KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

8 Aplikasi Open Source Android Yang Selalu Mimin Pakai di HP

Aplikasi Open Source Gratis - Untuk desktop, urusan desain grafis kita pakai GIMP dan Inkscape, email client kita pakai Thunderbird, browser kita pakai Firefox dan Chromium, audio & video editor kita pakai Audacity dan Blender.


Perangkat lunak bebas merdeka tersebut kita pasang dan jalankan di atas salah satu sistem operasi berbasis Linux. Sebenarnya masih banyak lagi free open source software yang selalu kita pakai di PC / Laptop.


Tapi itu tidak akan kita bahas panjang lebar. Posting ini kita khususkan untuk platform Android saja.


Aplikasi Open Source Gratis Android

Semoga dengan terbitnya artikel ini bisa sedikit-banyak membantu pengguna Android di Indonesia yang memang sedang mencari aplikasi FOSS untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup di era digital seperti sekarang.


Open source ≠ gratis. Tapi tidak perlu kawatir, seluruh aplikasi yang akan Umahdroid share bisa dipasang secara bebas kok.


#1 Browser / Peramban

Kita mulai dari yang pertama. Peramban merupakan aplikasi wajib yang pasti akan selalu digunakan untuk browsing. Ponsel berbasis Android sebenarnya sudah dibekali dengan Google Chrome.


Sayangnya (selain bukan FOSS), Google banyak melakukan perubahan user interface yang justru membuat kita semakin malas menggunakannya.


Mozilla Firefox Android

Mulai dari suggested content berisi berita-berita click-bait yang sekarang tidak bisa dihilangkan dari homepage, hingga grid-layout dan group tab yang "menghancurkan" User Experience (UX).


Untungnya ada Firefox, sebuah browser populer dari Mozilla yang bisa diandalkan untuk mencari informasi di internet.


#2 Pemutar Audio / Video

Aplikasi video player biasanya sudah dipaketkan bersama stock Gallery oleh OEM. Tapi, fitur kebanyakan pemutar video bawaan ponsel / tablet kurang greget. Untuk itu, kita pilih VLC.


VLC Media Player Android

Sama seperti versi desktop-nya, VLC Media Player sangat mempuni untuk menangani berbagai jenis format berkas multimedia baik video maupun audio.


Ini membuat aplikasi yang websitenya beralamat di videolan.org ini sangat untuk pengguna yang suka nonton film di gadget. Kalian bisa langsung download dan install lewat Google Play Store dan Amazon Fire.


#3 Download Manager

Manajer pengunduh banyak dibutuhkan terutama untuk yang suka download anime, film, software, atau berkas digital lainnya. LibreTorrent kita pilih untuk menangani download torrent di Android.


Pengganti IDM HP Android

Sedangkan untuk download file biasa kita serahkan kepada Download Navi. Boleh dibilang Ia seperti Internet Download Manager (IDM) untuk Android.


DN mendukung pause and resume downloads, multi part downloading, calculate hash value (MD5 & SHA-256), simultaneous downloads, and various automatic actions after finishing download.


#4 Networking Tools

Untuk perkakas jaringan, kita pilih RethinkDNS. Aplikasi ini sering kita gunakan untuk melilhat trafik data dan block aplikasi tertentu agar tidak terhubung dengan jaringan internet baik mobile data maupun WiFi.


Aplikasi Firewall Android

Ia juga dibekali dengan fitur DNS over HTTPS yang bisa kalian pakai untuk bypass website yang diblokir oleh operator dan pemerintah.


Perlu diketahui, RethinkDNS masih dalam tahap beta, jadi expect bugs. Jika tools serupa tapi sudah lebih stabil, kalian bisa mencoba NetGuard- no-root firewall. Lebih suka VPN?. Pilih ProtonVPN.


#5 Aplikasi Messaging

Telegram memang open source, tapi hanya di sisi client saja. Kode sumber untuk server mereka ditutup. Disini kita memilih Signal Private Messenger sebagai aplikasi pesan instan untuk komunikasi sehari-hari.


Menggunakan Signal App Android

Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, aplikasi Signal sekarang sudah sangat "mapan" untuk chatting dan calling personal maupun grup.


End to end encryption, tidak "memanen" metadata, dioperasikan oleh organisasi non-profit, tampilan sederhana dan mudah dipahami (bahkan untuk orang awam), support multi device, serta cross-platform.


#7 Hiburan dan Berita

Situs web hiburan Reddit dan juga berita dimana pengunjung bisa berkontribusi dalam bentuk posting pranala / teks yang termasuk dalam situs diblokir pemerintah ini lebih kita pilih ketimbang sosial media seperti Instagram.


Infinity Best Reddit Client

Anggap saja Reddit ini Kaskus, tapi dalam skala global. Untuk browsing situs , kita menggunakan Infinity for Reddit.


Gratis, open source, tanpa iklan, dan fiturnya yang seabreg membuat kita betah memakainya. Infinity juga bisa langsung kalian pasang lewat toko aplikasi Google Play Store dan F-droid.


#6 Game Untuk Hiburan

Beralih ke dunia hiburan, kita pilih Lemuroid untuk main game Nintendo, sedangkan native, kita suka SuperTuxKart. Game open source yang awalnya dirilis untuk distribusi Linux ini cukup berfaedah untuk mengisi kegabutan.


SuperTuxKart Racing Android

Masih ingat dengan Crash Team Racing (CTR ) pada console PS?. SuperTuxKart punya konsep yang serupa.


SuperTuxKart adalah sebuah permainan balap 3D. Karakternya diambil dari maskot proyek open source. Selain Tux, ada Adiumy, Beastie, Emule, Hexley, Pidgin, Suzanne, Wilber, Gnu, Konqi, Nolok, Puffy, dst.


#8 Alat Produktivitas

Masuk ke bagian akhir artikel, aplikasi notes Android untuk menunjang produktivas, kita pilih Simplenotes Standard Notes. Aplikasi ini merupakan aplikasi lintas platform. Ia juga tersedia untuk Linux, MacOS, dan Windows.


Simplenote Android

Catatan yang dibuat di Standard Notes tentu saja lebih aman dengan adanya end-to-end encryption secara default alias out of the box.


Lain halnya dengan Simplenotes yang sebelumnya sempat kita pakai yang tidak terenkripsi. Dengan SN, kita jauh lebih nyaman saat menulis catatan-catatan yang cukup sensitif seperti email.


Selanjutnya, agar smartphone dan PC / laptop saling terhubung, kita gunakan KDE Connect dan FTP Server untuk sharing file.

12 komentar

12 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Jhahahehe
    Jhahahehe
    24 April
    • Kunjungi profil
    mantul infonya
    • Jhahahehe
      Tiwo Satriatama
      25 April
      • Kunjungi profil
      Sama-sama. Senang mendengarnya :)
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    04 April
    • Kunjungi profil
    Mantabz
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      04 April
      • Kunjungi profil
      Senang mendengarnya :D
    Reply
  • Bugatti
    Bugatti
    17 Maret
    • Kunjungi profil
    Ikutan nyumbang om

    Gambar bebas -> Simple Draw
    VPN -> Mullvad
    Komunikasi -> Signal + Telegram FOSS
    Scanner -> QR & Barcode Scanner
    Pencatat -> Notally
    Buat meme -> MemeTastic
    • Bugatti
      Tiwo Satriatama
      23 Maret
      • Kunjungi profil
      Wah terimakasih banyak tambahannya. Semoga bermanfaat buat yang lain :D
    Reply
  • Mita
    Mita
    10 Februari
    • Kunjungi profil
    judulnya 8, isinya lebih dr 8 app,, hha
    • Mita
      Tiwo Satriatama
      11 Februari
      • Kunjungi profil
      Wkwkwk
    Reply
  • Janperson
    Janperson
    07 Februari
    • Kunjungi profil
    Gan.. apknya gratis ndak?
    • Janperson
      Tiwo Satriatama
      07 Februari
      • Kunjungi profil
      Alhamdulillah gratis :D
    Reply
  • Unkown
    Unkown
    27 Januari
    • Kunjungi profil
    Superb share
    • Unkown
      Tiwo Satriatama
      07 Februari
      • Kunjungi profil
      Sip
    Reply