Cara Menghilangkan Iklan Operator XL dan AXIS Paling Ampuh

19:42
Hapus iklan operator nakal - Iklan ISP memang bukan barang baru di Idonesia. Mulai dari perusahaan swasta, hingga BUMN seperti Telkom juga merebut dengan paksa hak konsumen. Termasuk perusahaan operator besar seperti XL Axiata.

Iklan operator ini disebut intrusive ads atau iklan serobot. Mengapa disebut iklan serobot? Karena sifatnya menyerobot tanpa ijin dari pengelola website selaku pemilik konten, dan pelanggan selaku pengguna.

Sebelum kita masuk lebih jauh, kita akan jelaskan betapa rusaknya etika perusahaan telco negeri ini, hanya untuk mengeruk keuntungan dengan mengabaikan hak-hak yang seharusnya diterima pelanggan.

Tutorial Mengatasi Intrusive Ads Axis dan XL

Ada 2 buah tipe dari intrusive ads, yakni interstitial ads dan off deck ads. Interstitial Ads adalah iklan jenis ini akan menutup seluruh layar browser smartphone kita sebelum masuk ke halaman website utama yang pengunjung tuju. Iklan ini juga biasa disebut dengan between the page.

Kemudian Off deck Ads ini biasanya akan tampil pada bagian paling atas sebuah halaman website.

Apakah Iklan XL/AXIS Mengganggu?

Tentu saja sangat-sangat menganggu!. Apalagi iklan dari XL memiliki kemampuan untuk menyedot pulsa "tanpa keinginan user".

Artinya mereka mengambil uang kita tanpa ijin. Jika mengambil sesuatu tanpa ijin pemilik apa namanya? Mencuri bukan? Kalo sering? Berarti maling bukan?

Sudah berapa banyak korban yang tersedot pulsanya gara-gara iklan XL/AXIS?.

Kita berikan contoh sederhana,

Andaikan 1 kali kesalahan klik pada intrusive ads user kehilangan pulsa Rp. 5000. Lalu bagaiman jika 1juta pengguna? Itu sudah Rp. 5.000.000.000. Ini baru dihitung sehari.

Padahal kecurangan ini (setahu kita) sudah mereka lakukan dari 2014. Bisa dibayangkan, berapa banyak mereka merugikan pelanggan yang kata mereka terhormat.

Silahkan pasang iklan, jika layanan Anda digratiskan. Lah ini kan kita sudah bayar, kenapa dikasih iklan? Bisa ngambil pulsa lagi.

Menghapus Iklan XL/AXIS Permanen

Kalo mau pasang iklan silahkan pasang iklan di website Anda sendiri! Jangan asal masukin iklan di website orang tanpa ijin! Mau pasang di web orang? Bayar lah! Ngambil pulsa tanpa ijin aja bisa, bayar iklan engga bisa.

Kerugian Akibat Intrusive Ads

Secara garis besar ada 2 pihak yang menanggung kerugian dengan adanya intrusive ads dari perusahaan telco. Tentu saja pelanggan dan pemilik website.

1. Pemilik Blog

  • Membuat tampilan web terkadang berantakan
  • Ada komponen website yang tidak load
  • Load lebih lama dengan adanya iklan serobot
  • Bisa menaikan bounce rate karena iklan interstitial yang menutup 1 layar penuh sebelum akhirnya load ke halaman utama yang dituju
  • Pemilik blog bisa terkena fitnah. Sebab setelah kehilangan pulsa, pengunjung bisa saja berfikir jika pemilik blog menaruh malware di blog nya. Padahal ini iklan dari operator seluler.

Nah dua hal teratas karena blog yang dikelola oleh pemilik sah di inject oleh XL, dengan meng-iframe halaman blog yang menjadi target operator nakal ini.

Jika teman-teman selaku pemilik blog menggunakan kartu XL/AXIS mengunjungi Stackoverflow maka akan ada peringatan "For security reasons framing is not allowed click ok to remove the frames".

Baca juga artikel menarik lainnya :

Juga bila mengunjungi Histats maka akan mendapat peringatan soal framing juga. Inilah akibat dari peng-inject-an script XL. Jadi sekarang sudah tahu kan?. Kita lanjut!

2. Pengguna Umum

  • Menyita waktu
  • Kehilangan pulsa akibat salah tap
  • Mengganggu saat browsing
  • Kehilangan hak sebagai pelanggan yang terhormat
  • Menanggung dosa kata-kata jorok akibat pulsanya hilang

Iklan ilegal ini memang hanya muncul ketika kita browsing lewat smartphone. Ya, intrusive ads XL tidak muncul ketika user membukanya lewat perangkat desktop seperti komputer/laptop.

Satu yang perlu di ingat. Walaupun tidak muncul di desktop, tapi script iklan tetap jalan. Efeknya tentu saja mengurangi kecepatan load halaman.

Contoh Sms Berlangganan Karena Iklan XL / AXIS

Nah berikut kita sertakan screenshot akibat yang ditimbulkan oleh operator nakal ini :

Sms Berlangganan Dari Iklan XL Maling Pulsa

Menghilangkan Iklan Ibnads XL/AXIS di HP

Sampailah kita ke topik utama postingan. Bagaimana mengatasi iklan lintah penyedot pulsa dari XL/AXIS?.

Jangan buang waktu teman-teman!

Langsung saja hubungi costumer care XL. Cara ini kita share sebagai solusi dari sekian banyak opsi, karena sudah kami coba sebelumya dan sejauh ini work 100%.

Setelah tersambung pilih berbicara dengan customer care. Sampaikan keluhan teman-teman.

Sebagai bonus kami berikan tips agar request kita ditindak lanjuti :

1. Gunakanlah Bahasa Yang Sopan

Yap, yang pertama pastikan teman-teman menggunakan bahasa yang baik. Jangan sampai berbicara kotor. Alih-alih ingin solusi iklan XL, malah obrolan kita ditutup CS selaku perantara kita.

2. Nada Keras? Kenapa Tidak!

Keras, lantang, tegas tapi jangan sambil marah-marah. Kasihan CS juga kerja juga untuk mencari nafkah, menyambung hidup, membeli kebutuhan untuk anak, istri, dan keluarga mereka.

3. Pelan Tapi Menggigit

Peerlahan, giring CS ke akar permasalahan. Katakan masalahnya, jelaskan kerugian teman-teman yang mereka sebut pelanggan yang terhormat akibat praktek ini.

Pada waktu itu, kami menggunakan salah satu ajian pamungkas, "Kalo ngambil barang orang lain tanpa ijin apa namanya?". Jleb!

Biarpun kita tanpa marah ngomongnya, asal mereka dengar pasti langsung sampai ke hati. Tapi ingat, jangan sambil-marah-marah ya, kasihan. Wkwkwkwk..

4. Aktifkan opsi jaminan

Maksudnya begini, setelah CS meng-iyakan request kita, teman-teman Umahdroid jangan sampai disitu saja. Lanjutkan dengan,

"Terimakasih Pak/Bu/Mas/Mba/Ses, apa jaminannya permintaan saya diproses?"

Walaupun hal tersebut tidak menjamin sepenuhnya, namun setidaknya lewat kalimat tersebut kita benar-benar ingin berhenti dari kecurangan mereka, sekaligus meminta pertanggung jawaban peng-iya-an mereka.

5. Tutup Dengan Baik

Setelah mereka kembali meng-iyakan, tutuplah obrolan dengan baik. Sekarang tinggal tunggu saja kita dihubungi kembali oleh CS. Nanti akan ada telfon / sms masuk jika permintaan kita sedang diproses.

Singkat cerita, akhirnya sore hari itu juga ada pemberitahuan lewat SMS, jika layanan iklan sudah diberhentikan.

Tidak ingin percaya begitu saja, kita coba tes untuk browsing dari ponsel, dan akhirnya intrusive ads XL sudah hilang! Senangnya hak sebagai pelanggan terpenuhi.

Kesimpulan

Bagaimanapun, apapun bentuknya, serta alasannya intrusive ads memotong hak konsumen dan merugikan pelanggan mereka sendiri serta pemilik blog selaku pemilik konten.

Jika mereka tidak mau menghentikannya, kita yang harus jemput bola.

"Lebih baik kehilangan 500 perak untuk telpon costumer care dari kehilangan hak sebagai pelanggan, waktu, dan beribu-ribu rupiah untuk layanan tidak jelas!"

Ibnads XL sudah tidak ada lagi? Nah sekarang bisa surfing di dunia maya dengan lancar tanpa iklan curang mereka. Ada beberapa tips untuk internet lebih efisien yang teman-teman bisa baca di& tips browsing cepat dengan Google Chrome Android

Sekian saja curhatan, pengalaman dan cara mengatasi iklan operator AXIS dan XL. Untuk operator lain kita belum pernah coba, silahkan coba sendiri. Barangkali mereka mau mendengarkan kita. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

20 Komentar
avatar

HP ku juga sering nih, tapi sekarang bukan cuman lewat web tapi juga lewat sms yg no pengirimnya 5 digit, kayak 99876, 92340.

Balas
avatar

Telpon CS aja mas. Dari pada pulsa kita diambil paksa terus

Balas
avatar

Gab sy pernah telp cs utk menhentikan iklan sedot pulsa. Dikasih pilihan sma mba cs nya. Kalau mau dihilangkan layanan sms risikonya tdk dpt menerima semua sms notifikasi termasuk penggunaan mobile banking, penerimaan kode tx mbanking dll. Berhubung nomernya sy pakai utk mobile banking jd gk sy non aktifkan. Mohon pencerahannya gan?

Balas
avatar

Mas Nur tanyakan lagi engga kenapa jadi engga bisa buat mobile banking? Sementara unreg dulu saja via *123# untuk berhenti berlangganan sms maling pulsa

Balas
avatar

Ada cara lain gk?? Misal kita lapor ke diskrimsus bagian pengaduan konsumen via cyber crime misalnya??

Yg udah pernah share donk pengalamannya ...

Balas
avatar

wuahh, bermanfaat banget nih mas tulisannya, ya saya sering banget dpt sms berbayar 5 digits lsng kepotong pulsa di axis,, padahal saya ga sedang inetan atau aktivitas lainnya n jg saya pelanggan setia axis lo,, tp ko curang banget ya cari duitnya..!lama2 bisa pada kabur tuh pelanggan.. apa termasuk kejahatan cyber ga kasus axis sedot pulsa kaya gini..?? thx

Balas
avatar

Sejauh yang kita tahu sih buang-buang tenaga saja Mas. Mending telfon CS aja seperti yang ditulis diatas.

Kalo boleh cerita, gelombang penolakan soal serobot iklan XL dan Telkomsel waktu itu sangat ramai. Dan nyatanya sampai sekarang masih saja jadi maling di negara sendiri.

Bahkan 6 asosiasi Indonesia E-commerce Association (idEA), Indonesia Digital Association (IDA), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi), Association of Asia Pacific Advertising Media (AAPAM), dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) sempat meminta Telkomsel dan XL menghentikan praktik intrusive advertising karena dinilai melanggar UU No 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Kita kutip dari pernyataan Daniel Tumiwa selaku ketua umum idEA,

"Mereka (Telkomsel dan XL) tidak mau ditemui. Mereka sengaja diam, dan mengulur-ulur waktu satu sampai dua tahun. Dengan begitu mereka terus meraup keuntungan dengan iklan-iklan yang mereka sisipkan di setiap website kami. Kami sangat sesalkan, karena kami sangat dirugikan, dan pelanggan juga sangat terganggu dengan iklan-iklan tersebut"

Jadi bisa Mas Wisnu bayangkan, kalo lapor personal bagaimana jadinya. Oh ya, terkahir sekaligus sebagai tambahan, Indosat juga melakukan praktek curang ini.

Balas
avatar

Yah begitulah Mas Eddie. Rakyat sudah serperti sapi perah. Dulu CEO XL pernah kasih argumen kelas dewa seperti ini,

"Padahal kami yang bikin jalan segala macam, eh pasang iklan malah dimarahi. Itu Google tidak dimarahi"

Google jelas memberikan produk gratis berupa mesin pencari. Jadi kalo cari keuntungan dengan menampilkan iklan di hasil pencariannya yah masih masuk di nalar. Toh engga merugikan pengguna juga.

Sedangkan operator seluler engga ngasih internet gratis. Pengguna mesti beli paket. Kalo orang sehat, harusnya operator tidak boleh merasa berhak mencari keuntungan tambahan lewat iklan. Apalagi iklannya bisa nyolong pulsa kita.

Penjelasan pelanggaran ada dikomentar tepat di atas komentar Mas Eddie. Hehe

Balas
avatar

ada cara lain? misal block script khusus ke ads mereka gitu?
makin parah nih soalnya, sering sampe ketutup fullpage.

Balas
avatar

benr tu gue pernah juga kyk gini apa lagi klo lagi nge bok*p :'(

Balas
avatar

Nyebelin banget ya mas?
Buat HP/komputer/laptop apa buat web? Kalo untuk web coba pake script ini :

if (!(parent && parent.WebPlayer) && top != self) {
top.location.replace(document.location);
}

Balas
avatar

Sering nih dapet sms tbtb langganan konten horor bola horoskop dll padahal gapernah ngetik reg
pulsa pernah kesedot nyampe 20ribu
pernah marah ke cs lewat fb tapi gaada respon, trus ke twitter bilang kalau kesalahan itu di saya.
gatau gimana cara blocknya akhirnya kartunya saya buang daripada pulsa saya isi trus diambil lagi tiap hari.

Balas
avatar

Bisa jadi karena iklan operator, bisa juga aplikasi berisi malware seperti yang kejadian di artikel ini :

http://www.umahdroid.com/2017/09/google-depak-50-aplikasi-malware-android.html

Betul, kalo dirasa banyak ruginya dari pada untungnya lebih baik ganti kartu saja

Balas
avatar

Sy pernah beberapa kali alami hal ini. Krn sy gak mau terulang lg tiap kali isi pulsa langsung utk paket data. Biasanya tersisa 2000 rupiah. Krn sy tidak pernah sms atau telp selain dg WA atau line yg ada fasilitas call nya

Balas
avatar

Nyatanya praket XL minta pulsa masih saja terus jalan :(

Balas
avatar

Kalo via sms hanya akan unreg saja. Kalo langsung ke CS minta iframe dihilangkan, jadi meminimalisir kena jebakan betmen lagi

Balas
avatar

Fun fact: kalo pake xl nggak bisa buka halaman/artikel ini.

Nyesel nyoba xl meski stabil buat ngegame. Masak buat load image dan video di line kagak bisa?

Balas
avatar

Masa enggak bisa buka halaman artikel ini? Mas Fer komentar ini pake operator apa? Kebetulan kita enggak pake line, jadi engga tau deh kalo gak bisa load image & video.

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.