KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Pengalaman Memperpanjang SIM Online, Bisa Sambil Tiduran

Memperpanjang SIM Online - Jadi ceritanya begini, bulan depan masa berlaku SIM C kita habis. Sesuai peraturan baru, jika tidak diurus sampai melebihi tanggal berlaku, maka SIM akan hangus dan mesti membuat SIM baru.


Tes tertulis lagi, tes praktek lagi, panas-panasan lagi. Belum lagi tes kesehatan yang sebenarnya hanya ukur tinggi, berat, terus ditanya "Ini huruf apa mas / mba?. Ya terimakasih, biayanya (dulu sekitar) Rp 40.000".


Aturan baru sekarang ditambah dengan tes psikologi yang kalau ketemu calo akan ditakut-takuti tesnya susah.


Tata Cara Perpanjang SIM Online Terbaru

Dan jangan lupakan proses ngantrinya itu loh. Karena alasan tersebut, rencana untuk perpanjang SIM offline (termasuk lewat mobile SIM keliling) kita batalkan dan kita putuskan mengalihkannya sistem dalam jaringan.


Prosesnya ternyata mudah. Enaknya, kita bisa melakukannya sambil tiduran, ngerokok, ngemil, atau duduk santai di teras.


Pasang dan Registrasi Aplikasi Digital Korlantas

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menginstal aplikasi Digital Korlantas. Kalian bisa men-download aplikasinya lewat Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS (iPhone).


Baca juga :


Setelah itu registrasi dan login menggunakan nomor HP. Pastikan juga kalian memiliki pulsa karena saat request OTP dikenakan tarif Rp 2.200.


Digital Korlantas Polri Tidak Bisa Login

Tahap ini cukup menyebalkan karena Digital Korlantas Polri tidak bisa login setelah mengirim SMS ke 99333. Ini terjadi selama berhari-hari. Kirim - no respon, kirim - no respon, kirim - no respon.


Lucunya, setelah iseng mencoba memasukan format dengan awalan 0 di aplikasi Digital Korlantas, misal 08123456789, OTP langsung masuk.


Tampilan Aplikasi SIM Online Polri 2022

Jika tips tersebut tidak membuahkan hasil, coba hubungi customer service Pak Polisi dengan mengirim surat elektronik ke info@digitalkorlantas.id atau bisa juga lewat akun Instagram resmi mereka.


Ada kemungkinan kalian diminta menghubungi operator seluler. Apapun itu, semoga masalahnya bisa diselesaikan tanpa lama menunggu.


Mengajukan Perpanjang SIM Online via Aplikasi

Setelah sukses login ke aplikasi, selanjutnya kita akan diminta melengkapi data diri (Nama, NIK, Email). Isi semua data yang ada sampai statusnya centang yang berarti berhasil diverifikasi.


Jika sudah, sekarang kita kembali ke halaman utama aplikasi Digital Korlantas, buka menu SIM > Perpanjang SIM > Lanjutkan.


Perpanjang SIM Online Digital Korlantas

Di halaman registrasi identitas, isi syarat data golongan SIM A atau SIM C, nomor SIM, terus unggah foto e-KTP, SIM lama, tanda tangan di atas kertas putih, serta pas foto dengan latar belakang biru.


Kalian bisa melakukannya dengan Photoshop, GIMP, atau aplikasi editing lainnya. Alternatif lain bisa langsung foto di tembok maupun kain berwarna biru.


Syarat Perpanjang SIM Online Luar Daerah

Formatnya gambarnya standar, jpg, jpeg, atau png. Pengalaman kita kemarin ukurannya tidak perlu di-resize ke 480x640 pixel sesuai yang tertulis di formulir input, langsung upload saja beres.


Oh ya, jangan lupa cek ulang untuk memastikan data sudah terinput dengan benar sebelum menekan tombol Lanjut yang ada di pojok kanan atas.


Tes Kesehatan Serta Tes Psikologi SIM Online

Sedikit trik untuk uji RIKKES jasmani, pilih lokasi yang tidak ada nama dokternya. Jika tidak, kalian akan diminta datang. Padahal orang memilih online karena tidak mau offline, ini malah diminta tatap muka. Lucu kan?.


Baca juga :


Dengan trik itu, kalian hanya cukup dengan menjawab pertanyaan di web e-RIKKES SIM yang jawabannya hanya 2, Ya dan Tidak. NO PAY alias GRATISSS.


Tes Kesehatan SIM Online Apa Harus Datang

Kita baru mengeluarkan uang saat akan menjalani tes kedua. Sebelum menjalani tes psikologi, pemohon wajib membeli voucher di ePPsi SIM. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 37.500.


Soal tes psikologi SIM online ada 110. Seratus soal yang perlu dijawab setuju / tidak setuju, sepuluh soal konsentrasi dalam bentuk tabel angka.


Tes Psikotes EPPSI Online Perpanjang SIM

Seperti kebayakan ujian yang mungkin pernah kalian ikuti, Ia juga menggunakan sistem waktu, tapi tidak perlu takut, soalnya gampang. Modal "nyak-nyuk nyak-nyuk" layar smartphone sambil ngopi juga lulus.


Begitu lulus RIKKES Jasmani dan tes psikologi, aplikasi Digital Korlantas akan otomatis memunculkan centang biru seperti gambar screenshot berikut.


Biaya Tes Kesehatan dan Psikologi SIM Online

Untuk informasi tambahan saja, baik e-RIKKES maupun ePPsi membutuhkan akun. Jadi untuk kalian belum memiliki akun nanti akan diminta mendaftar. Langkahnya tidak perlu dijelaskan karena standar registrasi.


Oh ya satu lagi, kedua tes tersebut kita jalankan di browser. Praktis, tidak perlu pasang aplikasi tambahan lagi.


Lokasi SATPAS, No Rekening, dan Pengiriman

Syarat perpanjang SIM yang sifatnya krusial sudah beres, tinggal lanjut ke proses selanjutnya. Sesuai aplikasi, sekarang waktunya mengisi lokasi SATPAS, rekening pengembalian, serta pengambilan atau pengiriman paket.


Rekening pengembalian adalah rekening yang digunakan untuk menerima refund dana jika pengajuan kalian ditolak.


Berapa Biaya Perpanjang SIM C Online

Singkat cerita, tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Seperti kalian pada tangkapan layar di atas, biaya perpanjang SIM C online dalam kasus kita adalah Rp 107.501.


Rinciannya PNBP SIM C Rp 75.000, biaya layanan Rp 10.000, biaya pengiriman Rp 22.501, dan terakhir PPN Rp 0.


Proses Pengiriman SIM Online Berapa Lama

Pak Polisi membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk memproses permintaan kita. Jadi dalam waktu itu, statusnya akan tetap "dibayar" yang berarti juga kita belum bisa melihat tracking number aka nomor resi.


Jika permintaan perpanjangan disetujui, SIM akan dipaketkan lewat POS Indonesia. Kasus kita kemarin 2 hari sampai alamat ke tujuan.


Itu saja yang bisa kita bagikan tentang memperpanjang SIM secara daring. Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau bagian yang kurang jelas. Terimakasih sudah mampir ke Umahdroid.


Download Digital Korlantas
iOS App Store | Google Play Store

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Okky
    Okky
    19 April
    • Kunjungi profil
    Nyumbang lokasi satpas gan
    - Dirlantas Daan Mogot
    - Polres Depok Margonda
    - Polres Jombang
    - Polres Denpasar
    - Polrestabes Medan
    - Polresta Padang
    - Polresta Bengkulu
    - Polresta Palembang
    - Polersta Serang
    - Polres Tangerang Selatan
    - Polresta Bandung
    - Polres Banyumas
    - Polresta Surakarta
    - Polresta Kebumen
    - Polrestabes Semarang
    - Polrestabes Surabaya
    - Polresta Banyuwangi
    - Polres Tulungagung
    - Polresta Mataram
    - Polres Kupang Kota
    - Polresta Pontianak Kota
    - Polrestabes Makassar
    - Polres Kendari
    - Polres Gorontalo Kota
    - Polresta Jambi
    - Polresta Pekanbaru
    - Polresta Barelang
    - Polresta Bandar Lampung
    - Polres Metro Tangerang Kota
    - Polres Metro Bekasi Kota
    - Polres Metro Bekas
    - Polrestabes Bandung
    - Polresta Bogor Kota
    - Polres Karawang
    - Polres Tasikmalaya Kota
    - Polres Pemalang
    - Polresta Yogyakarta
    - Polresta Sidoarjo
    - Polres Gresik
    - Polres Malang
    - Polres Jembrana Bali
    - Polresta Banjarmasin
    - Polresta Palangka Raya
    - Polresta Balikpapan
    - Polresta Samarinda
    - Polres Bunungan
    - Polresta Mamuju
    - Polres Palu
    - Polresta Manado
    - Polresta Ambon
    - Polres Ternate
    - Polresta Jayapura Kota
    - Polres Sorong Kota
    - Polres Pangkal Pinang
    • Okky
      Tiwo Satriatama
      19 April
      • Kunjungi profil
      Wih, sip lah. Makasih banyak om #jempol
    Reply