KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Canggih Sekaligus Ngeri, AI Bisa Tebak Password Hitungan Detik

Teknologi Artificial Intelligence - Perkembangan AI bekangan ini memang sedang subur-suburnya. Apalagi setelah meledaknya ChatGPT, popularitasnya makin naik karena AI lebih dari sekedar bot untuk membantu pekerjaan.


Untuk yang belum tahu, Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan perangkat komputer.


AI merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah sistem komputer, perangkat lunak, program, atau robot untuk berpikir cerdas layaknya seorang manusia.


Teknologi Pembobol Password

Selain menjadi primadona karena fungsinya, kecerdasan buatan (AI) juga membawa potensi dampak buruk untuk para pengguna gadget yang mau tidak mau harus diterima.


Resiko keamanan cyber salah satunya. Teknologi canggih yang ada pada AI bisa menebak password dengan cepat dan akurat.


Dampak Negatif Dari Penggunaan Teknologi AI

Baru-baru ini Home Security Heroes merilis laporan yang menunjukkan betapa pintarnya generative AI dalam membobol password. Mereka menggunakan platform pembobol sandi PassGAN.


Baca juga :


Password Generative Adversarial Network dimanfaatkan untuk memproses lebih dari 15.6 juta kredensial dari kumpulan data Rockyou.


Hasil Membobol Password Dengan AI

Dengan AI terbaru, 51% password yang umum ditemukan bisa dipecahkan dalam waktu kurang dari satu menit, 65% kurang dari satu jam, 71% kurang dari satu hari dan 81% kurang dari satu bulan.


Metode baru seperti ini tentu membuat para pengguna internet di seluruh dunia jadi semakin khawatir terhadap keamanan akun miliknya.


Salah satu cara yang bisa digunakan agar password kalian tidak gampang ditebak AI adalah menggunakan kata sandi yang berisi setidaknya 12 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, serta simbol.


Selain memakai password yang kuat, Cara untuk mengamankan akun kalian, adalah dengan mengaktifkan 2FA dengan Google Authenticator.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan