KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengalaman Berbelanja di eBay Kirim ke Indonesia Enak Nggak?

Belanja Online Luar Negeri - Jadi kemarin kiriman luar negeri yang dibeli di eBay sudah sampai. Dan hari ini Umahdroid ingin sharing pengalaman tersebut, sesuai dengan janji kita pada cara belanja belanja di eBay.


Item yang kita ambil adalah Graphics Card Holder aka GPU Anti Sag aka Stand VGA aka Video Card Support Bracket yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti penahan kartu grafis komputer desktop.


Karena ada sisa saldo wallet nganggur dan jumlahnya memang juga tidak banyak, akhirnya kita putuskan membelanjakannya ketimbang menariknya.


Paket Luar Negeri Sampai Ke Indonesia

Alasan kedua, kita memang sudah tidak ingin lagi check out barang yang nilainya cukup tinggi lewat marketplace bule seperti eBay atau AliExpress karena kebijakan pajak barang masuk dari luar negeri sekarang.


Sebenarnya barang seperti ini "njeprah" di online shop lokal. Tapi sekali lagi, alasannya sudah kita sampaikan di atas.


Cara Membeli Barang Luar Negeri Secara Online

Bagaimana cara membeli barang di eBay?. Memesan barang di eBay pada dasarnya sebenarnya sama saat kita melakukan transaksi di Lazada, BukaLapak, Tokopedia, BliBli, maupun Zalora.


Baca juga :


Alurnya kurang lebih sama seperti saat check out barang marketplace lokal. Pilih barang > masukan ke keranjang > pilih metode pembayaran > bayar.


Tahap Order eBay Sukses Dibeli

Setelah itu transaksi langsung terverifikasi dengan pesan Your order's in!. Oh ya untuk informasi saja, transaksi tersebut kita lakukan tahun lalu, tepatnya pada 23 Desember 2022. Sudah lumayan lama memang :D


Karena lokasi penjual ada di China, jika ada masalah terkait barang, kalian bisa chat seller dengan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia baku.


Manfaatkan saja Google Translate untuk komunikasi. Dan jangan kaget jika balasannya kata-kata kaku seperti robot. Ini hal yang cukup wajar saat seseorang memakai aplikasi translator.


Barang Dikirim Oleh Penjual di eBay Luar Negeri

Penting untuk kita informasikan, meskipun (katakanlah) penjualnya sama-sama dari China, pengalaman membeli barang di eBay jauh berbeda dengan membeli barang lewat Shopee Indonesia atau Lazada Indonesia.


Untuk yang baru pertama mungkin cukup kawatir karena prosesnya pembelian barang di eBay tidak seinstan itu.


Proses Shipping eBay Ke Indonesia

Jika di marketplace oren atau biru, umumnya order langsung ditanggapi oleh seller setelah pelanggan sukses melakukan pembayaran. Kadan molor sih, tapi biasanya tidak lebih dari 2 hari kerja.


Lain ceritanya di eBay, untuk mendapatkan status dari Paid ke Shipped (barang dikirim oleh penjual) bisa memakan waktu sampai berhari-hari.


Dalam kasus kita kemarin, status tersebut baru kita peroleh di tanggal 28 Desember. 2022. Itu artinya, 5 hari setelah pembayan kita lakukan barangnya baru masuk ke layanan ekspedisi.


Berapa Lama Pengiriman eBay ke Indonesia Yah

Seperti penyedia jasa ekspedisi yang beroperasi di Tanah Air, untuk bagian ini sebenarnya tergantung dari jasa pengiriman yang kita gunakan. Ada kurir yang memang cepat, ada juga yang lambat.


Baca juga :


Karena saat itu kita memilih memilih free shipping, maka saat itu kita juga otomatis menggunakan layanan pengiriman kelas ekonomi.


Pengiriman Barang eBay Berapa Lama

Tanggal 31 Desember, tracking menunjukkan Departed from Airport to destination (keluar dari China). Dan seperti screenshot di atas, statusnya berubah jadi Arrived at destination country (sampai di negara tujuan) pada 11 Januari 2023.


Itu berarti shipping service gratisan tersebut membutuhkan waktu setidaknya 19 hari untuk mengirim barang belanjaan dari Tiongkok.


Untuk informasi tambahan saja, dulu sekali sekitar 2013 atau 2014 kita pernah menggunakan jasa EMS dan sangat memuaskan. Seingat kita 7-10 hari barangnya sudah bisa diambil sendiri.


Kurir Yang Mengatar Paket Dari eBay ke Rumah

12 hari setelah itu atau tepatnya pada tanggal 24 Januari 2023, seorang kurir terlihat kesana-kemari mencari alamat. Seperti kita duga sebelumnya, kurir tersebut dari Pos, bukan JNE, SiCepat, AnterAja, apalagi ID Express.


Jangan senang dulu jika ada Pak Pos datang ke rumah karena yang Ia antar bukan barang pesanan kita, tapi surat tagihan pajak yang harus dibayar.


Perhitungan Pajak Belanja eBay

Kata beliau, paketnya masih di Jogja, mungkin besok siang baru bisa diantar. Oh ya untuk rincian biayanya meliputi Bea Masuk Impor, PPN Impor, PPh, BMTP, Handling Fee, Admininstasi Pos, Biaya Penyimpanan, dan PPN 11%.


Detailnya bisa kalian lihat pada jepretan kamera di atas. Karena barang yang kita beli bukan barang mewah, jadi pajaknya juga murah.


Pembayarannya bisa dilakukan melalui kantor Pos terdekat, aplikasi Postpay, Bank BRI dan Mandiri maksimal 2 hari setelah surat terbit. Jika mau yang lebih mudah, kita juga juga membayarnya langsung di Pak Pos saat mengantar paketnya nanti.


Itu saja pengalaman beli barang dari luar negeri secara online yang bisa Umahdroid bagikan beserta pajaknya. Terimakasih!.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    03 Mei
    • Kunjungi profil
    Anti sag gede amat packingnya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 Mei
      • Kunjungi profil
      Gambar hanya ilustrasi. Paketnya kebetulan waktu itu nggak difoto. Maaf :D
    Reply