KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Menginstal Davinci Resolve di Ubuntu, Pro Level Video Editor

Install Davinci Resolve Linux - Apakah kalian sedang mencari aplikasi edit video PC terbaik tanpa watermark, powerful seperti Adobe Premiere Pro tapi gratis (legal), dan berjalan secara native di Linux?. Davinci Resolve jawabannya.

Yap, BlackMagicDesign merilis professional video editor tersebut sebagai software cross-platform. Ia tersedia untuk sistem operasi mayor, meliputi Microsoft Windows, Mac OS, dan Linux.

Untuk versinya sendiri ada 2 macam, yakni standard dan studio.

Davinci Resolve Gratis Untuk Linux

Versi reguler atau juga sering disebut dengan Lite merupakan edisi free. Sebaliknya, Davinci Resolve Studio merupakan edisi full version yang mana itu berbayar. Harganya 300 USD, tapi masuk Indonesia jadi Rp.6.000.000-an. Sad!.

Kenalan dengan Davinci Resolve

Davinci Resolve adalah non-linear (NLE) video editing software yang mencakup alat untuk mengedit, efek visual, motion graphics, color grading / correction, serta audio post production.

Baca juga :

Perangkat lunak yang awalnya dikembangkan oleh da Vinci Systems ini banyak dipakai dalam industri film dunia seperti Hollywood.


Untuk informasi saja, meski dapat di-download secara bebas tanpa cr4ck / patch, tapi Davinci Resolve 16 bukan free open source software. Gratis ≠ Open Source. Ini juga berlaku sebaliknya, Open Source ≠ Gratis.

Davinci Resolve Linux dirilis pada 2017, atau tepatnya v12.5.5. Saat artikel ini ditulis, 16.2 merupakan versi terbaru.

Kenapa Menggunakan Davinci Resolve

Lah kan di Linux ada Kdenlive, OpenShot, Shotcut, Flowblade, Blender, Cinelerra, VidCutter, dll, kenapa Davinci Resolve?. Menurut kita (opini pribadi), DR ada di level yang berbeda.

Blender juga bagus, tapi software 3D modeling yang baru saja mendapat donasi dari Microsoft ini tidak untuk semua orang.

Cara Edit Video Dengan Blender Terbaru

Resolve sendiri sedang naik daun beberapa tahun terakhir. Selain lebih reliable, banyak pengguna mulai migrasi dari Premiere Pro CC karena mulai tidak tahan dengan sistem subscription yang diterapkan Adobe.

Baca juga :

Lain halnya dengan BMD yang memakai sistem perpetual license. Sekali beli, kita akan dapat update / upgrade tanpa dipalak lagi.

Intinya begini, jika kalian suka dengan aplikasi tentu, maka pakai saja (asal dengan cara yang legal). Sebaiknya, jika tidak suka, tinggalkan. As simple as that. Udah gitu aja.

Persiapan Install Davinci Resolve Ubuntu

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebeluma memasang Davinci Resolve di Debian, Ubuntu 16.04 LTS, 18.04 LTS, 20.04 LTS, dan turunannya seperti Linux Mint, Pop! OS, Elementary OS, KDE Neon.

Pada dasarnya kita membutuhkan 3 bahan utama. Ada sih dependensi yang dibutuhkan, tapi itu nanti kita gabung ke eksekusi saja.

#1 Graphics Card Drivers

Persyaratan sistem yang pertama adalah kalian wajib install driver NVIDIA Linux karena software ini sangat bergantung pada GPU ketimbang CPU.

Driver Nvidia Linux Ubuntu Terbaru

Ada laporan pengguna jika AMD juga bisa, tapi terus terang saja, kita belum pernah mencobanya karena kita tidak memiliki VGA dari kubu merah.

#2 Davinci Resolve Linux

Selanjutnya jelas kita butuh file installer Davinci Resolve Linux. Kalian bisa menuju website resminya, klik download, isi formulir, terus download arsip zip.

Download Davinci Resolve Gratis

Tenang saja, tidak ada kolom mengisi kartu setan aka credit card. Tautannya kita letakan di bawah artikel, jadi silahkan scroll saja ke bawah.

#3 Script MakeResolveDeb

BlackMagicDesign sebenarnya hanya mendukung CentOS saja. Tapi bukan berarti pengguna distro Linux keren lain tidak bisa memasangnya.

Download Script Make Resolve Deb

Untungya ada script Daniel Tufvesson untuk convert installer ke deb package, sehingga add and remove program menjadi jauh lebih mudah.

Memasang Davinci Resolve di Ubuntu

Setelah semua bahan terpenuhi, mari kita lanjutkan ke hidangan utama. Silahkan extract file (misal, DaVinci Resolve 16.2 Linux.zip dan makeresolvedeb 16.2.4-1.sh.tar.gz) yang sudah diunduh pada langkah sebelumnya.

Baca juga :

Pindahkan script bash makeresolvedeb_16.2.4-1.sh ke dalam folder hasil extract DaVinci_Resolve_16.2_Linux, sehingga hasilnya seperti ini :

Davinci Resolve dan Make Resolve Deb Extracted

Sekarang kalian memiliki 3 berkas dalam satu direktori. Klik kanan di area kosong, pilih Open in Terminal, lalu jalankan perintah berikut :

sudo apt install libssl1.1 ocl-icd-opencl-dev fakeroot xorriso
./makeresolvedeb*.sh DaVinci_Resolve_*_Linux.run

Kita menggunakan tanda bintang (*) karena ada kemungkinan ada perbedaan script dan versi Davinci Resolve yang kalian download dengan yang kita pakai.

Keterangan :
  • Baris 1 : Memasang dependensi
  • Baris 2 : Mengubah .run jadi .deb

Tunggu pembuatan Davinci Resolve deb package selesai. Karena ukurannya cukup besar, jadi lumayan lama memang waktunya.

Cara Install Davinci Resolve di Ubuntu

Pastikan tidak ada kesalahan (ditandai dengan tulisan [DONE] errors reported 0). Setelah itu kita bisa memasang Davinci Resolve di Linux menggunakan dpkg atau gdebi untuk yang suka GUI :

sudo dpkg -i davinci-resolve_*.deb

Begitu selesai, kalian bisa membukanya lewat Unity dash, App launcher, Synapse, Albert Spotlight, atau peluncur aplikasi lainnya.

Editing Video Dengan Davinci Resolve di Ubuntu

Detail proses dari awal sampai akhirnya bisa dilihat melalui video yang sudah kita upload ke kanal YouTube kita di atas.

Jangan sungkan untuk menyampaikannya via kolom komentar di bawah jika masih ada bagian yang bingung. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan berkah!.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    28 Agustus
    • Kunjungi profil
    saya mau tanya,untuk yang nvidia itu, install nya lewat driver manager kah, terus setelah saya membuka da vinci resolved muncul 'DaVinci resolve could not find any OpenCL capable GPUs' ini mengatasi nya gi mana ya
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      29 Agustus
      • Kunjungi profil
      Salah satunya iya. Di bagian persiapan kita berikan link ke posting cara install proprietary driver NVIDIA
    Reply