KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Inilah 6 Alasan Yang Membuat HP Android Samsung Mahal

Hal yang membuat harga Android Samsung mahal - Apa yang terlintas dibenak kalian ketika mendengar kata Samsung? Keren, awet, berkualitas, bergengsi, atau mahal? Itulah beberapa kemungkinan jawaban yang paling mendekati.

Memang sih Samsung sudah menjadi salah satu merk HP Android terbaik untuk beberapa dekade ini. Mereka menyasar semua lini mulai yang entry level, hingga yang premium, mulai dari yang paling murah, hingga yang paling mahal.

Kalian tentunya sering melihat para pengguna smartphone di group / forum yang getun membanding-bandingkan Samsung dengan brand-brand lain.

Faktor Kenapa HP Samsung Mahal

Pernahkah kalian berfikir seperti ini, "Kenapa Samsung kok muahal? Padahal harga segitu bisa buat beli HP merk lain dengan spesifikasi yang lebih tinggi". Pasti pernah kan?

Penyebab HP Samsung Mahal

Nah itulah yang coba kita share kali ini soal beberapa alasan-alasan yang menyebabkan HP Samsung itu mahal dibanding merk lain yang beredar di pasar smartphone. Baik, langsung saja kita mulai!

1. Brand Mentereng

Kita mulai dari faktor pertama. Salah satu alasan adalah karena branding perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini sangat kuat. Bisa kita katakan, Samsung sudah sangat terkenal bertahun-tahun tidak hanya di Indonesia, namun dunia.

Otomatis tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk mereka juga sangat tinggi.

Biasanya, konsumen yang selektif rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk dari brand yang sudah terkenal, dibanding produk murah dari brand yang masih asing ditelinga mereka.

2. Teknologi dan Inovasi

Inilah alasan kedua yang membedakan Samsung dari brand lain. Mahalnya harga produk barang suatu perusahaan juga dipengaruhi oleh teknologi serta inovasi yang disematkan pada produk mereka. Tidak jarang inovasi yang dibuat menjadi inspirasi merk lain.


Kita ambil contoh pada smartphone flagship Samsung, setiap rilis pasti ada saja fitur canggih yang baru. Mulai dari desain fisik bodi, hingga berbagai macam fitur baru yang menjadi pembeda lawan mereka di pasar.

Perusahaan besar biasanya akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk melakukan riset. Nantinya digunakan sebagai strategi marketing hingga menciptakan produk yang unik.

3. Kualitas Produk

Kita tidak bisa memungkiri, kualitas HP Samsung biasanya diatas rata-rata. Mereka mempunyai beberapa smartphone untuk menyisir semua golongan, baik low-end, menegah, hingga high-end.

Semuanya hadir di pasar dengan kualitas yang baik bahkan yang diperuntukan untuk kelas menengah ke bawah. Tengok saja keluarga Samsung Galaxy A : A3, A5, A7. Semuanya mempunyai kenunikannya masing-masing.

Terlebih versi Galaxy A 2016 yang bodinya terlihat dan terasa seperti Samsung Galaxy S6. Ada kabar baik juga untuk kalian yang mungkin ingin memiliki seri A, karena tahun depan Samsung akan merilis Galaxy A 2017 bisa ditenggelamkan.

Ingat pepatah, ada harga ada rupa. Yah, memang ada benarnya juga. Harga yang relatif mahal biasanya lebih berkualitas.

4. Komponen Pilihan

Pemilihan komponen hardware pada beberapa varian Samsung juga mempengaruhi harga sebuah smartphone. Contoh sederhana saja ketika mereka menggunakan layar Super AMOLED tentunya akan berimbas pada harga.

Sudah rahasia umum jika teknologi dari layar super AMOLED mempunyai kualitas yang sangat baik. Selain itu layar jenis ini juga lebih mahal dari pada jenis layar IPS biasa.

5. Promosi

Setiap kali ada smartphone anyar rilis, biasanya di forum akan ada yang membahas lika-liku HH tersebut. Tahukah kalian jika iklan juga mempengaruhi harga sebuah produk?

Disini Samsung bisa menghabiskan 30% dana biaya produksinya untuk promosi. Jadi wajar saja berbagai bentuk iklan samsung ada di televisi, radio, koran, hingga berbagai papan informasi yang biasa kita jumpai di jalanan.

6. Harga Jual Bersaing

Pernakah kalian membeli HP dengan merk kurang terkenal lalu ingin menjualnya kembali? Biasanya harganya akan turun jauh sekali. Bukan begitu? Namun berbeda cerita jika yang kalian jual adalah Samsung.


Karena terbukti harga HP Samsung bekas atau second masih tetap kompetitif. Banderol tersebut menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Itulah penyebab harga Samsung cenderung lebih mahal. Bagaimana pendapat kalian? Silahkan tuliskan opini kalian lewat kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat, dan sampai ketemu dipostingan selanjutnya!
Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan