KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Tuntutan Uni Eropa, WhatsApp Akan Bisa Kirim Pesan Ke Aplikasi Lain

Fitur WhatsApp Masa Depan - WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan ke aplikasi lain, mungkin termasuk Telegram dan Signal Aplikasi Perpesanan Privat.


Kemampuan ini merupakan buntut dari kebijakan terbaru Uni Eropa. Jadi minggu lalu, UE sudah mengumumkan beberapa perusahaan teknologi gatekeeper dan layanan gatekeeper pertamanya.


WhatsApp dan Facebook Messenger yang merupakan aplikasi pesan instan dengan basis pengguna yang sangat besar termasuk ke dalam daftar tersebut.


Aplikasi Chat Gratis Terbaik

Mereka memiliki waktu sekitar 6 bulan untuk mematuhi Digital Markets Act (DMA). Dan sepertinya pekerjaan untuk menggarap fitur yang bisa jadi mimpi indah sekaligus mimpi buruk secara bersamaan sudah dimulai.


Kabar ini dibagikan langsung oleh WABetaInfo. Mereka menemukan jika WhatsApp sedang bekerja untuk menghadirkan third-party chat app support.


Mengirim Chat Dari WhatsApp Ke Aplikasi Lain

Di awal-awal, Meta (Facebook) akan mengimplementasikan dukungan obrolan antara dua pengguna yang salah satunya tidak menggunakan WA. Fitur yang lebih kompleks nantinya akan menyusul.


Baca juga :


WhatsApp memakai end to end encryption untuk bertukar pesan, ada kemungkinan aplikasi pihak ketiga yang tidak dienkripsi tidak akan kompatibel.


Digital Markets Act List

Bahkan untuk aplikasi dengan E2E seperti Signal Private Messenger pasti tidak akan mudah diterapkan meskipun enkripsi ujung ke ujung yang ada di WhatsApp menggunakan protokol milik Signal.


Ini tentu jadi kabar baik karena pengguna aplikasi yang sudah menendang pendiri aslinya ini bisa ngobrol lintas platform dengan lebih gampang.


Di sisi lain, ini bisa jadi kabar buruk. Kita tahu tabiat Mark Zuckerberg. Pengguna Briar, Signal, atau Threema tentu tidak ingin data mereka dikumpulkan oleh layanan yang bahkan tidak mereka pakai.


Sayangnya aturan DMA tidak memasukan iMessage yang ada pada device Apple agar mendukung Google Rich Communication Services.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan