KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Setting APN Telkomsel Orbit Pro Untuk Kartu XL, Indosat, Tri, Dll

Setting APN Modem Telkomsel - Apakah kalian memiliki modem WiFi Telkomsel Orbit tapi ingin menggunakan kartu lain?. Jangan kawatir, hari ini Umahdroid akan bagikan langkah-langkah mengatur Access Point Name.


Tutorial ini disebut sebagai cara unlock Telkomsel Orbit di beberapa channel YouTube. Faktanya itu kurang tepat karena perangkat jaringan yang aslinya modem HKM-281 ini sudah unlock all operator dari pabrik.


Kondisi ini membuat Telkomsel Orbit cocok sebagai alternatif yang ingin pasang WiFi tapi lokasi belum ter-cover internet service provider berbasis fiber optik.


Ganti APN Telkomsel Orbit

IndiHome, FirstMedia, MyRepublic, dan Biznet, adalah beberapa contoh ISP yang kita maksud. Saat artikel ini ditulis, Telkomsel Orbit Pro dijual di harga 1juta'an. Tidak bisa dibilang murah memang (*).


Sekarang kita fokus ke bahasan utamanya saja untuk mengubah pengaturan koneksi internet pada salah satu varian modem Telkomsel Orbit.


Cara Tambah APN Modem Telkomsel Orbit Pro

Oh ya, panduan ini juga bisa kalian gunakan di Orbit Star Lite karena pada keduanya memang dari satu merek, jadi WebUI yang digunakan juga sama. Untuk Orbit Star 2, kalian bisa baca lewat link di bawah.


Baca juga :


Telkomsel menjual modem dari produsen China yang berbeda-beda. Ada Huawei, ZTE, HKM, ada juga Guangzhou Tozed KangweiIntelligent Technology.


Perusahaan tersebut memiliki software masing-masing. Meski pada dasarnya sama, tapi antarmuka dashboard mempengaruhi tata letak menu. Itu membuat setiap modem punya caranya masing-masing.


Sebelum kita mulai, silahkan PC Desktop / Laptop / HP / Tablet kalian ke WiFi modem Orbit. Begitu konek, lanjutkan dengan langkah berikut.


#1 Login ke WebUI Modem Orbit

Jalankan Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau browser lainnya. Ketik (copas juga boleh) IP 192.168.8.1 pada bilah alamat, terus tekan enter untuk membuka halaman panel modem.


IP Login Orbit Telkomsel

Masukan "admin" (tanpa tanda petik) pada kolom username dan password seperti gambar tangkapan layar di atas, kemudian klik Sign In untuk masuk.


Jika salah, kalian mungkin perlu mendapatkan kredensial login terlebih dahulu. Triknya sudah pernah kita terbitkan beberapa waktu yang lalu. Jadi silahkan merapat saja ke posting cara mengetahui password Orbit.


#2 Memulai Pengaturan Jaringan

Oke, kita anggap kalian sudah berhasil masuk ke panel admin. Langkah selanjutnya, klik menu Internet yang ada di bagian atas halaman, terus pilih menu APN Management yang ada pada bilah samping kiri halaman.


Setting APN Modem Orbit Telkomsel

Jangan berlama-lama, pilih menu New APN Profile. Setelah muncul tampilan seperti screenshot di atas, silahkan isi dengan data berikut :


APN Profile Name : internet
APN Name : internet
User Name : (kosongkan)
Password : (kosongkan)
IP Type : IPV4/V6
Authtype : NONE

Klik tombol OK untuk menyimpan config yang sudah kalian isi. Jika muncul pesan Add APN Profile successfully! berarti sudah berhasil. Sekarang tiba waktunya untuk mengaktifkan konfigurasi tersebut.


Hantam menu dropdown yang ada tepat di bawah tabel tersebut, kemudian atur ke internet. Jika opsinya tidak / belum muncul, coba refresh halamannya.


Konfigurasi ini bisa digunakan untuk segala jenis kartu operator seluler Indonesia, mulai dari Simpati, AS, By.U, XL, Indosat Ooredoo (termasuk IM3/Mentari), Tri, Smartfren, sampai dengan kartu digital XL Live.On.

6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Aliana911
    Aliana911
    13 Desember
    • Kunjungi profil
    saya pake kartu xl mas
    • Aliana911
      Tiwo Satriatama
      13 Desember
      • Kunjungi profil
      Pertanyaannya sudah dijawab di komentar satunya ya
    Reply
  • Aliana911
    Aliana911
    13 Desember
    • Kunjungi profil
    selamat sore mas, saya memakai orbit star G1, saya ikuti cara yg di atas, saya tidak paham di "hantam menu dropdown", saya tidak melihat tulisan itu di menu orbit saya mas, saya mau screnshot tpi gak bisa kirim gambar ya mas di sini
    • Aliana911
      Tiwo Satriatama
      13 Desember
      • Kunjungi profil
      Halo, selamat sore Mas/Mba Aliana
      Hantam = Klik. Maaf kalo membingungkan :D
      Menu dropdown itu yang kotak yang ada anak panah ke bawah
    Reply
  • a
    a
    11 Februari
    • Kunjungi profil
    Saya sudah ikuti langkah"nya. Tetap tidak bisa. No internet acces. Bagaimana ya?
    • a
      Tiwo Satriatama
      13 Februari
      • Kunjungi profil
      Pakai kartu apa?
    Reply