KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Internet Indonesia Nomor 1 di Asia Tenggara, Dari Bawah Tapi

Kecepatan Internet Indonesia - Rasanya judul artikel yang Umahdroid buat sudah cukup menjelaskan situasinya. Negara kita tercinta, Indonesia akhirnya nyungsep menempati urutan terbawah soal jaringan internet.


Penyedia jasa layanan pengujian koneksi internet, Speedtest, baru-baru ini merilis Speedtest Global Index. Laporan terbaru tersebut memuat data kecepatan internet berbagai negara di seluruh dunia.


Salah satu tradisi mereka adalah membuat analisis dan rangking negara dengan internet paling kencang sampai negara dengan internet paling lambat.


Speedtest Indonesia Nomor Berapa Ya

Data yang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok, yakni koneksi berbasis mobile internet dan koneksi berbasis fixed broadband. Masing-masing memuat 3 data, yakni unduh, unggah, serta latensi.


FYI, Fixed broadband adalah internet kabel yang memanfaatkan jaringan fiber optik yang biasanya terhubung melalui LAN atau Wi-Fi.


Kecepatan Internet Mobile Indonesia Terbaru

Laporan Ookla pada Desember 2022 memperlihatkan Indonesia ada di paling rendah dibandingkan negara-negara tetangga dengan rata-rata kecepatan download internet mobile ada di angka 17,45 Mbps saja.


Baca juga :


Masih dari riset Global Index yang dilakukan Speedtest yang sama, kecepatan internet mobile Tanah Air ada di peringkat 110 dari 141 negara di dunia.


PERINGKAT MOBILE INTERNET

Brunei98,25 Mbps
Singapura79,58 Mbps
Malaysia43,46 Mbps
Vietnam42,07 Mbps
Thailand37,71 Mbps
Laos29,21 Mbps
Myanmar25,12 Mbps
Filipina35.03 Mbps
Kamboja20,01 Mbps
Indonesia17,57 Mbps

Brunei Darussalam menjadi negara yang paling ngebut di Asia Tenggara dengan nyaris tembus 100 Mbps. Skornya terpaut cukup jauh meninggalkan Singapura yang menempati posisi kedua.


Jika melihat dari laporan periode sebelumnya, posisi Indonesia tidak jauh berbeda. Kita ada di posisi bontot dengan internet yang segitu-gitu saja.


Secara hitung-hitungan, kecepatan internet negara yang menteri komunikasinya meminta rakyatnya agar menjaga NIK-nya sendiri ini 5.5x lipat lebih pelan dari Brunei. Suram, setengahnya saja bahkan tidak ada.


Itu saja yang bisa kita share soal internet speed. Selanjutnya kalian mungkin tertarik membaca tutorial setting APN Telkomsel ngebut Android.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • King Inter
    King Inter
    03 Februari
    • Kunjungi profil
    Pertahankan!!
    • King Inter
      Tiwo Satriatama
      04 Februari
      • Kunjungi profil
      Jangan kasih kendor
    Reply