KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Install AnyDesk di Ubuntu, Linux Mint, dan Keturunannya

Aplikasi AnyDesk Linux - Untuk yang belum tahu, AnyDesk adalah aplikasi remote desktop untuk iOS dan Android. Ia juga tersedia untuk Chrome OS, Raspberry Pi, Windows, Free BSD, macOS, dan distro Linux.


Dengan tool ini, kita bisa dengan mudah mengontrol komputer lain dari jarak atau memberikan komputer lain ijin agar dapat mengendalikan komputer kita. Tenang, tidak semua orang bisa mengaksesnya.


Pengguna harus memberikan kata sandi sebagai autentikasi untuk koneksi yang masuk sebelum kedua perangkat tersebut saling terhubung.


Menggunakan AnyDesk di Linux

Pernah memakai TeamViewer?. AnyDesk punya fungsi yang sama. Software ini bisa sangat membantu seseorang. Misal, saat seseorang sedang WFH dan ingin mengakses PC di kantornya.


Di artikel ini, Umahdroid akan menunjukan perintah apa saja yang digunakan untuk menginstal AnyDesk di sistem Ubuntu.


Tutorial Gampang Pasang AnyDesk di Linux

Seperti yang sudah kita singgung pada paragraf pertama di atas, AnyDesk tersedia untuk sistem operasi berbasis penguin. Ia mendukung Debian, Fedora, openSUSE, CentOS, hingga RedHat Enterprise Linux (RHELL).


Baca juga :


Itu artinya, tutorial ini bisa digunakan di distro turunannya seperti Ubuntu, Linux Mint, elementary OS, Zorin OS, Pop!_OS, KDE Neon, dan seterusnya.


Langkah Install AnyDesk di Ubuntu

Kita memiliki beberapa cara untuk memasang perangkat lunak gratis dengan logo "dua wajik" berwarna merah ini. Masing-masing adalah Command Line Interface (CLI) dan Graphical User Interface (GUI).


Untuk kali ini, kita akan gunakan opsi pertama saja karena lebih simpel dan lebih cepat ketimbang harus klak-klik klak-klik dengan mouse.


wget -qO - https://keys.anydesk.com/repos/DEB-GPG-KEY | sudo apt-key add -
echo "deb http://deb.anydesk.com/ all main" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/anydesk-stable.list
sudo apt update
sudo apt install anydesk

Perintah pertama dipakai untuk download kunci GPG dari repository AnyDesk dan menambahkannya ke kunci tepercaya sistem, kedua untuk menambahkan repo, ketiga untuk memperbarui paket cache, terakhir untuk install package.


Setelah itu kalian bisa menjalankannya lewat app launcher atau bisa langsung dengan mengetikan anydesk via Terminal.


AnyDesk menambahkan dirinya ke startup application, sehingga akan langsung berjalan ketika sistem booting. Untuk mematikannya, kalian bisa disable dengan perintah sudo systemctl disable anydesk.service


Untuk kalian yang tidak ingin menambah repositori, kalian bisa mengunduh paket deb-nya lewat link yang Umahdroid sediakan di bawah. Selamat mencoba!.


Download AnyDesk Linux

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • xface2
    xface2
    26 April
    • Kunjungi profil
    ketimbang pakai teamviewer saya lebih suka menggunakan anydesk
    • xface2
      Tiwo Satriatama
      26 April
      • Kunjungi profil
      Ada alasan khusus kah?
    Reply