11 Cara Menghemat Kuota Internet di Android Agar Tidak Cepat Habis

11:00
Tips hemat kuota internet Android - Setelah era mobile menjadi tren global, penyedia jaringan pun berlomba-lomba untuk menawarkan dan menyediakan layanan koneksi internet dengan berbagai cara untuk merebut hati konsumen.

Lebih lagi di 2 tahun terakhir, jaringan 4G kini tengan dibangun seiring dengan banyaknya vendor gadget yang merilis smartphone 4G dengan harga yang relatif murah.

Dengan seperti itu, layanan konvensional seperti sms juga sekarang sudah mulai berkurang dengan adanya berbagai macam aplikasi pesan instan.

Hal yang perlu kita waspadai adalah soal banyaknya kuota internet yang kita pakai. Jika kita tidak merencanakannya, bisa-bisa dompet kita jebol karena pemakaian bandwidth yang jor-joran.

Tips Hemat Kuota Android Agar Tidak Cepat Habis

Oleh sebab itu, lewat posting ini kami akan coba memberi solusi kuota internet agar tidak cepat habis. Kuota hemat, jajanpun sempat!

1. Gunakan Fitur Data Saver

Menurut data APJII ( Asosiasi Penyelengaraan Jasa Internet Indonesia ) lewat survei internet 2016, jika Google Chrome menyabet browser Android paling poluler dan paling banyak digunakan di Indonesia dengan angka mencapai 66.6%.

Data Saver Untuk HP Android

Data tersebut sebenarnya sudah kita share pada posting sebelumnya yang berjudul Indonesia tengah rancang Browser lokal. Teman-teman bisa baca disana.

Memang jika dibanding browser lain, kita lebih pro ke Chrome. Selain browser bawaan, Chrome Android juga memiliki fitur yang bisa membantu kita hemat pemakaian kuota dengan adanya fitur "Data Saver".

Google mengklaim jika fitur ini mampu mengehmat bandwidth internet hingga 50%. Angka cukup besar bukan?

Hal lain yang membuat kita lebih prefer ke Google Chrome juga dengan adanya beberapa fitur keren Chrome untuk browsing cepat. Tentunya ini menjadi nilai tambah dibanding dengan browser lain.

2. Matikan AutoSync

Selain dari faktor browsing seperti pada poin pertama, pemakaian data juga akan semakin boros dengan banyaknya aplikasi yang terhubung ke internet.

Nah untuk mengatasi ini, ada baiknya kita mematikan fitur sinkronisasi aplikasi Android yang jarang digunakan, atau jika dirasa kurang penting bisa di uninstall saja. Lihat daftar Aplikasi yang sebaiknya diuninstall.

3. Awasi Data Usage Warning

Sekarang hampir semua smartphone Android sudah memiliki fitur Data Usage Warning. Terhitung mulai Android Kitkat, fitur ini secara default sudah ada dari pabrik. Jadi kita bisa mengaturnya tanpa perlu aplikasi tambahan.

Cara Setting Data Limit di Android Tanpa Aplikasi

Pastikan teman-teman mengaktifkan mode ini agar mendapat peringatan ketika penggunaan kuota internet kita mendekati batas yang sudah kita atur sebelumnya.

Jangan sampai pulsa kita terpotong karena kita tidak menyadari saat kuota internet kita habis. Jika teman-teman mencari aplikasi pihak ketiga, kita akan menyarankan lebih baik menggunakan Internet Speed Meter untuk memonitor pemakaian internet.

Dengan aplikasi tersebut, kita bisa dengan mudah melihat laporan jumlah bandwidth yang kita keluarkan perharinya. Lebih lagi, kecepatan internet bisa kita lihat langsung real time lewat status bar di ponsel kita.

4. Aktifkan Restrict Background Data

Fitur Restrict Background Data memungkinkan user untuk mematikan penggunaan data pada aplikasi yang kita tentukan. Kita juga tidak perlu aplikasi tambahan untuk menggunakan fitur ini.

Tutorial Restict Background Data di Android Tanpa Root

Bagaimana cara restrict background data di Android? Caranya juga sangat mudah, teman-teman hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut :
  • Buka menu Settings
  • Pilih Data Usage
  • Scroll untuk melihat daftar aplikasi
  • Buka aplikasi yang dipilih
  • Aktifkan Restrict

5. Matikan Auto Update

Google Play Store sudah seperti sumber kehidupan bagi smartphone Android. Sebuah operating system tanpa dukungan berbagai macam aplikasi yang ditawarkan untuk user perlahan pasti akan mati dengan sendirinya.

Ada banyak OS untuk mobile device diluar sana, namun karena tidak memiliki cukup aplikasi yang bisa di install, otomatis pengguna akan malas menggunakannya.

Mematikan Auto Update Pada Play Store

Jika teman-teman mau mengecek lebih lanjut, Play Store cukup menghabiskan kuota dengan adanya update otomatis. Semakin banyak aplikasi yang tersintall di smartphone kita, semakin banyak juga kemungkinan auto update yang memakan kuota internet.

Oleh karenanya, sebaiknya matikan fitur auto update untuk menghemat kuota internet di HP Android kita. Non-aktifkan juga aplikasi yang sekiranya mengirimkan anonymous data ke server penyedia aplikasi.

6. Kurangi Kualitas Streaming

Jika teman-teman hobi streaming video, maka patut mempertimbangkan kulitas konten yang kita tonton. Sekarang sudah banyak layanan video yang menyediakan beberapa pengaturan kualitas streaming.

Contohnya pada YouTube. Dengan menurunkan kualitas video maka kita akan bisa lebih banyak menekan penggunaan data. Karena semakin bagus kualitas, semakin besar juga konsumsi bandwidth yang dikeluarkan.

7. Mainkan Game Offline

Tidak hanya streaming saja, game online juga bisa menyebabkan kuota internet boros. Jadi bagi para Gamers yang sayang kuota internet, sebaiknya kurangi bermain game online atau yang memerlukan akses internet untuk memainkannya.

Game Android Offline Keren

Alternatifnya bisa dengan bermain game Android offline yang tersedia di Google Play.

8. Minimalisir Download dan Upload

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu penyebab dari borosnya pemakaian data adalah karena download dan upload. Tidak hanya terbatas pada Android saja, semua perangkat juga demikian.

Mengetahui Jumlah Kuota Yang Digunakan di Android

Maka sebisa mungkin kurangilah aktifitas tersebut. Unduh dan upload lah file yang sekiranya perlu-perlu saja. Kecuali teman-teman memiliki paket internet jumbo.

9. Gunakan Aplikasi Navigasi Offline

Selain boros baterai, aplikasi GPS Android juga termasuk ke dalam aplikasi yang menghabiskan kuota. Lalu bagaimana untuk menggunakan map offline di Android?

Aplikasi GPS Offline Terbaik Untuk Android

Sudah cukup lama Google Maps memiliki fitur simpan offline. Dengan kemampuan ini, kita bisa menikmati navigasi tanpa koneksi. Namun jika teman-teman mencari alternativ lain, Sygic Navigation GPS Offline patut dicoba.

10 .Gunakan WiFi Saat Update

Ini bisa menjadi jilid kedua dari langkah nomor 5 diatas. Opsi lain yang bisa kita gunakan selain mematikan fitur auto update adalah Auto-update apps over Wi-fi only.

Jika di tempat kalian ada Wi-Fi gratis, maka langsung saja manfaatkan area hotspot tersebut. Selagi halal kenapa tidak. Bukan begitu?

11. Matikan Data Saat Tidak Dipakai

Teman-teman bisa mematikan data mobile pada perangkat dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika kita tidur, maka ponsel kita otomatis tidak terpakai bukan?

Nah dari pada saat tidak terpakai, lebih matikan saja data selulernya. Ini juga akan mengehemat pemakaian baterai Android.

Dengan demikian kuota kita akan tetap aman sentosa, karena system hanya akan melakukan update otomatis ketika device kita terhubung ke jaringan WiFi.

Apa Yang Kurang?

Dari enam buah trik hemat kuota internet diatas apa yang belum kami tulis? Silahkan tuliskan tips teman-teman lewat komentar. Kami akan sangat berterimakasih jika bisa saling berbagi. Jangan lupa share ya! Semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi

5 Komentar
avatar

pas minimize terus dibuka ulang muncul background data disable .... play storenya gimana

Balas
avatar

Tap pada learn more kalo nanti akan ada popup buka lewat browser. Terus tap pada sembarang tempat, nanti otomatis akan melanjutkan yang belum ke load. Engga perlu buka dari awal lagi

Balas
avatar

berhasil :v thanks informasinya min

Balas

Harap Diperhatikan
  • Mohon komentar dengan bahasa yang sopan. Berikan ceklist pada Notify Me agar mendapat pemberitahuan balasan. Komentar yang memuat unsur sara, menyertakan link, atau iklan, akan saya anggap sebagai SPAM. Terimakasih.