Evie Launcher Android Tampilan Minimalis, Ringan dan Keren

11:16
Launcher Android paling ringan - Soal personalisasi, sebuah launcher merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak dicari oleh pengguna smartphone Android. Dengan launcher yang semakin beraneka ragam, mungkin teman-teman akan sedikit bingung harus menggunakan aplikasi tema yang mana.

Karena itulah kita akan mencoba share salah satu launcher Android keren namun tampilannya sangat simple. Ya dialah Evie Launcher, salah satu launcher terbaik android di tahun 2016.

Sejatinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih launcher selain tampilan yang keren, seperti daftar dibawah ini :
  • Fitur yang diberikan
  • Ukuran dari aplikasi itu sendiri
  • Kemudahan pengoperasian
  • Boros tidaknya pemakaian RAM
  • Dan sebagainya

Karena cantiknya, app ini mendapat rating 4.6 dari jumlah 100,000 - 500,000 pemasangan di Google Play. Support dari developernya pun cukup baik, kita coba beberapa kali memberi masukan dan ditanggapi dengan baik.

Launcher Terbaik Untuk Android Smartphone

Hingga akhirnya memasukan suggestion yang kita kirim ke to-do list mereka.

Uniknya lagi, Evie Launcher tidak menyodorkan iklan serta app purchase ke pengguna sebagaimana kebanyak aplikasi lainnya. Jadi teman-teman bisa menikmatinya tanpa embel-embel ads sama sekali.

Intuitive Design User Interface

Pertama, kita akan bahas soal UI atau antar muka dari aplikasi ini. Kembali harus kita katakan, sangat simple namun cantik. Pengoperasiannya juga kelewat simple.

Evie Launcher Apk Latest Version

Konsep dasarnya, Evie menggunakan 1 layer. Dimana teman-teman tidak akan menjumpai tombol app drawer untuk membuka semua list aplikasi yang terinstall di ponsel pintar kita.

Meski tanpa tombol app drawe, Evie menggunakan slide app drwaer. Dimana ada 3 buah tab pada slide area tersebut, yakni :
  1. Apps
  2. Widget
  3. Settings

Sangat simple bukan? Efek pergeserannya juga terasa cukup smooth.

1. Apps

Nah untuk melihat semua aplikasi yang terpasang, kita hanya perlu slide dari kiri ke kanan. Lalu swap saja vertical untuk scrolling, atau menggunakan huruf yang tepat disebelah kanannya untuk mensortir aplikasi berdasarkan abjad.

App Drawer Slide Mode Evie Laucher

Jika homescreen dirasa kurang rame, teman-teman bisa tambhankan dengan tap ( tahan ) lalu tarik ke layar utama. Tinggal disesuaikan saja page yang akan kita isi.

2. Widget

Tab kedua adalah Widget. Bagian ini akan memuat berbagai widget yang tersedia. Seperti kebanyakan Launcher, untuk menambahkannya ke homescreen kita hanya perlu tap tahan dan geser ke homescreen.

Menambah Widget ke Homescreen Smarphone

Jika ukurannya terlalu besar dan menjadikannya tidak muat, bisa seret saja widgetnya lagi ke homescreen sebelahnya lalu pilih tombol create.

3. Settings

Bagian terakhir adalah pengaturan. Dimana tab ini memuat berbagai personalisasi Evie. Tidak terlalu banyak kostumisasi yang dilakukan, namun sudah sangat cukup untuk memoles tampilan Android kita.

Lihat screenshot berikut :

Pengaturan Evie Launcher

Seperti pada screenshot diatas, disini teman-teman akan menjumpai :
  • Change Wallpaper
  • Change Icon Pack
  • Home Screen Icon Layout
  • Google Now
  • Clear Recent Results
  • Hide App
  • Review and Feedback
  • Switch to Another Launcher

Fitur Evie Launcher

Seperti yang kita katakan, Evie tidak menyematkan iklan serta app purchase atau membeli fitur aplikasi di Play Store, seperti kebanyakan aplikasi Android yang ada di Google Play Store.

Semuanya bisa teman-teman nikmati gratis. Terimakasih developer!

1. Quick Universal Search

Salah satu yang paling kita sukai dari Evie Launcher adalah adanya fitur quick find. Tidak terbatas pada hasil aplikasi saja, namun Evie juga terintegrasi dengan kontak, maps, informasi di internet juga bisa kita dapatkan lewat tab pencarian ini.

Quick Universal Search Android App

Lebih dari itu, untuk menggunakannya juga dibantu dengan adanya gesture yang disematkan. Dengan slide kebawah maka fitur pencarian akan otomatis terbuka.

2. Icon Pack Support

Seperti yang kita ketahui bersama, ada beberapa launcher yang tidak support penggantian icon pack Android. Google Launcher misalnya.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Untungnya Evie Labs inc selaku developer dibaliknya memberikan fitur ini. Untuk menggantinya teman-teman bisa dengan :
  • Slide dari sisi kiri layar smartphone
  • Geser ke tab Settings
  • Tap pada Change Icon Pack
  • Pilih Icon Pack yang terinstall

Apabila kita kurang puas dengan salah satu icon aplikasi, kita juga bisa menggantinya sesuai selera. Caranya? Tap dan tahan aplikasi yang di inginkan, kemudian geder ke arah header lalu lepaskan di Options.

Cara Mengganti Icon Pack Android Manual

Disana ada beberapa pilihan : App info, Change Icon dan uninstall. Nah tinggal pilih saja Change icon lalu pilih yang suggested yang tersedia. Ada juga sih tombol untuk browse more icon pack.

3. Homescreen Layout

Apa fungsinya? Mudah saja, fitur ini berguna untuk mengatur besar kecilnya ukuran icon pack, baris, dan kolom. Tinggal slide saja slider dan sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman.

Tips Mengubah Ukuran Icon di Android

Sebagai contoh, apabila kita ingin membuat homescreen muat 5 buah icon ( ssecara default ada 4 ) tinggal slide saja bagian columns menjadi 5. Semakin ke kanan, maka akan semakin banyak pula deretan horizontalnya.

4. Support Hide Apps

Bagi yang masih perhatian dengan privacy, developer juga menyertakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi Android. Fitur Hide app ini juga terdapat pada tab setting.

Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Android

Setelah memilih menu tersebut, kita cukup memberikan checklist pada aplikasi yang akan kita sembunyikan agar tidak tampil di menu ataupun di homescreen.

Jika kita diberikan hak untuk menilai Evie, kita akan berikan nilai 8.5.

Bagaimana, apakah teman-teman tertarik menggunakan Evie, Launcher ringan dan keren untuk Android? Apabila dibutuhkan, silahkan teman-teman langsung saja menuju Evie Launcher apk.

Artikel Rekomendasi

2 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.