10 Browser Tercepat Untuk Android Berdasar Pengujian Performa

16:01
Brower Android Paling Cepat dan Enteng - Kali ini Umahdroid akan sharing tentang hal yang erat kaitannya dengan browsing. Browser adalah aplikasi yang sangat-sangat penting.

Tanpa browser, kita akan kesulitan menemukan informasi yang kita butuhkan, mulai dari, cek email, online payment, chatting, menonton video, dan berbagai macam aktifitas online lainnya.

Ada banyak sekali aplikasi Android browser diluar sana yang bisa kita gunakan misalnya saja Google Chrome, Chromium, Firefox, Opera, Dolphin, Vivaldi, Midori, Safari pada perangkat buatan apple : Mac, iPhone, iPad dan masih banyak lagi broswer yang tidak mungkin kami sebutkan satu-persatu.

Aplikasi Browser Terbaik Android

Browser Paling Ringan Untuk Android

Berhubung blog ini lebih ke pembahasan Android, maka kita akan membantu teman-teman Umahdroid memilih browser terbaik untuk Android. Beberapa aplikasi yang diujikan seperti :
  • Google Chrome
  • Firefox
  • Opera
  • Puffin
  • Flynx
  • Ghostery
  • Naked
  • Mercury
  • Dolphin
  • UC Browser

Beberapa area tes yang diujikan pada aplikasi diatas diantaranya kempuan Javascript and keseluruhan performance, kecepatan loading page, dan konsumsi memory RAM.

Performa Browser

Untuk melakukan pengujian performa, disini menggunakan tools benchmark suites terpopuler untuk mengukur seberapa kecepatan loading halaman, kinerja javascript, kemampuan HTML seperti :
  1. Browsermark
  2. Mozilla Kraken
  3. Peacekeeper
  4. Sunspider

Langsung saja kita mulai!

1. Browsermark

Tes pertama menggunakan Browsermark ini bertujuan untuk mendapatkan nilai berdasarkan keseluruhan performance browser mencakup page load times, screen resizing, JavaScript, CSS, DOM, dan kemampuan grafis terutama WebGL dan Canvas. **semakin besar semakin bagus

Browser Android Palling Cepat

Bisa kita lihat, kali ini Opera menjadi yang teratas. Hanya terpaut 23 dari posisi kedua yang ditempati oleh Chrome. Posisi 5 besar selanjutnya di isi oleh Puffin, Flynx, Ghostery.

2. Peacekeeper

Pengujian selanjutnya menggunakan Peacekeeper. Ini digunakan untuk mengukur keseluruhan performance berdasar kemampuan browser menangani JavaScript, rendering HTML5, webGL, video, web worker, game, canvas, dta arrays, DOM operations, dan parsing text. **semakin besar semakin bagus

Aplikasi Browser Android Paling Cepat

Puffin melibas browser populer untuk Android tanpa ampun. Jauh sekali perbedaan dengan yang lain. Ketika peramban yang lain hanya terpaut dengan nilai yang bisa dibilang sangat rapat.

3. SunSpider

Pengujian selanjutnya dilakukan dengan SunSpider JavaScript Benchmark. Tools ini didesain untuk menentukan skor kemampuan menangani JavaScript pada browser. **semakin kecil semakin bagus

Tes Kecepatan Browser Android

Lagi-lagi, juara pada SunSpider tes adalah Puffin dengan skor 149.5. Terpaut sangat jauh dari pesaing-pesaing terdekatnya sekalipun.

Baca juga artikel menarik lainnya :

4. Mozilla Kraken

Pengujian kedua dilakukan dengan Mozilla Kraken. Seperti pada SunSpider, tes ini juga digunakan utnuk mengukur kinerja JavaScript browser melalui penggunaan. **semakin kecil semakin bagus

Browser Paling Cepat Untuk HP Android

Lagi-lagi Puffin browser masih menjadi yang teratas dengan skor akhir 1633.1 milisecond. Disusul oleh Firefox di tempat kedua, dan Opera di tempat ketiga dengan selisih yang sangat kecil.

Konsumsi Memory

Penggunaaan memori adalah faktor yang cukup krusiap. Terutama bagi pengguna low dan mid-end smartphone yang memiliki keterbatasan memory. Tes kali dibagi menjadi 2 buah, masing-masing adalah ketika tidak ada halaman yang terbuka, dan ketika membuka 5 buah tab sekaligus.

1. Tanpa Open Page

Pertama dikukur dari berapa banyak memori yang dikonsumsi oleh masing-masing browser tanpa tab atau halaman terbuka. Pengujian dilakukan dengan meng-Clear cache dan mereboot device terlebih dahulu untuk meningkatkan akurasi. **semakin kecil semakin bagus

Browser Android Paling Ringan

Kali ini, Dolphin Browser yang menjadi pemenang dengan hanya membutuhkan 45 MB saja tanpa load page. Posisi 5 besar selanjutnya diisi oleh Naked browser, Chrome, Ghostery, dan Firefox untuk Android.

2. Open Page dan Multi Tab

Setelah kita mendapatkan skor diatas, kita akan melihat seberapa besar RAM yang dikonsumsi pada saat membuka multi page dan tab (5 buah tab). Masih sama seperti sebelumnya, Pengujian dilakukan dengan meng-Clear cache dan mereboot device terlebih dahulu untuk meningkatkan akurasi. **semakin kecil semakin bagus

Browser Paling Ringan dan Cepat di Android

Akhirnya, produk Google yakni Chrome menjadi yang paling irit RAM pada saat membuka multiple page dan tab dengan hanya 135, terpaut 4 angka saja dari pesaing terdekatnya Opera.

Kesimpulan

Setelah tes-tes yang dilakukan, kita bisa menyimpulkan jika kemampuan Puffin browser relatif diatas rata-rata dari alat peramban yang lain dari segi kecepatan dan pembacaan halaman. Namun ketika tes running baik tanpa open page dan muli page, Puffin mengkonsumsi RAM yang cukup besar.

Dari sini bisa kita ambil pilihan, jika smartphone teman-teman mempunyai RAM yang tergolong kecil, lebih baik menggunakan browser lain. seperti Google Chrome dan Firefox.

Jika kalian menjatuhkan pilihan ke Chrome, pastikan untuk selalu menggunakan tips Google Chrome Android agar browsing maksimal.

Yuk kita share disini, browser paling cepat untuk Android mana yang menjadi favorit teman-teman? Sampaikan opini kalian lewat komentar di post ini. Semoga bermanfaat!

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.