Cara Menampilkan Kecepatan Download dan Upload di Statusbar

02:43
Download Internet Speed Meter APK Android - Internet, download, upload dan istilah-istilah lain yang berkaitan dengan teknologi yang satu ini memang sudah menjadi konsumsi sehari-hari untuk sebagian besar masyarakat.

Mulai dari sebuah kebutuhan untuk memenuhi syarat suatu pekerjaan, tren, eksis di social media dan masih banyak lagi yang admin tidak bisa sebutkan satu-persatu.

Nah kali ini saya akan berbagi tentang salah satu aplikasi Android yang bisa kita gunakan untuk mengetahui internet speed / kecepatan internet download dan upload di smartphone kesayangan sobat.

Mungkin beberapa sobat yang sedang membaca artikel ini sudah tahu tentang software aplikasi ini, namun tidak tahu nama aplikasi ini. Ya, nama aplikasi ini adalah Internet Speed Meter besutan dari DynamicApps.

Dengan menggunakan aplikasi "Internet Speed Meter" akan memunculkan kecepatan internet kita : download speed dan upload speed pada status bar HP android kita dan juga menampilkan jumlah data yang digunakan di notification panel.

Dengan adanya tools semacam ini, sobat bisa mengetahui dan memonitoring network connection setiap saat dengan mudah. Apalagi size aplikasinya sangat kecil, hanya 1.41MB. Baik, saya berikan screeshot untuk gambaran sebagai gambaran sobat :

Cara Menampilkan Kecepatan Download dan Upload di Statusbar dengan Internet Speed Meter

File APK ini saya dapatkan atau download langsung dari Google Play Store menggunakan Ubuntu 15.04. Jika sobat adalah user Linux, silahkan baca tutorial yang sebelumnya saya post Cara Download File APK Dari Google Play Store di Ubuntu Linux

Fitur Internet Speed Meter Android

Ada 2 buah versi yang DynamicApps sediakan, yakni Lite Version dan Pro Version. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini? Dibawah ini adalah daftar dari fitur yang dimiliki oleh Internet Speed Meter :

1. LITE VERSION

Lite version ini adalah versi free. Artinya sobat bisa mendownload dan menginstallnya gratis tanpa membayar. Untuk fitur yang disediakan seperti list dibawah ini :

- Real time speed update in status bar and notification
Dengan fitur ini, sobat bisa mengetahui kecepatan internet pada status bar dan notifikasi pada ponsel android sobat

- Daily traffic usage in notification
Fitur ini memungkinkan sobat untuk mengetahui penggunaan trafik data yang muncul pada notifikasi.

- Separate stats for Mobile network and WiFi network
Dengan adanya fitur yang ketiga ini, sobat bisa dengan mudah membandingkan statistic data mobile dan data wifi yang digunakan

- Monitors your traffic data for the last 30 days
Fitur ini digunakan untuk melakukan monitoring trafik data dalam periode 30 hari terakhir

- Battery efficient
Nah untuk yang terakhir ini pasti sobat sudah tahu artinya, jadi rasanya tidak usah saya uraikan penjelasannya

2. PRO VERSION

Kemudian versi yang kedua adalah Versi Pro. Berbanding terbalik dengan versi sebelumnya, versi ini adalah Premium / versi berbayar. Jadi untuk menggunakannya sobat harus membelinya. Berapa harganya? Baik, untuk harga dari Pro Version sekitar Rp.31.680 - Beli Internet Speed Meter Pro


Karena Pro Version adalah versi premium otomatis fitur yang ditawarkan juga lebih banyak dari pada Lite Version. Apa saja fiturnya? Berikut adalah daftarnya :

- Notification Dialog
Support dengan dialog notifikasi yang akan muncul ketika sobat melakukan tap pada notifikasi :
  • Graph to monitor last minute internet activity. Tersedia grafik untuk memonitor aktivitas internet pada menit terakhir
  • Time and usage of current session. Waktu dan juga penggunaan sesi yang sedang aktif
  • Today's app usage for mobile and wifi. Penggunaan aplikasi hari ini untuk mobile dan wifi
  • Realtime speed of running applications. Kecepatan real dari apliasi yang sedang berjalan

- Smarter notifications
Pemberitahuan yang hanya muncul ketika Anda terhubung ke internet. Pada fitur ini sobat bisa merubah pemberitahuan yang akan menjadi prioritas. Selain itu, sobat juga dapat menyembunyikan notifikasi ketika status idle untuk jumlah waktu tertentu.

- Themes support
Seperti judulnya, dengan fitur yang ketiga ini, sobat bisa mengatur sendiri warna yang akan digunakan sebagai tampilan. Maka sobat mempunyai lebih banyak variasi warna.

- Blue status bar icon
Adalah fitur untuk memilih ikon status bar, antara biru atau putih. Namun fitur ini hanya untuk android yang menggunakan versi Kitkat dan dibawahnya.

- Upload and Download Speed
Yang terakhir adalah opsi untuk menampilkan kecepatan upload dan download di pemberitahuan yang terpisah.

Selain fitur untuk menampilkan kecepatan unduh dan unggah, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Report untuk mengetahui pemakaian bandwidth pada ponsel android kita seperti yang saya jelaskan diatas.

Dengan demikian, kita bisa tahu seberapa banyak kuota yang kita gunakan dalam periode tanggal, data yang digunakan meliputi Mobile Data dan Wifi Data kemudian total dari keduanya.

Seperti apa bentuknya? Berikut adalah screenshot report yang diambil dari Asus Zenfone 5 milik Kang Yusuf Cahyono :

Cara Menampilkan Kecepatan Download dan Upload di Statusbar

Bagaimana? Tertarik untuk menginstall Internet Speed Meter? Jangan kawatir, saya sudah sediakan link download untuk file APK dibawah post ini.

Tips Tambahan

Kita sarankan selalu memantau penggunaan internet agar tidak terlalu boros setiap harinya. Pastikan juga teman-teman menggunakan tips kuota internet awet di smartphone Android.

Sekian saja yang bisa saya tulis tentang Cara Menampilkan Kecepatan Download dan Upload pada Status bar Android untuk memudahkan dalam memonitoring dan mengontrol mobile data dan wifi data. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

0 Komentar

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.