KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Maksud In-App Purchases pada Aplikasi Android di Play Store

Maksud Pembelian Dalam Aplikasi di Play Store - Nah kali ini kita akan belajar tentang in app purchase android. Semua pengguna produk digital seperti software dimanapun pasti tidak akan lepas dari topik bahasan kita kali ini.

Android in-app purchase adalah layanan Google Play yang memungkinkan pengguna aplikasi untuk membeli karya digital yang biasanya berbentuk downloadable content, virtual game content, dan premium service

Fitur in-app billing pertama kali dikenalkan Apple lewat platform iOS.

Cara Mengaktifkan In App Purchase di Android

Seiring pengguna ponsel pintar Android yang kian hari kian bertambah, maka hal semacam ini juga dapat dengan sangat mudah kita temui di Google Play Store atau toko aplikasi lainnya.

Pembelian Dalam Aplikasi

Untuk saat ini, in-app purchase sangat populer dikalangan pengembang aplikasi Android. Kita juga bisa menyebuatnya sebagai freemium.

Maksud Pembelian Dalam Aplikasi

Freemium adalah apliasi yang dapat dipasang secara gratis, namun developer juga menyediakan fitur tambahan dengan cara membayar di Play Store sebelum dapat menikmatinya. Pendekatan semacam ini bisa meningkatkan pendapatan

Berbeda dengan aplikasi premium yang biasanya dibayar di awal. Jadi pengembang hanya mendapatkan satu pemasukan saja.

Kategori In-App Puchase

Umumnya in-app purchase tidak boleh digunakan untuk pembelian produk fisik seperti baju, celana, tengtop, sempak, dsb. Fitur ini bisa kita klasifikasikan menjadi 2 macam, yakni standard dan subscription.

Baca juga :

Lalu apa beda keduanya?. Berikut penjelasan sederhananya.

#1 Standard

Klasifikasi pertama memuat kocek yang harus kita keluarkan hanya sekali saja untuk menikmati fitur tersebut. Ingat ya cuma sekali, setelah kita bayar kita tidak akan membayar lagi untuk fitur yang sama.

#2 Subscription

Biasa disebut juga dengan langganan. Jenis kedua ini mengharuskan penggunanya untuk membayar berkali-kali atau berkala sesuai rentang waktu yang ditentukan pemilik layanan aplikasi.

Contohnya adalah upgrade kapasistas penyimpanan Dropbox ke paket Plus dan Spotify premium yang mesti dibayar setiap minggu / bulan / tahun.

Contoh Pembelian Dalam Aplikasi

Setiap aplikasi freemium akan terdapat label in-app purchase di bagian bawah tombol install. Nah coba perhatikan teks yang kita berikan kotak merah pada tangkapan layar di bawah berikut :

Cara Pembelian Dalam Aplikasi

Ada juga contain ads yang berarti ada iklan pada aplikasi tersebut. Tidak menutup kemungkinan kombinasi dari keduanya.

Jenis aplikasi produktivitas, streaming musik, game Android, foto, dan desain adalah yang paling banyak menyodorkan layanan ini.

Belanja Aplikasi di Google Play Store

Kartu kredit, Paypal (untuk beberapa negara tertentu), pulsa, dan voucher Google Play yang dijual di marketplace merupakan beberapa metode yang bisa kita gunakan untuk membeli konten.

Untuk metode nomor tiga, kita perlu mengaktifkan Google Carrier Billing.

Nah bagaimana penjelasan tentang in-app purchase yang terdapat di Google Play Store? Jika teman-teman memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel teknologi menarik lainnya. Terimakasih!.
6 komentar

6 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    20 Oktober
    • Kunjungi profil
    Nice inpoh min. Sukses selalu
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      27 Oktober
      • Kunjungi profil
      Terimakasih. Sukses juga buatmu
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    11 April
    • Kunjungi profil
    Make an In-App Purchase maksudnya meng-update game jadi premium ya ka..
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      11 April
      • Kunjungi profil
      Tergantung yang dibeli apa. Salah satunya mengupdate game jadi premium. Bisa juga beli item dalam game, misal diamond, coin, dan sebagainya
    Reply
  • hartaone
    hartaone
    09 Februari
    • Kunjungi profil
    Jika saya membeli aplikasi berbayar game di google play, seperti game Minecraft atau yang lainnya... Ketika saya sudah membeli dan mendownload, suatu waktu saya menghapusnya. Dan jika saya ingin mendownloadnya lagi, apakah saya harus bayar lagi?
    • hartaone
      Tiwo Satriatama
      19 April
      • Kunjungi profil
      Tidak, game atau aplikasi berbayar yang sudah kita beli akan tersimpan di akun dan nantinya bisa diinstall lagi saat dibutuhkan tanpa perlu membayar ulang. Yang penting login dengan akun yang kita gunakan membeli app tadi
    Reply