KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Install Blender di Linux dan Windows Dalam Satu Menit Saja

Panduan Instal Blender - Apakah kalian sedang mencari aplikasi 3D gratis untuk PC desktop / laptop kesayangan kalian?. Mungkin aplikasi yang akan kita share ini bisa dipertimbangkan. Yap, hari ini kita akan berbagi tutorial instalasi Blender.

Sebenarnya ada beberapa software 3D modeling populer lain yang eksis, serperti Unity, Cinema 4D, Pixologic : ZBrush, Modo, Adobe Dimension, sampai dengan 3Ds Max Design dan Maya milik Autodesk.

Tapi karena alasan tertentu, itu tidak kita bahas sekarang.

Cara Install Blender Terbaru di Laptop

"Tak kenal maka tak sayang". Pepatah ini selalu digunakan oleh Guru, Dosen, dan anak kuliahan yang sedang PPL di sekolah. Jadi sebelum kita masuk ke langkah instalasi Blender, alangkah baiknya kita berkenalan dulu.

Mengenal Apa itu Software Blender

Blender adalah free open-source 3D computer graphics software. Sesuai namanya, Ia dapat digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi interaktif 3D, virtual reality, sampai game.

Baca juga :

Kalian bisa download (no trial, crack, patch, serial, keygen) lewat website resminya. Jadi tidak perlu cari Blender full version blablabla.

Tampilan Awal Program Blender di Komputer

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh Blender Foundation yang belum lama ini mendapat donasi dari Microsoft ini merupakan aplikasi cross-platform. Ia tersedia untuk sistem operasi berbasis Linux, Mac OS X, serta Windows.

Jadi jika kalian mencari cara instal Blender di Android jelas tidak bisa, karena memang ini software desktop, bukan mobile.

Satu hal masih banyak orang tidak tahu dan menurut cukup menarik disini adalah adanya Visual Sequence Editor (VSE). Fitur ini bisa kita pakai untuk edit video di Blender.

Persyaratan Sistem Blender Terbaru

Sekarang kita masuk ke bagian kedua, yakni soal system requirements. Ini sangat penting diperhatikan sebelum masuk ke tahap instalasi. Langsung saja, berikut daftar spek laptop menjalankan Blender.

#1 Spesifikasi Minimal

  • 64-bit dual core 2Ghz CPU
  • 4 GB of RAM
  • 1280 × 768 display
  • Mouse, trackpad or pen+tablet
  • Graphics card with 1 GB RAM

#2 Spesifikasi Rekomendasi

  • 64-bit quad core CPU
  • 16 GB of RAM
  • Full HD (1920 x 1080) display
  • Three button mouse or pen+tablet
  • Graphics card with 4 GB RAM

#3 Spesifikasi Optimal

  • 64-bit eight core CPU
  • 32 GB of RAM
  • Full HD (1920 x 1080) display
  • Three button mouse and pen+tablet
  • Graphics card with +12 GB RAM

#4 Dukungan Graphics Card

  • NVIDIA : GeForce 400, Quadro, Tesla, and newer
  • AMD : GCN 1st gen and newer
  • Intel : Haswell and newer
  • Mac OS : version 10.12 or newer

Jika kalian memakai Ubuntu Linux Mint, Elementary OS, dan distro turunannya lainnya dengan grafis buatan kubu hijau, silahkan merapat ke cara install driver VGA NVIDIA di Ubuntu.

Oh ya untuk tambahan saja, spesifikasi minimal Blender 2.90 untuk Mac OS kedepannya membutuhkan versi 10.13 High Sierra atau diatasnya.

Memasang Blender di Windows 7 / 8 / 10

Tahap instalasi Blender sebenarnya sangat mudah. Hanya dengan beberapa kalia klik saja kita sudah bisa menikmati software 3D gratis yang juga banyak dipakai oleh banyak studio game besar.

Download Blender Versi Terbaru Untuk Windows

Pertama, kalian bisa download paketnya lewat website resminya. Link sudah kita sedikan di bawah artikel, jadi silahkan scroll saja.

Baca juga :

Ukurannya lumayan kecil, yakni 135MB untuk installer dan 156MB untuk versi portable. Pilih sesuai kebutuhan saja.

Setelah terunduh, silahkan klik 2x pada file tersebut (misal, blender-2.90.0-windows64.msi), lalu klik tombol Next, I accept the terms in the License Agreement, Next, Next, Install, Finish.

Proses Instal Blender di Windows 10

Kekurangan dari metode ini adalah tidak mendukung update. Artinya jika ada versi lebih baru muncul, kita harus download ulang.

Untuk itu, kalian bisa menginstal Blender dari Microsoft Store. Sebenarnya kita juga bisa pasang lewat Steam Client. Tapi menurut kita buang-buang resource, karena Steam running di background.

Memasang Blender di Ubuntu & Linux Mint

Sekarang giliran Penguin Warrior. Disini kita memiliki beberapa metode untuk memasang Blender di Linux. Karena paketnya sudah ada di repository standar, kalian bisa langsung buka Terminal dan menjalankan perintah berikut :

sudo add-apt-repository universe
sudo apt update
sudo apt install blender

Masalahnya, versi tersebut biasanya lebih lawas. Kita tidak akan mendapatkan versi yang lebih baru jika ada update. Terus bagaimana cara instal Blender terbaru?.

Cara Instal Blender di Ubuntu dan Linux Mint

Mudah saja, pertama, kalian bisa download paket .tar.xz (langkahnya yang sama seperti Windows di atas) > ekstrak hasil "sedotan" > double click file blender seperti gambar di atas.

Baca juga :

Taraaaa, free 3D software sudah bisa dinikmati. Cepat, mudah, praktis, karena tidak perlu instalasi.

Eits, tunggu dulu. Masalah tidak kebagian update juga akan kita alami jika kita memakai dua metode tersebut. Untuk itu, kalian bisa menggunakan snap atau PPA. Jadi ketika ada Blender terbaru rilis, kita tidak perlu mengunduh ulang.

#1 PPA Repository

Perlu kita sampaikan, paket pada PPA hanya mendukung Ubuntu 18.04 LTS dan 20.04 LTS saja. Jadi jika kalian memakai versi dibawahnya (misal Ubuntu 16.04 LTS), silahkan skip ke metode kedua.

Seperti biasa, buka Terminal (Ctrl+Alt+T), lalu jalankan :

sudo add-apt-repository ppa:thomas-schiex/blender
sudo apt install blender

Kedua perintah tersebut akan otomatis mengunduh dan menginstal Blender di Ubuntu kalian via PPA Repository dan jika sudah ada versi lawas, maka akan di-upgrade ke versi terbaru.

#2 Snap Package

Metode kedua pada dasarnya bisa digunakan di semua distribusi Linux. Berhubung yang sedang kita bahas adalah Ubuntu, maka tidak ada konfigurasi tambahan Ini karena snapd sudah terpasang secara default aka out of the box.

Buka Terminal (Ctrl+Alt+T), lalu ketik, dan jalankan :

sudo snap install blender

Setelah selesai, kalian bisa langsung menjalankannya lewat Unity Dash, App Launcher, Synapse, Albert, Slingshot, atau peluncur aplikasi lainnya.

Mudah bukan cara menginstal Blender di laptop dengan Windows dan Linux Ubuntu, Mint, Elementary, Pop! OS, Kali Linux, dll?. Jika ada yang bingung, silahkan tanyakan via kolom komentar. Terimakasih!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan