KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Cara Mengatur 4G Only di Asus Zenfone 5, 5Q, 5Z Tanpa Root

Lock LTE Only di HP Asus - Salah satu kemampuan wajib sebuah smartphone sekarang ini adalah mendukung 4G atau 4G+ (4.5G). Hari ini kita akan share bagaimana cara mengatur jaringan agar tetap 4G LTE di Zenfone.

Sebagaimana kita ketahui bersama, paket internet jaringan ini dibanderol dengan harga relatif lebih murah tapi memiliki kecepatan diatas teknologi sebelumnya yakni 3G, 3.5G, serta 2G. 

Buat Apa Diatur LTE Only?

Ada beberapa kasus yang memang kita perlu melakukan ini. Misalnya, saat kita hanya memiliki paket 4G dan menggunakan pengaturan jaringan otomatis 2G / 3G / 4G di Prefered network type.

Lock LTE Only Asus Zenfone

Dengan setelan itu, bisa jadi pulsa terpotong ketika ponsel kalian berjalan di H / H+ / Edge / GPRS.

Oh ya perlu diketahui, menu pengaturan 4G only tidak ada di Connection > Mobile Network. Ada kode khusus untuk mengakses pengaturan tersebut.

Setting Sinyal 4G Only di Asus Zenfone

Tutorialnya sangat mudah, jadi bisa langsung dipraktekan tanpa root atau instal aplikasi pihak ketiga. Pastikan juga tempat kalian mempunyai jangkauan atau LTE coverage yang bagus.

Langsung saja buka Panggilan atau Phone, lalu ikuti langkah berikut :
  • Ketikan kode *#*#4636#*#*
  • Pilih menu Informasi Perangkat atau Device Information dalam bahasa Inggris
  • Ganti opsi Set Preferred Network Type menjadi LTE Only seperti pada tangkapan layar di bawah ini :

Pengaturan Jaringan Asus Zenfone

  • Tunggu sampai smartphone terhubung kembali dengan jaringan
  • Selamat menikmati ngenet di jaringan 4G saja

Oh ya, selain menu Device Information, kalian juga bisa memilih Usage Statistic dan Wi-Fi Information untuk melihat informasi tentang jaringan Zenfone.

Kekurangan Mengatur 4G Only

Ada harga yang harus kalian bayar ketika menerapkan tutorial ini. Jangan kaget jika nanti orang lain marah-marah karena nomor kalian tidak bisa SMS dan telepon (keluar dan masuk).

Itu terjadi karena 4G LTE yang kita gunakan tidak support voice dan mail SMS.

Baca juga :

Dengan kata lain, sekarang ponsel kita hanya bisa digunakan untuk internetan saja. Jadi mintalah untuk chat WhatsApp, Line, Telegram, atau semacamnya.

Bisa Pakai Vo-LTE di Zenfone?

Masalahnya adalah tidak semua provider telekomunikasi support VoLTE. Setahu kita, Telkomsel (Simpati, AS), XL & Axis, Indosat (IM3, Mentari), dan Tri tidak mendukung Voice over LTE.

Di Indonesia hanya Smartfren yang menggunakan telkologi tersebut.

Itulah cara setting LTE Only di Asus Zenfone ZC600KL, ZE620KL, ZS620KL agar tidak berubah menjadi H, H+ atau Edge saat digunakan untuk browsing, streaming, atau gaming. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan lewat komentar. Semoga bermanfaat!.
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan