling aman di dunia. Saking amannya, protokolnya sampai jadi gold standard dalam industri pesan instan.


Bahkan end to end encryption buatan mereka digunakan oleh kompetitornya. Sebut saja WhatsApp. Sayangnya, aplikasi logo hijau ini memanen data pengguna.


Install Signal Desktop Fedora Linux

Lain halnya dengan Signal yang didirikan di bawah yayasan Signal Foundation. Mereka tidak mengumpulkan data pribadi user seperti kebanyakan software dari perusahaan profit seperti Meta.


Yang cukup disayangkan yakni Signal Private Messenger secara official hanya support Debian based distribution saja (Ubuntu, Linux Mint, Zorin OS, dsb).


Tenang, kalian tidak perlu kawatir!. Komunitas free open source operating system sangat aktif menangani hal semacam ini, sehingga nyaris selalu mempunyai banyak opsi alternatif, termasuk instalasi perangkat lunak.


Metode #1 Pasang Aplikasi Signal Pada Fedora

Big thanks to kontributor openSUSE!. Mereka memaketkan signal .deb menjadi .rpm agar bisa dinikmati oleh pengguna RPM-based Linux distributions seperti Fedora, SUSE Linux, atau Red Hat Enterprise Linux.


Baca juga :


Sebagai contoh, di sini kita memakai Fedora 40 Workstation. Seperti biasa, silahkan luncurkan jendela Terminal baru > kemudian ketikkan perintah berikut :


# Fedora Rawhide
dnf config-manager --add-repo https://download.opensuse.org/repositories/network:im:signal/Fedora_Rawhide/network:im:signal.repo
dnf install signal-desktop

# Fedora Stable
dnf config-manager --add-repo https://download.opensuse.org/repositories/network:im:signal/Fedora_40/network:im:signal.repo
dnf install signal-desktop

Jika kalian menggunakan versi lain, jangan lupa ubah teks Fedora_40 dengan versi milik kalian. Misal, Fedora_38, Fedora_39, atau versi yang akan rilis di masa depan seperti Fedora_41, Fedora_42, Fedora_43, dst.


Begitu instalasinya selesai, kita bisa langsung menjalankan Signal Desktop melalui application launcher. Yah, seperti membuka aplikasi biasa lah.


Setelah itu tinggal linking saja. Jalankan Signal pada HP > masuk ke Settings > pilih menu Linked devices > tekan tombol Plus yang ada di pojok kanan bawah > kemudian scan QR Code yang tampil.


Tunggu hingga layanan yang juga tersedia untuk Android, macOS, iOS, serta Windows memproses syncing contacts. Jika sudah, kalian bisa memulai obrolan.


Metode #2 Pasang Aplikasi Signal Pada Fedora

Opsi lain (terutama yang alergi Snap) untuk install Signal Desktop di Fedora yakni melalui Flatpak. Caranya bisa dilakukan dengan mouse saja. Langkahnya kurang lebih sama seperti saat instalasi Google Chrome Fedora.


Tapi jika kalian lebih suka baris perintah karena dirasa lebih cepat, berikut beberapa baris perintah yang perlu kalian jalankan lewat Terminal emulator :


# Enable Flathub Repo
flatpak remote-add --if-not-exists flathub https://dl.flathub.org/repo/flathub.flatpakrepo

# Install Signal App
flatpak install flathub org.signal.Signal

# Run Install Signal App
flatpak run org.signal.Signal

Command ketiga bisa kalian skip karena itu perintah untuk menjalankan Signal Desktop dari Terminal, bukan termasuk installation part. Jadi jika lebih memilih menjalankannya dengan Graphical User Interface, tahapnya sama seperti sebelumnya.


Begitu instalasinya selesai, kalian bisa langsung menjalankan aplikasi chat selain WA dan Telegram ini melalui application launcher.


Hal yang sama juga berlaku pada tahap tautkan perangkat. Jalankan Signal pada ponsel pintar > buka Settings > masuk ke Linked devices > tekan tombol Plus > lalu pindai kode batang yang tampil.


Gampang kan install Signal app Linux?. Terakhir, jika kalian ingin langsung download package-nya, silahkan langsung saja merapat ke halaman proyeknya.


Network IM Signal Project

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan