KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Begini Cara Hapus File Sampah Tersembunyi Di HP Vivo Kalian

Berkas Sampah HP Vivo - Halo para pengguna smartphone Vivo Indonesia. Sesuai judul di atas, hari ini Umahdroid ingin sharing tentang bagaimana cara menghapus hidden junk files, lebih tepatnya thumbnail HP Android.


File tersebut biasanya menumpuk dan memakan banyak penyimpanan internal. Kondisi ini diperparah karena biasanya tidak atau kurang diketaui oleh pengguna karena letaknya di folder tersembunyi.


Jika dibiarkan tanpa di-manage, thumbnail bisa saja membuat ponsel pintar dengan logo robot hijau kesayangan kalian kehabisan kapasitas penyimpanan.


HP Vivo Murah Spek Dewa

Kondisi seperti ini cukup sering terjadi terutama pada perangkat-perangkat dengan storage yang tidak terlalu besar seperti pada ponsel yang dibekali dengan 32 GB penyimpanan internal saja.


Tapi tenang!. Kalian tidak perlu kawatir karena hari ini kita akan bagikan panduannya. Sebelum itu ada baiknya kita tahu dulu mengenai thumbnail.


Apa Sih Thumbnail Pada Android & Fungsinya

Thumbnail adalah preview dari gambar original yang dikompres menjadi ukuran yang lebih kecil. Ia dirancang untuk membantu kerja device saat menampilkan gambar berukuran besar.


Baca juga :


Dibandingkan dengan menampilkan ukuran asli, pendekatan seperti ini jelas akan membuat proses menampilkan gambar jauh lebih cepat.


File Sampah Thumbnail HP Vivo

Bayangkan jika ada 1000 gambar berukuran 5-10MB yang langsung ditampilkan?. Selain waktu load menjadi lama, kondisi tersebut tentu membebani kinerja hardware karena memakan banyak resource.


Ketika kita melihat album foto di Galeri, sebenarnya yang tampil dalam bentuk petak-petak kecil itu merupakan thumbnail, bukan image atau photo aslinya.


Pada saat kita melakukan tap untuk membuka salah satu gambar atau foto, maka yang ditampilkan itu barulah tampil file aslinya. Oh ya, thumbnail tidak ada hanya di OS HP saja, tapi juga PC Desktop atau Laptop.


Bisa dipahami ya kegunaan thumbnail pada sebuah operating system?. Jom kita lanjutkan ke poin utamanya!.


Langkah Hapus Thumbnail Vivo Dengan Aman

Apakah ada efeknya menghapus thumbnail?. Tenang, kita bisa menghapus thumbdata dengan aman. Sistem nantinya akan membuat ulang file tersebut secara mandiri ke dalam memori penyimpanan ponsel Android.


Kalau muncul lagi berarti pecuma dong?. Tidak juga, karena saat kita delete sebuah gambar dari galeri, thumbnail gambar tersebut tidak ikut terhapus.


Melihat File Tersembunyi HP Vivo

Dengan kata lain, apabila foto yang ada di galeri kita sudah banyak yang dihapus, gambar thumbnail-nya tetap ada. Untuk itulah kita harus membersihkannya supaya tidak menumpuk.


Untuk cara menghapusnya, silahkan jalankan file manager > buka pengaturan (ikon gear) > aktifkan menu Tampilkan direktori dan file tersembunyi.


Langkah selanjutnya silahkan buka File lokal > terus pilih penyimpanan Telepon > kemudian masuk ke folder DCIM > buka folder .thumbnails > pilih semua file yang ada di direktori ini > lalu tekan tombol Hapus.


Setelah itu kalian membuka Wadah daur ulang atau Trash kemudian hapus semua untuk menghapus thumbnail secara permanen dari HP.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan