KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Trik Aman Sharing File Ke Publik, Tanpa Perlu Daftar Akun Serta Tanpa Iklan

Secure Sharing Platform - Pengguna biasanya memakai penyimpanan awan gratis untuk sharing file dengan Google Drive, Microsoft OneDrive, Dropbox, MEGA, sampai dengan TeraBox free cloud storage & file storage.


Untuk berkas-berkas yang hanya dibagikan hanya sekali, dulu kita memilih Firefox Send yang diluncurkan oleh Mozilla. Jadi ketika sudah di-download oleh receiver, maka file tersebut akan otomatis dihapus.


Yang cukup disayangkan adalah FS tidak bertahan lama. Layanannya dihentikan, bahkan pada posisi aplikasinya yang waktu itu masih dalam tahap public beta.


Free Temporary Share Files Online

Beberapa tahun kemudian, Umahdroid akhirnya menemukan penggantinya secara tidak sengaja ketika menjelajahi https://community.signalusers.org yang merupakan forum pengguna aplikasi chat paling aman anti sadap.


Tepatnya ketika kita browsing beta feedback. Topik tersebut adalah area khusus yang dirancang untuk melaporkan bug ke developer sebelum dirilis secara final.


Layanan yang akan kita bagikan ini bisa kalian pakai untuk mengunggah file yang besarnya hingga 100 GB dengan aman dengan adanya end-to-end encryption, serta no ads and trackers.


Langkah #1 Siapkan Files Dan Upload Ke Server

Oke tanpa banyak babibu, langsung saja kita mulaikan gan!. Pertama-tama, silahkan jalankan web browser (Firefox, Edge, Chrome, dsb) pada smartphone, tablet, laptop, atau PC desktop kesayangan kalian.


Baca juga :


Langkah kedua, buka https://sharrr.com untuk masuk ke web tempat penyimpanan file online sementara untuk berbagi berbagai macam berkas.


Langkah 1 Buka Website Sharrr

Begitu halamannya terbuka seperti screenshot di atas, kalian bisa klik kotak putus-putus dengan teks choose a file to encrypt and share yang ada page tersebut > pilih file yang akan di-upload.


Langkah 2 Proses Uploading File

Kalian yang menggunakan komputer juga bisa melakukannya lewat file manager > cari dan pilih file > kemudian drag and drop ke kotak tadi.


Pilih saja mana diantara 2 metode tersebut yang menurut kalian paling praktis. Oh ya penting untuk kita sampaikan, simple and private file sharing ini hanya support file upload, tidak support folder upload.


Langkah #2 Saat File Sukses Di Upload Ke Sharrr

Seperti pada tangkapan layar sebelumnya, proses uploading akan secara otomatis berjalan setelah pengguna memilih file. Di sini kita pilih arsip zip yang (anggap saja) isinya aplikasi watermark foto gratis di Android.


Tahap selanjutnya setelah proses pengunggahan sukses > sharable link akan tampil pada halaman tadi > selanjutnya tinggal klik saja tombol COPY.


Langkah 3 Share Link Ke Orang Lain

Jika sudah, sekarang silahkan kirim link tersebut lewat Signal, Telegram, WhatsApp, Facebook Messenger, DM Instagram atau X, ke orang yang sudah dipilih untuk menerima file.


Langkah 4 Decrypt And Download File

Gambar di atas adalah tampilan Sharrr ketika teman kita membuka tautan tadi lewat aplikasi peramban semisal Mozilla Firefox di perangkat mereka.


Satu-satunya hal yang perlu mereka lakukan adalah menghantam tombol Decrypt and Download > tunggu sampai progress bar selesai > file akan otomatis tersimpan ke penyimpanan lokal device sang penerima.


Langkah #3 Yang Terjadi Jika File Sudah Terunduh

Kita asumsikan orang yang kita japri shareable link tadi sudah mengunduh MingCute-main.zip yang sebelumnya telah kita siapkan. Sekarang pertanyaannya, apa yang terjadi pada file-nya setelah itu.


Baca juga :


Masih ingat dengan apa yang kita katakan di awal-awal artikel?. Untuk menjawab itu, coba kalian lihat pada lampiran berikut (klik untuk memperbesar).


Langkah 5 Link File Auto Terhapus

Taraaaaaaa, halaman akan menampilkan pesan This link has already been accessed - the file no longer exists. Sederhananya, ini berarti tautannya sudah tidak valid dan file sudah dihapus dari server.


Langkah 1 Buka Website Sharrr

Jika refresh halaman upload file tadi, maka open source temporary share files online ini akan kembali ke tampilan seperti awal diakses.


Dibandingkan dengan layanan yang sekarang kalian gunakan, lebih enak ini, bukan?. Lebih simpel, lebih praktis, lebih aman, dan tentunya kodenya sumbernya terbuka untuk diaudit siapapun.


Karena sistemnya yang auto delete after download, Ia sangat cocok dimanfaatkan untuk membagikan bermacam-macam berkas yang sifatnya sementara.


Apa kita tidak bisa mengatur waktu dan berapa kali unduh sebelum terhapus dari peladen?. Untuk Sharrr memang tidak bisa. Tapi jangan kawatir karena ada alternatif lain. Kalian bisa menggunakan https://wormhole.app

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unkown
    Unkown
    13 April
    • Kunjungi profil
    Boleh juga neh. Thank you bang tripsnya
    • Unkown
      Tiwo Satriatama
      16 April
      • Kunjungi profil
      Sama-sama bang. Senang bisa berbagi
    Reply