KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengalaman Kirim Paket Besar Dengan JNE Trucking (JTR), Cepat Atau Lama?

Review Pengiriman JNE JTR - Sesuai dengan apa yang kita sebut pada judul artikel, hari ini Umahdroid ingin cerita (tepatnya ulasan) memakai JNE Trucking yang merupakan salah satu jasa kirim paket yang ada di Tokopedia.


Kita sengaja memilih ekspedisi yang masuk kategori kargo yang merupakan saingan dari J&T Cargo ini karena barang yang kita beli ukuran dan volumenya lumayan besar, sekitar 12Kg (termasuk packing kayu).


Dengan kondisi seperti itu, ongkos kirim JNE JTR Rp 108.000, sedangkan JNE Reguler Rp 408.000. Dan jika kita pilih JNT, ongkirnya ada di angka Rp 384.000.


Paket Kargo JNE Trucking JTR

Perbedaan tarif pengiriman keduanya cukup banyak. Lumayan kan Rp 300.000?. Daripada "dibuang-buang" untuk bayar jasa kirim, bisa dialihkan untuk keperluan lain yang lebih penting.


JTR dalam proses pengirimannya melalui jalur darat dan laut (truk atau kapal laut) bukan melalui udara dengan pesawat terbang.


Tidak ada aturan JTR minimal berapa kilo. Tapi perlu diketahui, Jika berat paket yang akan kalian kirim dibawah 10Kg, maka berat akan dibulatkan ke atas menjadi 10Kg dan dikenakan tarif minimun JTR 10Kg serta sesuai dengan Kota tujuan.


Waktu Check Out Dan Proses Awal Pemesanan

Proses pembelian barang dari penjual sama saja seperti saat kalian melakukan transaksi di BliBli, BukaLapak, Lazada, Shopee Indonesia, Zalora, atau lokapasar lainnya yang beroperasi di Tanah Air.


Baca juga :


Alurnya kurang lebih sama seperti saat check out barang marketplace lokal. Berburu barang > masukan ke keranjang > pilih metode pembayaran > bayar.


Tahap 1 - Paket Diterima Pihak JNE

Kegiatan tersebut kita lakukan pada tanggal 15 Februari pada pagi hari pukul 08:15 WIB setelah ada voucher diskon Tokopedia yang nilainya cukup menggiurkan ditambah cashback pembayaran dengan GoPay.


Setelah itu, pihak seller langsung memproses transaksi. Dan tentu saja dengan packing kayu aman sesuai kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.


Di hari yang sama, pada pukul 14.40 WIB, cek resi menampilkan SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [JAMBI] yang berarti paket sudah diserahkan ke pihak PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.


Oh ya untuk informasi tambahan, paket tersebut berasal dari luar Jawa. Alamat tujuannya adalah salah satu kota di Jawa Tengah.


Hari Kedua Pengiriman JNE Trucking Luar Jawa

Tidak ada perubahan status pengiriman lebih lanjut pada tanggal 15 Februari yang mana merupakan hari yang sama dengan tanggal pemesanan, apalagi yang aneh-aneh seperti paket hold request by Shipper.


1 hari berselang atau tepatnya pada tanggal 16 Februari, kita mendapatkan update baru. Lihat gambar tangkapan layar yang kita ambil di bawah ini.


Tahap 2 - Paket Diproses JNE Trucking

Status berubah RECEIVED AT SORTING CENTER [JAMBI] yang artinya sedang disortir, PROCESSED AT SORTING CENTER [JAMBI, OUTBOUND] yang berarti paket selesai disortir dan siap diproses ke tahap selanjutnya.


Update tracking number terakhir di hari ini terjadi pada pukul 15.49 WIB. Sekarang statusnya berubah menjadi RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY [JAMBI].


Ini bisa kita artikan sebagai barang kiriman telah sukses diterima gudang jalur Jambi yang merupakan kota asal paket dan akan diteruskan ke Gudang Pusat di kota selanjutnya.


Tentang arti status pengiriman ekspedisi saingan SiCepat ini bisa kalian baca sendiri selengkapnya pada link di poin pertama.


Pengiriman JNE Trucking Sampai Di Kota Tujuan

Tanggal 17 Februari, kita iseng coba cek nomor resi. Dan hasilnya sudah ada pembaruan lagi. Kali ini ada penambahan hystory perjalanan menjadi DEPARTED FROM TRANSIT [GATEWAY, MEGAHUB].


Baca juga :


Untuk yang belum tahu lokasi Megahub JNE, kalian bisa merapat ke artikel yang sudah kita terbitkan beberapa waktu yang lalu lewat link di atas.


Tahap 3 - JNE JTR Sampai Alamat Kota

Hanya satu hari setelah update itu, pada tanggal 18 Februari pukul 17:43 WIB, status kembali berubah menjadi SHIPMENT FORWARDED FROM TRANSIT CITY TO DESTINATION CITY [NAMA KOTA].


Keesokan harinya, pada tanggal 19 Februari pukul 03:44 WIB, status yang sama persis kembali muncul. Itu berarti paket singgah di 2 kota transit.


Barulah pada pagi menjelang siang harinya, pukul 09:13 WIB, paket yang kita RECEIVED AT WAREHOUSE [NAMA KOTA] dan RECEIVED AT WAREHOUSE [KODE, SUB AGEN NAMA KOTA].


La la... Ye ye ye... La la la... Ye ye... Alhamdulillah, akhirnya paket yang kita tunggu-tunggu sampai juga di kota tujuan.


Proses Terakhir Pengiriman Lewat JNE Trucking

Untuk yang bertanya-tanya JNE Trucking dikirim pakai apa dan apakah JNE Trucking dikirim sampai rumah?. Tentu saja. Ia dikirim dengan mobil atau truck seperti saat kita mencoba pengiriman menggunakan J&T Cargo.


Meski begitu, kita memiliki dua opsi. Pertama, biarkan kurir yang datang ke alamat "gubug" kita. Kedua, paket JNE bisa diambil sendiri di Warehouse.


Tahap 4 - Paket JNE Trucking Diambil Sendiri

Karena memang barang urgent, jadi daripada nunggu-nunggu, kita pilih opsi kedua. Malam harinya, kita langsung datang ke gudang ekspedisi saingain AnterAja ini untuk mengangkut paketnya secara mandiri.


Abaikan status WITH DELIVERY COURIER [KODE, SUB AGEN NAMA KOTA] yang ada pada screenshot di atas karena kita ambil sendiri paketnya.


Dari proses di atas kita ambil kesimpulan jika service yang JTR recommended. Hanya butuh 4 hari pengiriman dari luar Jawa ke Jawa Tengah padahal estimasi sekitar 10 hari itu sangat mantap!.


Itulah pengalaman sekaligus review kargo JNE Trucking yang bisa Umahdroid bagikan. Jika kalian memiliki pertanyaan tentang pengiriman dengan jalur darat & laut ini, silahkan tulis di kolom komentar. Terimakasih!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan