Cara Menghilangkan Iklan Operator XL dan AXIS Paling Ampuh

19:42
Hapus iklan operator nakal - Iklan ISP memang bukan barang baru di Idonesia. Mulai dari perusahaan swasta, hingga BUMN seperti Telkom juga merebut dengan paksa hak konsumen. Termasuk perusahaan operator besar seperti XL Axiata.

Iklan operator ini disebut intrusive ads atau iklan serobot. Mengapa disebut iklan serobot? Karena sifatnya menyerobot tanpa ijin dari pengelola website selaku pemilik konten, dan pelanggan selaku pengguna.

Sebelum kita masuk lebih jauh, kita akan jelaskan betapa rusaknya etika perusahaan telco negeri ini, hanya untuk mengeruk keuntungan dengan mengabaikan hak-hak yang seharusnya diterima pelanggan.

Tutorial Mengatasi Intrusive Ads Axis dan XL

Ada 2 buah tipe dari intrusive ads, yakni interstitial ads dan off deck ads. Interstitial Ads adalah iklan jenis ini akan menutup seluruh layar browser smartphone kita sebelum masuk ke halaman website utama yang pengunjung tuju. Iklan ini juga biasa disebut dengan between the page.

Kemudian Off deck Ads ini biasanya akan tampil pada bagian paling atas sebuah halaman website.

Apakah Iklan XL/AXIS Mengganggu?

Tentu saja sangat-sangat menganggu!. Apalagi iklan dari XL memiliki kemampuan untuk menyedot pulsa "tanpa keinginan user".

Artinya mereka mengambil uang kita tanpa ijin. Jika mengambil sesuatu tanpa ijin pemilik apa namanya? Mencuri bukan? Kalo sering? Berarti maling bukan?

Sudah berapa banyak korban yang tersedot pulsanya gara-gara iklan XL/AXIS?.

Kita berikan contoh sederhana,

Andaikan 1 kali kesalahan klik pada intrusive ads user kehilangan pulsa Rp. 5000. Lalu bagaiman jika 1juta pengguna? Itu sudah Rp. 5.000.000.000. Ini baru dihitung sehari.

Padahal kecurangan ini (setahu kita) sudah mereka lakukan dari 2014. Bisa dibayangkan, berapa banyak mereka merugikan pelanggan yang kata mereka terhormat.

Silahkan pasang iklan, jika layanan Anda digratiskan. Lah ini kan kita sudah bayar, kenapa dikasih iklan? Bisa ngambil pulsa lagi.

Menghapus Iklan XL/AXIS Permanen

Kalo mau pasang iklan silahkan pasang iklan di website Anda sendiri! Jangan asal masukin iklan di website orang tanpa ijin! Mau pasang di web orang? Bayar lah! Ngambil pulsa tanpa ijin aja bisa, bayar iklan engga bisa.

Kerugian Akibat Intrusive Ads

Secara garis besar ada 2 pihak yang menanggung kerugian dengan adanya intrusive ads dari perusahaan telco. Tentu saja pelanggan dan pemilik website.

1. Pemilik Blog

  • Membuat tampilan web terkadang berantakan
  • Ada komponen website yang tidak load
  • Load lebih lama dengan adanya iklan serobot
  • Bisa menaikan bounce rate karena iklan interstitial yang menutup 1 layar penuh sebelum akhirnya load ke halaman utama yang dituju
  • Pemilik blog bisa terkena fitnah. Sebab setelah kehilangan pulsa, pengunjung bisa saja berfikir jika pemilik blog menaruh malware di blog nya. Padahal ini iklan dari operator seluler.

Nah dua hal teratas karena blog yang dikelola oleh pemilik sah di inject oleh XL, dengan meng-iframe halaman blog yang menjadi target operator nakal ini.

Intrusive Ads Penyedot Pulsa Pelanggan

Jika teman-teman selaku pemilik blog menggunakan kartu XL/AXIS mengunjungi Stackoverflow maka akan ada peringatan "For security reasons framing is not allowed click ok to remove the frames".

Baca juga artikel menarik lainnya :

Juga bila mengunjungi Histats maka akan mendapat peringatan soal framing juga. Inilah akibat dari peng-inject-an script XL. Jadi sekarang sudah tahu kan?. Kita lanjut!

2. Pengguna Umum

  • Menyita waktu
  • Kehilangan pulsa akibat salah tap
  • Mengganggu saat browsing
  • Kehilangan hak sebagai pelanggan yang terhormat
  • Menanggung dosa kata-kata jorok akibat pulsanya hilang

Iklan ilegal ini memang hanya muncul ketika kita browsing lewat smartphone. Ya, intrusive ads XL tidak muncul ketika user membukanya lewat perangkat desktop seperti komputer/laptop.

Satu yang perlu di ingat. Walaupun tidak muncul di desktop, tapi script iklan tetap jalan. Efeknya tentu saja mengurangi kecepatan load halaman.

Menghilangkan Iklan Ibnads XL/AXIS di HP

Sampailah kita ke topik utama postingan. Bagaimana mengatasi iklan lintah penyedot pulsa dari XL/AXIS?.

Jangan buang waktu teman-teman!

Langsung saja hubungi costumer care XL. Cara ini kita share sebagai solusi dari sekian banyak opsi, karena sudah kami coba sebelumya dan sejauh ini work 100%.

Setelah tersambung pilih berbicara dengan customer care. Sampaikan keluhan teman-teman.

Sebagai bonus kami berikan tips agar request kita ditindak lanjuti :

1. Gunakanlah Bahasa Yang Sopan

Yap, yang pertama pastikan teman-teman menggunakan bahasa yang baik. Jangan sampai berbicara kotor. Alih-alih ingin solusi iklan XL, malah obrolan kita ditutup CS selaku perantara kita.

2. Nada Keras? Kenapa Tidak!

Keras, lantang, tegas tapi jangan sambil marah-marah. Kasihan CS juga kerja juga untuk mencari nafkah, menyambung hidup, membeli kebutuhan untuk anak, istri, dan keluarga mereka.

3. Pelan Tapi Menggigit

Peerlahan, giring CS ke akar permasalahan. Katakan masalahnya, jelaskan kerugian teman-teman yang mereka sebut pelanggan yang terhormat akibat praktek ini.

Pada waktu itu, kami menggunakan salah satu ajian pamungkas, "Kalo ngambil barang orang lain tanpa ijin apa namanya?". Jleb!

Biarpun kita tanpa marah ngomongnya, asal mereka dengar pasti langsung sampai ke hati. Tapi ingat, jangan sambil-marah-marah ya, kasihan. Wkwkwkwk..

4. Aktifkan opsi jaminan

Maksudnya begini, setelah CS meng-iyakan request kita, teman-teman Umahdroid jangan sampai disitu saja. Lanjutkan dengan,

"Terimakasih Pak/Bu/Mas/Mba/Ses, apa jaminannya permintaan saya diproses?"

Walaupun hal tersebut tidak menjamin sepenuhnya, namun setidaknya lewat kalimat tersebut kita benar-benar ingin berhenti dari kecurangan mereka, sekaligus meminta pertanggung jawaban peng-iya-an mereka.

5. Tutup Dengan Baik

Setelah mereka kembali meng-iyakan, tutuplah obrolan dengan baik. Sekarang tinggal tunggu saja kita dihubungi kembali oleh CS. Nanti akan ada telfon / sms masuk jika permintaan kita sedang diproses.

Singkat cerita, akhirnya sore hari itu juga ada pemberitahuan lewat SMS, jika layanan iklan sudah diberhentikan.

Tidak ingin percaya begitu saja, kita coba tes untuk browsing dari ponsel, dan akhirnya intrusive ads XL sudah hilang! Senangnya hak sebagai pelanggan terpenuhi.

Kesimpulan

Bagaimanapun, apapun bentuknya, serta alasannya intrusive ads memotong hak konsumen dan merugikan pelanggan mereka sendiri serta pemilik blog selaku pemilik konten.

Jika mereka tidak mau menghentikannya, kita yang harus jemput bola.

"Lebih baik kehilangan 500 perak untuk telpon costumer care dari kehilangan hak sebagai pelanggan, waktu, dan beribu-ribu rupiah untuk layanan tidak jelas!"

Ibnads XL sudah tidak ada lagi? Nah sekarang bisa surfing di dunia maya dengan lancar tanpa iklan curang mereka. Ada beberapa tips untuk internet lebih efisien yang teman-teman bisa baca di& tips browsing cepat dengan Google Chrome Android

Sekian saja curhatan, pengalaman dan cara mengatasi iklan operator AXIS dan XL. Untuk operator lain kita belum pernah coba, silahkan coba sendiri. Barangkali mereka mau mendengarkan kita. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.