KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Mengatasi WiFi Tidak Terdeteksi di Linux Mint, Ubuntu, dan eOS

Solusi driver wireless Linux - Jika kalian sampai di halaman ini dari hasil search engine, maka kemungkinan besar kalian sedang bingung mengapa wifi adapter tidak terdeteksi di Ubuntu, Linux Mint, Elementary OS, dll.

Ini membuat pengguna tidak bisa ngenet. Jangankan terhubung, melihat daftar SSID saja tidak bisa karena ikon wifi tidak muncul atau ikon wifi muncul tapi dengan tulisan no adapter found.

Kejadian ini cukup banyak dialami pengguna sistem operasi GNU/Linux.

WiFi Tidak Terdeteksi di Ubuntu

Terutama pengguna laptop HP dan Lenovo. Dengan banyaknya merek, model, dan keterbatasan, jadi hari ini Umahdroid akan fokus ke nama terakhir saja supaya artikelnya tidak terlalu panjang.

Memperbaiki WiFi Linux Tidak Terdeteksi

Pada dasarnya kita menawarkan dua solusi untuk mengatasi dua issue berbeda. Pertama, kita akan mengaktifkan WiFi di Ubuntu, Linux Mint, Pop! OS, Zorin, KDE Neon, atau distribusi berbasis Debian lainnya seperti Kali Linux.

Baca juga :

Sisanya adalah lanjutan solusi sebelumnya. Oya, laptop kita memakai wireless card milik Realtek, tepatnya RTL8822BE 802.11a/b/g/n/ac.

#1 Cara Mengaktifkan WiFi di Linux

Masalah pertama WiFi tidak muncul di Linux adalah karena tidak dalam posisi ON. Bagaimana cara mengeceknya?. Mudah saja, kita bisa memakai rfkill untuk enabling dan disabling wireless devices.

Mengaktifkan WiFi di Ubuntu

Coba jalankan rfkill list all untuk menampilkan apakah wireless pada laptop kalian sudah menyala atau malah sebaliknya.

$ rfkill list all
0: phy0: Wireless LAN
          Soft blocked: no
          Hard blocked: no
1: hci0: Bluetooth
          Soft blocked: yes
          Hard blocked: no
2: phy1: Wireless LAN
          Soft blocked: no
          Hard blocked: no

Jika hardware-nya, maka kalian perlu menghidupkannya lewat keyboard laptop atau switch (biasanya tombol ini ada di laptop model / keluaran lama).

Sebaiknya, apabila yang terblok dari sisi software maka untuk melakukan unblock, silahkan ketik dan jalankan perintah rfkill unblock wifi di Terminal atau bisa juga memakai angka, misal rfkill unblock 0.

#2 Ikon WiFi Tidak Muncul di Ubuntu

Untuk solusi pertama sebenarnya sangat mudah. Kita hanya perlu menghapus module dari kernel dan bermain dengan konfigurasi blacklist. Silahkan nyalakan laptop kalian seperti biasa.

Solusi Ubuntu Tidak Mendeteksi WiFi

Setelah masuk desktop, kemudian buka Terminal dari menu aplikasi atau gunakan shortcut dengan menekan tombol Ctrl+Alt+T pada keyboard :

sudo rmmod ideapad_laptop
sudo nano /etc/modprobe.d/blacklist.conf

Keterangan perintah:
  • Baris 1 : Unload modul dari kernel
  • Baris 2 : Buka konfig daftar hitam

Perintah kedua di atas akan otomatis membuka enhanced free Pico clone. Kalian boleh memakai text editor lain, seperti Notepadqq, gedit, vim, dll.

blacklist ideapad_laptop

Langkah selanjutnya, silahkan copy-paste teks diatas di akhir baris blacklist.conf tadi seperti gambar berikut :

Mengatasi Wifi Adapter Tidak Terdeteksi di Linux

Tekan Ctrl+O untuk menyimpan, Ctrl+X untuk keluar, lalu restart. Sekarang wifi seharusnya bisa berfungsi normal, jadi tidak perlu perintah rmmod setiap kali kalian ingin terhubung jaringan nirkabel.

Jika ternyata (kadang) tidak muncul, coba cek apakah layanan sudah berjalan dengan semestinya. Jangan-jangan masih OFF. Jalankan perintah berikut :

systemctl status network-manager.service

Pastikan hasilnya active (running). Tapi apabila inactive (dead), silahkan jalankan ulang perintah diatas, tapi ganti kata status dengan start. Sebenarnya ada banyak parameter lain, misal :
  • force-reload
  • reboot
  • reenable
  • reload
  • reload-or-restart
  • try-reload-or-restart
  • try-restart
  • dst

Yang pasti, jangan lupa gunakan sudo saat eksekusi perintah tersebut, karena untuk memanajemen layanan tersebut kita butuh itu.

#3 No WiFi Adapter Found di Linux

Masalah ini lebih menyebalkan dari masalah pertama. Ada kalanya icon wifi sudah mejeng di panel tapi ada keterangan no adapter found, device is not ready, no network device available. Terus terang saja, kita tidak tahu cara pasti mengatasinya.


Tapi ada beberapa workaround yang selalu kita pakai dan berhasil. Coba reboot atau shutdown komputer jinjing, biasanya sehat lagi.

Baca juga :

Untuk pengguna yang dual-boot dengan Windows, silahkan boot ke Windows. Setelah masuk, langsung restart, boot lagi ke Linux. Seharusnya wifi sudah berfungsi dengan semestinya.

Jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan untuk menyampaikannya lewat komentar di bawah. Terimakasih sudah berkunjung.
5 komentar

5 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • fandy nov
    fandy nov
    25 Oktober
    • Kunjungi profil
    sy pakai os zorin
    wifi sy hilang setelah sy force shutdown (di setting jg gk ada), gmn y cr mengembalikannya ?
    • fandy nov
      Tiwo Satriatama
      27 Oktober
      • Kunjungi profil
      Apa sudah cek driver? Apa servicenya sudah jalan?
    Reply
  • Dhani
    Dhani
    28 Juli
    • Kunjungi profil
    Saya cuma ada ini 1: hci0: Bluetooth
    Soft blocked: yes
    Hard blocked: no
    • Dhani
      Tiwo Satriatama
      29 Juli
      • Kunjungi profil
      Enggak kedetek. Pakai apa cardnya?
    • Dhani
      Caca Cahyana
      13 Agustus
      • Kunjungi profil
      Sama pak, sudah solved belum
    Reply