Nostalgia Dengan Memainkan Game Nintendo di HP Android

20:36
Cara Menjalankan dan main game nintendo jadul di android - Siapa yang tidak kenal dengan nama Nintendo. Nama besar mereka sudah menjadi legenda dalam dunia game. Terlebih lagi untuk anak-anak yang lahir ditahun 90'an.

Ya, jaman dahulu anak yang mempunyai perangkat nintendo biasanya dari golongan elit. Tidak seperti sekarang ini yang sudah jauh sekali teknologinya, baik dari segi grafis, spesifikasi dan lain-lain. Rental PS dimana-mana, Game Center sudah banayak menjamur, PC/laptop sudah punya sendiri-sendiri.

Post kali ini saya gunakan untuk nostalgia terutama untuk anak-anak 90an, Generasi terakhir yang menikmati bermain tulub-tuluban, enggrang, panggal, yoyo, boy-boynan, kasti pake janur, demparan bata, telikan dan permainan tradisional lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan satu-persatu.

Tambah lagi sekarang sudah ada Virtual Reality. Semua semakin instan dan fleksibel. Baca artikel Kumpulan Game dan Aplikasi VR Untuk Android.

Kita semua tahu, Nintendo adalah sebuah perusahaan multinasional yang didirikan tanggal 23 September 1889 di Kyoto, Jepang oleh Fusajiro Yamauchi untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda, yang digunakan untuk permainan kartu Jepang dengan nama yang sama.

Pada pertengahan abad kedua puluh, Nintendo mencoba beberapa bisnis khusus yang kecil, seperti sebuah penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi. Setelah beberapa tahun, Nintendo menjadi sebuah perusahaan permainan video, dan tumbuh menjadi salah satu di antara yang terbesar dalam industri ini.

Di samping permainan video, Nintendo adalah pemilik mayoritas Seattle Mariners, sebuah tim Major League Baseball di Seattle, Washington.

Kemudian pada tahun 2001, Nintendo juga membeli bagian yang cukup besar untuk Gyration Inc., sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang permainan adalah Sony dan Microsoft.

Dengan kemajuan jaman beserta hiruk-pikuk tekonologinya, bermain game pun semakin mudah. Seperti yang sedang sobat baca ini, kita akan menggunakan ponsel android untuk menjalankan game-game nintendo dengan memenfaatkan emulator.

Tenang saja, ukurannya kecil kok. Bahkan sangat ringan ketika dijalankan. Jadi sobat tidak perlu kawatir. Nah sobat masih ingat dengan game Excitebike? Pasti ingat dong. Berikut Screeshot setelah beberapa menit yang lalu saya mainkan di ponsel android saya :

main game nintendo jadul di android

Game tersebut saya jalankan di ASUS Zenfone 5 T00F. Lancar, ringan, tidak ada lag sama sekali. Ok! Kita lanut ke topik, bagaimana sih cara menjalankan game nintendo di HP android? Berikut tutorialnya!

Tutorial Main Game Nintendo di Andriod

Sebelum kita main, pasti harus ada syarat yang sobat harus penuhi. Salah satunya seperti yang saya bilang diatas. Apa saja yang harus dilakukan untuk bisa ngegame nintendo jadul?

1. Install John NES Emulator for Android

Pertama-tama kita install dulu emulator yang nantinya kita gunakan untuk running game-game nintendo. Nama emulatornya adalah John NES. Ingat dipisah bukan digabung, kalo digabung jadinya JONES :D

Cara main game nintendo di android

Langkah-langkah install :
  1. Pastikan koneksi internet sobat aktif
  2. Buka Google Play Store
  3. Pada kolom pencarian ketikan JOHN NES
  4. Kemudian tap Install
  5. Tunggu sampai proses selesai

2. Menjalankan Game Nintendo di Smartphone Android

Setelah emulator John NES sudah terinstall pada HH android sobat, sekarang tinggal download game NESnya. Dibawah sudah saya sediakan kumpulan game NES koleksi saya untuk sobat unduh. Baik, saya asumsikan sobat sudah mempunyai gamenya.

Step 1 - Extract kumpulan game yang sudah sobat donwload sebelumnya

Step 2 - Buka aplikasi John NES

Step 3 - Sobat bisa gunakan Icon Kaca Pembesar pada bagian atas aplikasinya untuk melakukan scanning otomatis  / mencari game yang tersimpan pada memory

memainkan game nintendo di hp android

Step 4 - Setelah ketemu dan selesai meload gamenya, nanti akan muncul di aplikasinya seperti yang ditunjukan pada gambar diatas.

Step 5 - Tinggal tap saja dan Enjoy the game!

Ukuran file RAR dari game NES sekitar 190MB. Saya download menggunakan PC biar cepet, kemudian transfer ke HH via ASUS Share Link yang sudah support transfer dari dan ke PC. Baca Download ASUS Share Link Support Transfer Dari dan Ke PC.

Sekalian curhat kemarin ada salah satu sobat Umahdroid memberi tahu tentang perlakuan Copy Paste yang dilakukan beberapa rekan blogger tanpa mencantumkan sumber asli ( dalam hal ini artikel yang saya tulis sendiri ).

Terlebih lagi, salah satu portal berita besar di Indonesia Tr*bun News juga ikut melalukan COPAS atas artikel yang saya tulis sendiri tanpa menyertakan sumber. Ada sedikit rasa geram memang, tapi ya sudahlah. Semoga ini jadi yang terakhir, dan saya harap sobat yang sedang membaca ini tidak mengikuti perilaku tesebut!

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Nostalgia Dengan Memainkan Game Nintendo tahun 90an di HP Android. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

2 Komentar
avatar

jir. mainan ane jaman SD. kalo digas terus pake yan kenceng kepanasan mogok. wkwkwk. nice share min

Balas
avatar

Hahaha, betul kang. Yang selalu jadi kenangan buat saya bunyi jatuhnya yang khas "blebek blebek blebek" :D

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.