10+ Tips Cerdas Membeli HP Android Second Berkualitas Online

14:37
Cara membeli HP bekas berkualiatas - Perkembangan mobile yang begitu cepat ada kalanya tidak selaras dengan kemampuan beli seseorang. Banyak orang yang cenderung tergiur dengan smarthphone terbaru karena spesifikasi yang lebih bagus, modelnya yang lebih keren, atau fiturnta yang lebih banyak.

Tentunya kita semua sadar jika, harga sebuah ponsel pintar baru lebih mahal dan ada kalanya tidak terjangkau kantong. Untuk orang yang sering gonta-ganti gadget drngan budget pas-pasan, salah satu solusinya mungkin dengan membeli HP bekas yang masih berkualitas.

Bekas? Ya, atau ada juga yang menyebutnya dengan istilah HP second.

Memang kualitas dan kondisi barang yang sudah terpakai bisa saja tidak prima lagi. Nah untuk itu, kalian perlu mengetahui tips membeli HP second yang masih berkualitas.

Tips Membeli Smartphone Bekas Berkualitas

Setidaknya ada beberapa alasan yang paling sering kita jumpai saat seseorang menjual ponselnya. Misalnya :
  • Butuh uang cepat
  • Ingin upgrade / ganti model
  • Sudah rusak
  • Dan seterusnya

Kita sebagai calon pembeli sekaligus pemburu HP bekas harus selalu waspada. Salah-salah malah rugi karenackualitas barang yang dibeli ternyata sudah jauh menurun. Tidak mau seperti itu bukan? Nah, silahkan simak tips membeli handphone second ala Umahdroid berikut!

Tips Membeli HP Second Masih Bagus

Dimanapun kalian berada, apapun tipe smartphone target kita, sebenarnya pengecekan smartphone second hanya ada 2, yakni hardware dan software. Untuk lebih detailnya, silahkan baca sampai tuntas ya.

Cari Penjual Yang Tepat

Setelah kalian memutuskan untuk membeli seri smartphone tertentu, langkah selanjutnya adalah mencari penjual yang tepat. Mengingat perkembangan industri e-commerce di Indonesia sangat pesat, kalian bisa memanfaatkan group facebook, forum jual beli online terpercaya, atau online shop.

Apabila kalian memutuskan untuk mencarinya di forum jual beli, coba tanyakan apakah bisa rekber agar lebih aman. Di situs belanja online ada kok yang menggunakan rekber, misalnya Bukalapak.

Uang yang kita transfer akan masuk ke pihak Bukalapak sebelum diteruskan ke penjual. Maaf, jika onlineshop yang lain kita kurang paham. Jika kalian tau silahkan berikan komentar dibawah ya.

A. Periksa Feedback
Lihat feedback lapak penjual. Hindari pemilihan seller yang bermasalah dan menuai banyak testimoni negatif. Perhatikan baik-baik deskripsi yang ditulis. Oh ya sedikit cerita, belum lama kemarin kita lihat ada penjual yang aneh. Ini pertama kalinya kita melihat ada penjual seperti ini.

Jadi, kita selaku pembeli hanya diberi kesempatan maksimal 3 jam saja untuk mengecek kondisi barang yang diterima. Lebih dari itu dikatakan kecurangan. Wow sekali bukan?

Langsung coret!

Ya serius! Penjual seperi ini bisa menjadi masalah. Iya jika barangnya sampai kita pas dirumah, tapi bagaimana jika tidak? Bagaimana jika waktu 3 jam tersebut habis sebelum kita mengeceknya? 

Kemungkinan kita dirugikan karena barang ternyata tidak sesuai terbuka lebar. Jadi lebih baik cari yang lain dari pada menyesal nantinya.

B. Hindari Hal ini
Selanjutnya adalah hindari lapak yang menggunakan gambar hasil pencarian Google atau dengan kata lain gambar download. Penjual yang baik harusnya menyertakan foto asli HP second untuk memberi gambaran kondisi. Mungkin ada lecet, dent, goresan, atau minus yang lain.

Kalian bisa mencocokan gambar dengan deskripsi yang tertera. Tidak hanya seller saja yang menuntut Jadilah pembeli yang cerdas, kita juga wajib menyortir Penjual yang cerdas.

Kondisi Fisik

Pernah dengar isilah Jangan menilai buku dari covernya? Abaikan! Ya, serius abaikan saja peribahasa tersebut. Dalam kasus yang sedang kita bahas ini kondisi fisik seperti casing / body sangat berpengaruh dengan harga ponsel bekas.

Satu minus fatal pada fisik saja bisa menurunkan harganya. Misalkan, smartphone berbahan kaca tapi ada retak. Walaupun baru sehari, dua hari, seminggu, sebulan dipakai, masih garansi, retak tetaplah minus, harga juga seharusnya berkurang.

Nah jika fisiknya sudah buruk, kalian perlu waspada, bisa jadi kondisi dalamnya lebih jelek. Namun kondisi fisik yang mulus juga belum tentu memiliki kualitas yang baik. Yah, setidaknya bagian fisik kalian cek menyeluruh seperti tombol volume, power, lubang earphone, port charger, atau layar apakah ada goresan atau retakan dengan menanyakan ke penjual.

Segel Ponsel

Produk yang bagus biasanya mempunyai segel, biasanya berupa sticker yang menempel di bagian dalam casing ( jika bagian belakang bisa dibuka ). Nah jika segel ini sudah rusak, entah robek, bolong, dsb kemungkinan HP tersebut sudah pernah dibongkar.

Dengan kata lain, ponsel pernah punya masalah lebih terbuka lebar. Jadi usahakan kalian mencari barang second dengan segel yang masih utuh untuk meminimalisir kemungkinan masalah serius yang bisa timbul dimasa mendatang.

Kelengkapan

Walapun labelnya bekas, namun kalian juga perlu mempertimbangkan kelengkapan yang ditawarkan penjual. Adapun kelengkapan yang dimaksud seperti :
  • Dus
  • Charger
  • Kabel
  • Earphone
  • Kitab-kitab baik manual book atau kartu garansi

Akan lebih bagus lagi jika ada nota pembelian. Istilah dalam jual belinya set, biasanya jika lengkap dikasih label fullset.

Rekomendasi Cara Membedakan Charger Samsung Original dan Palsu

Dengan demikian kalian bisa menggunakan poin ini untuk menawar harga yang lebih murah jika ada sesuatu yang kurang. Kita perlu waspada pada smartphone yang tidak mempunyai kelengkapan sama sekali. Jangan sampai kita membeli barang curian. Tidak berkah!

Garansi

Sebelum memutuskan membeli, coba tanyakan ke penjual soal garansi ponsel, apakah pernah dibongkar yang membuat garansinya hilang, apakah sudah dioprek systemnya, dan sebagainya. Ini untuk jaga-jaga jika suatu saat bermasalah, kita bisa klaim garansi ke service center.

Beda lapak, beda juga keterangannya. Tidak sedikit seller menyertakan deskripsi produk yang membingungkan. Misalnya :
  • Garansi panjang gan
  • Garansi masih 7 bulan
  • Baru beli 2 bulan lalu, jadi garansi masih panjang

Informasi tersebut belumlah cukup. Misalkan keterangan hanya garansi panjang 7 bulan. Tujuh bulan itu dihitung dari bulan apa? Terus kalo iklannya sudah 2 bulan berarti kan sudah terkurangi 2 bulan ( dengan catatan deskripsi produk tidak diupdate ya ).

Nah untuk itu, mestinya disertai keterangan yang lebih jelas, contohnya "Garansi resmi Metrodata sampai bulan Desember 2017. Mantap jiwa pokoknya gan!! Babibu"

Komunikasikan baik-baik dengan si penjual agar sama-sama enak. Jika barangnya tidak sesuai dengan apa yang kalian cari, tidak ada salahnya mendoakan seller agar cepat terjual. Enak kan? Dapat pahala pula.

Spesifikasi

Carilah informasi sebanyak mungkin tentang smartphone yang tengah dibidik. Sesuaikan spesifikasi Android yang dibutuhkan seperti memori, RAM, jenis layar, kamera, teknologi, baterai, hingga versi OSnya.

Googling saja, ada banyak kok website yang menyediakan informasi spesifikasi smartphone di internet. Kalian bisa baca pada tips browsing cepat dengan Google Chrome di Android

Jadi sebelum memasukan item ke kerangjang belanja, kita bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sekaligus memutuskan apakah HP tersebut sudah sesuai dengan spesifikasinya sudah sesuai atau malah sebaliknya.

Ketidak sesuaian spesifikasi perlu dikroscek, jangan sampe setelah barang sampai malah super copy, king copy, atau abal-abal.

Kondisi Baterai

Baterai seperti nyawa bagi sebuah smartphone. Kita perlu memperhatikan hal ini dengan mengecek apakah baterainya masih bagus atau tidak, misalkan baterai menggelembung. Tentu saja ini hanya berlaku pada smartphone yang belum memiliki desain unibodi.

Tapi jika smartphone yang kita beli sudah kekinian alias unibodi kita bisa lihat pada backcover belakang. Jika ada celah kemungkinan baterai menggelembung. Misalnya pada Samsung Galaxy A5 2016 yang baterainya memang jadi titik lemah ponsel tersebut.

Nah untuk memeriksa masih bagus tidaknya baterai Android, kalian bisa menggunakan kode berikut *#*#4636#*#*. Nanti kalian akan menjumpai beberapa pilihan seperti :
  • Device Informastion
  • Battery Information
  • Usage Statistics
  • Wifi Information

Tinggal pilih atau tap pada opsi Battery Information. Disana akan memuat informasi yang berguna untuk mengecek baterai Andoid.

Fungsionalisme

Jika urusan daya aman, selanjutnya kalian bisa mengecek hal-hal lain. Periksa dengan detail tombol-tombol fisik yang tersedia ( power, volume up+down, atau home jika ada ), kamera, speaker, microphone, charger, kabel data, apakah berfungsi dengan semestinya ketika digunakan.

Untuk mengecek speaker, kalian bisa memutar musik dengan kualitas baik. Jangan lupa cek earphone untuk memastikan media tersebut serta jack berfungsi dengan baik saat digunakan.

Bluetooth, WiFi, persinyalan juga harus diperiksa. Ketiga komponen ini sangat sangat penting untuk koneksi internet, dan data sharing. Kalian bisa memulainya dengan menggunakan ponsel tersebut untuk terthering, lakukan transfer data dengan bluetooth, dan mengkoneksikan ke jaringan wifi. Pastikan semuanya tidak ada masalah!

Harga

Umumnya banderol sebuah smartphone baru memiliki rentang harga yang tidak terpaut jauh satu sama lain. Hal sama juga berlaku pada pasar HP bekas. Biasanya harganya tidak terlalu jauh jika kondisi dan kelengkapannya relatif sama.

Bursa smartphone second selalu memiliki standar harga untuk setiap tipe ponsel. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengikuti perkembangan harga atau sesekali membandingkan harganya.

Baca juga Penyebab Smarphone Android Samsung Mahal

Membeli sebuah barang bekas membutuhkan waktu, ketilitian, dan ada kalanya perlu kesabaran yang lebih untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan. Memang, harga murah bisa meyilaukan mata, namun jangan mau diperdaya harga!.

Salah-salah karena tergiur harga yang terlalu rendah malah barangnya tidak sesuai harapan.

SIM Card dan Memory Eksternal

Jika tidak ingin menyesal, pastikan kalian mengecek kedua fungsi slot tersebut apakah masih berfungsi. Terutama kroscek pada Slot SIM Card. Slot tersebut sangat fatal fungsinya, karena ponsel tidak bisa terkoneksi dengan jaringan jika SIM card tidak terdeteksi.

Hal yang sama juga berlaku pada dengan slot memory card. Jangan sampai kalian tidak bisa menyisipkan memori tambahan ini karena slot-nya sudah rusak. Apalagi ukuran aplikasi, file sekarang cenderung semakin besar.

Manfaatkan Kurir

Setelah barang sudah sampai diantar oleh kurir. Jangan biarkan Ia pergi begitu saja, minta tolonglah untuk tidak meninggalkan kita. Eaaaa... Ya, mintalah kurir untuk menyaksikan pembongkaran packingnya sebagai saksi.

Jangan lupa di foto, atau lebih bagus lagi di video saat pembukaan dan pengecekan berlangsung. Jika ada sesuatu yang salah terjadi pada kiriman, kita mempunyai bukti kuat karena memang kerusakan barang bukan dari kesalahan pembeli.

Pada dasarya tips membeli HP second tidak jauh berbeda dengan membeli HP baru, namun kita perlu lebih detail lagi melakukan pengecekan kondisi smartphone tersebut. Jangan lupakan dengan poin penting diatas tentang jangan mudah tergiur dengan harga HP murah. Tetap teliti agar kalian bisa mendapatkan HP second yang berkualitas.

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.