KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Menjajal RX 6650 XT, Seberapa Powerfull GPU AMD Di Linux?

AMD RX 6650 XT Benchmark - Yosh selamat malam teman-teman, khususnya pengguna sistem operasi gratis sumber terbuka berbasis Linux. Hari ini kita akan share hasil pengujian beberapa game terbaik untuk Linux.


Posting ini juga kita buat untuk kalian yang ingin migrasi closed source operating system seperti Microsoft Windows atau sekedar mencoba tapi masih kawatir mitos Linux tidak bisa untuk gaming.


Banyak sekali orang yang mengeluh soal driver VGA AMD yang katanya lumayan rewel di Windows. Yang error-lah, yang crash-lah. Ada saja penyakitnya.


AMD RX 6650 XT Benchmark

Dan penting untuk kita informasikan, semua masalah itu tidak tejadi di Linux. Kartu grafis yang dibuat oleh saingan NVIDIA ini justru berjalan dengan sangat stabil di sistem Linux.


Sejak hari pertama kita tidak menemukan satupun bug "supir" graphics card dengan arsiteksur RDNA 2 ini. Asli, benar-benar rock solid!.


Testing AMD RX 6650 XT Untuk Gaming di Linux

Komponen dari kubu merah tidak hanya kita pilih untuk menangani urusan grafis saja tapi juga prosesor. PC rakitan kita juga menggunakan AMD Ryzen 7 5700X. Soal RAM, kita pakai 2 x 8GB 3600Mhz.


Baca juga :


Beralih ke sisi software, distro Linux yang Umahdroid gunakan disini adalah Fedora Workstation 37 dengan Kernel Linux 6.1.13 dan Mesa 22.3.5.



Kira-kira seperti apa performanya?. Tanpa banyak babibu, hasil lengkapnya bisa lansgun kalian simak melalui video yang sudah kita upload ke channel YouTube Tiwo Satriatama di atas.


Oh ya, proses recording sendiri kita lakukan dengan bantuan perangkat lunak sejuta umat, OBS Studio dengan encoder FFmpeg VAAPI H.264.


Jika kalian kesulitan membaca spesifikasi yang kita tulis dalam bentuk teks, kalian bisa melihat lampiran test bench quick specs yang kita gunakan pada pengujian gaming on Linux kali ini di awal video.


Oh ya, disini kita berjalan di X11. Bagaimana dengan Wayland?. Untuk perbandingan kedua protokol, silahkan simak Wayland VS Xorg Performance.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan