KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Gampang Banget! Begini Cara Backup Dan Restore Game Steam Terbaru

Manajemen Game Steam - Ukuran game PC semakin hari semakin gila-gila'an gedenya. Jika hal ini terus dibiarkan maka hanya menunggu waktu saja sampai penyimpanan kita penuh, baik itu Hard Drive maupun Solid State Drive.


Jika kalian memiliki sebuah perangkat yang masih lega untuk secondary storage atau HDD / SSD external, alangkah baiknya agar permainan yang sudah tidak ataupun jarang dimainkan tersebut di-backup saja.


Ruang kosong tersebut nantinya bisa kalian dipakai instalasi aplikasi atau software lain tanpa menghilangkan video game meski sudah dicopot pemasangan.


Backup Restore Steam Games

Apabila dibutuhkan, kalian bisa mengembalikan game Steam yang sudah di-uninstall tadi tanpa perlu repot harus download ulang. Ingat, menunggu bukanlah kegiatan yang mengasyikkan.


Sebenarnya Umahdroid sudah pernah membagikan artikel serupa, tapi karena ada update Steam, jadi posting tersebut sudah kurang relevan.


#1 Langkah Backup Game Steam Tanpa Ribet

Valve sendiri sudah menyediakan fitur pencadangan. Menu ini berpindah setelah pembaruan UI pada 14 Juni 2023 lalu. Backup and Restore game yang dulunya ada di pojok kiri atas sudah tidak lagi tersedia.


Baca juga :


Sebagai gantinya, buka Library > klik kanan pada game yang ingin kalian backup > kemudian pilih Properties. Lihat screenshot untuk lebih jelasnya.


Menu Properties Steam Client

Ketika popup pengaturan per-game muncul, kalian akan disajikan dengan berbagai menu yang dibagi menjadi 7 buah kategori. Menu yang akan kita butuhkan ada di menu Installed Files.


Jangan berlama-lama, langsung klik saja menu tersebut. Kemudian pada bilah kanan, silahkan klik menu Backup game files > terus klik tombol Browse.


Backup Steam Game Files

Pilih lokasi untuk menyimpan pencadangan. Untuk flatpak di Linux, jangan lupa setting permission agar Steam bisa membaca folder. Oh ya, di sini kita memakai English, silahkan sesuaikan jika kalian memakai Steam Bahasa Indonesia.


Begitu semuanya beres, sekarang waktunya untuk menghantam tombol Create Backup seperti gambar tangkapan layar berikut.


Create Game Backup Steam

Proses pencadangan akan berjalan dengan otomatis. Artinya apa?. Artinya ini adalah waktu yang tepat untuk kalian gunakan untuk mengambil cemilan, menyeruput kopi, atau sekedar membakar rokok kalian.


Setelah backup archives are being compressed and saved selesai, kalian bisa memilih opsi Open Folder untuk melihat atau menjelajahi hasilnya.


Opsi lainnya adalah Close untuk menutup jendela. Sekarang kalian sudah bebas menghapus game yang jarang dimainkan tadi dengan aman dan nyaman karena sudah memiliki salinannya.


#2 Langkah Restore Game Steam Dari Backup

Backup sudah, sekarang kita akan jelaskan bagaimana agar kalian bisa mengembalikan copy game tadi jika sewaktu-waktu kalian ingin play game yang sudah dihapus dari komputer atau laptop kesayangan kalian.


Baca juga :


Berbeda dari menu sebelumnya yang dipindahkan ke lokasi lain, menu Pulihkan Backup Game masih ada. Penampakannya bisa dilihat melalui gambar berikut.


Restore Steam Game Backup

Oke tanpa banyak babibu, mari langsung saja kita mulaikan!. Silahkan klik menu Steam yang ada di pojok kanan > pilih menu Restore Game Backup seperti screenshot di atas (klik untuk memperbesar).


Pada popup baru Restore From Backup, klik tombol Browse > kemudian cari lokasi atau folder tempat di mana kalian menyimpan backup game.


Restore Game Steam From Backup

Jika semuanya sudah benar, tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghantam tombol Restore Backup > kemudian pilih tombo Install berwarna biru untuk memulai proses pemulihan pencadangan data.


Restoring from backup berjalan dengan sendirinya. Kecepatan restoring tentu saja tergantung dari kecepatan media penyimpanan itu sendiri.


Install Restoring Game Steam

Jika kalian menggunakan media penyimpanan berbasis chip, bukan piringan, apalagi tipenya NVMe, prosesnya akan tidak akan memakan banyak waktu dibandingkan dengan SSD SATA.


Dan lagi-lagi, untuk yang kedua kalinya, ini waktu yang untuk mengambil cemilan, menyuruput kopi / teh / susu, atau membakar lagi rokok.


Begitu prosesnya selesai, game yang sebelumnya sudah kalian hapus akan otomatis terpasang dan bisa dimainkan lagi kapanpun dan dimanapun sesuai keinginan kalian. Cukup klik saja tombol Play. Gampang kan?.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan