KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Tanya Atau Komplain Paket ID Express Yang Bermasalah

Pengiriman ID Express - Layanan pengiriman paket sebenarnya bukan hal baru untuk Umahdroid. Tapi terus terang, kita baru tahu ekspedisi ini setelah memakai voucher gratis ongkir saat berbelanja di Shopee Indonesia.


Wajar saja, kita memang cukup jarang melakukan transaksi di toko oren karena berbagai alasan. Salah satunya adalah fitur website-nya yang sengaja "disunat" agar orang mau memasang aplikasinya.


Seperti Lazada, UI-nya berantakan, sistem filternya ngaco, ukuran bagong, dan performanya yang bikin ngelus dada membuat kita malas memakainya.


Pengiriman Barang Dengan ID Express

Jika tidak karena ada diskon atau kupon yang menarik, barangnya tidak ada di marketplace lain, mungkin kita tidak akan belanja di platform belanja daring yang diluncurkan di Singapura pada tahun 2015 ini.


Kembali ke topik. Sebelum kita masuk lebih dalam, kita ingin bagikan dulu sedikit tentang ekspedisi ID Express.


Mengenal Lebih Dekat Jasa Pengiriman ID Express

ID Express atau PT IDexpress Service Solution adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pengiriman di Indonesia sama seperti AnterAja, JNE, J&T, SiCepat, Pos Indonesia, Ninja Van, dst.


Baca juga :


Setelah kita telusuri lebih lanjut, mereka memang masih terbilang baru. ID Express baru berdiri pada tahun 2019 atau kurang / lebih baru 2 tahun.


Tidak hanya Shopee Indonesia, mereka juga menjalin kerjasama dengan marketplace lokal lain seperti BliBli dan Lazada. JadiJakalian yang suka belanja di platform tersebut mestinya tidak asing dengan IDE.


ID Express menawarkan dua service. Pertama ada Regular yang memerlukan layanan dengan estimasi sampai tujuan dari 2 sampai 10 hari.


Yang kedua ada Cargo, yakni layanan pengiriman yang ditujukan untuk kalian yang memerlukan layanan pengiriman dengan berat di atas 10kg yang murah, cepat, serta aman sampai ke tujuan.


Komplain Pengiriman ID Express Yang Bermasalah

Penerima pasti tidak sabar menunggu kedatangan paketnya apalagi isinya barang belanjaan yang dibeli secara online. Tapi di lapangan, kita tidak tahu jika ada kendala yang bisa terjadi pada proses pengiriman.


Sebagai contoh, paket hilang entah kemana, paket rusak pada saat diterima oleh penerima, atau paket ditahan kurir.


Itulah beberapa kendala pengiriman yang sering terjadi. Untuk itu penting sekali kita sebagai pelanggan mengetahui kontak ID Express yang bisa dihubungi untuk melacak paket bermasalah, komplain, jadi agen, dst.


#1 Call Center ID Express

Cara pertama kalian bisa menghubungi call center ID Express melalui nomor mereka di 0882000111000 akan ada customer service yang siap melayani semua keluhan pelanggan 24 jam.


Siapkan beberapa data pendukung yang nantinya pasti akan ditanyakan CS. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

  • Nama pengirim dan penerima

  • Nomor resi pengiriman

  • Alamat yang tertera pada paket

  • Nomor telepon yang bisa dihubungi

  • Permasalahan yang terjadi


Sampaikan keluhan setelah terhubung ke layanan pelanggan ID Express secara jelas dan runut untuk memudahkan mereka memproses dan mencarikan solusi atas komplain yang kita ajukan.


Nomor tersebut juga terdaftar di WhatsApp. Jadi kalian tidak perlu kawatir pulsa terpotong karena kontak dilakukan melalui jaringan internet.


#2 Kirim Pesan Live Chat

ID Express juga menyediakan fitur obrolan langsung yang bisa digunakan oleh para pelanggannya untuk menanyakan sesuatu, termasuk menyampaikan keluhan pada pengiriman paket.


Cara ini paling banyak digunakan karena selain gratis juga lebih cepat ditanggapi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka website resminya di idexpress.com

  • Perhatikan pada pojok kanan bawah

  • Tekan atau klik ikon pesan berwarna biru

  • Masukan nama, email, dan nomor kalian

  • Hantam Start Chatting untuk memulai


Ajukan keluhan setelah terhubung ke customer service ID Express secara jelas dan runut untuk memudahkan mereka memproses dan mencarikan solusi atas komplain yang diajukan oleh pihak pelanggan.


Tidak berbeda dengan metode sebelumnya, siapkan juga informasi pengiriman seperti tracking number yang disertakan saat mengirim barang.


#3 DM Via Sosial Media

Fungsi media sosial tidak melulu tentang konten joged,-joged unfaedah, flexing, promosi, share berita hoax, media sosial juga bisa digunakan untuk menyampaikan keluhan, kritik, atau saran.


Ada beberapa platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk menyampaikan komplain barang ID Express antara lain :

  • Facebook : facebook.com/idexpressofficial

  • Instagram : instagram.com/idexpress_official

  • Twitter : twitter.com/idexpress_care

  • TikTok : tiktok.com/@idexpress_official


Sampaikan keluhan kalian lewat fasilitas direct message pada platform social network yang kalian gunakan untuk terhubung ke customer service ID Express.


Karena lewat sosmed, kalian tentu harus sedikit bersabar karena respons yang diberikan biasanya sedikit lebih lama.


Metode terakhir yaitu dengan mendatangi kantor ID Express terdekat. Untuk komplain barang rusak, jangan lupa bawa bukti & persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan klaim ganti rugi seperti bukti video atau foto unboxing.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan