KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Ubah Tombol Navigasi Samsung Jadi Mode Gestur Layar Penuh

Full Screen Gesture Navigation - Kalian datang ke tempat yang tepat jika merasa risih atau kurang "sreg" dengan sistem navigasi layar (back, home, recent apps) yang ditempatkan di bagian bawah layar HP Samsung.


Sesuai dengan judul artikel yang kita terbitkan di atas, hari ini Umahdroid ingin sharing tentang cara menghilangkan tombol navigasi Samsung dan menggantinya dengan gestur usap atau sebaliknya.


Kita memang bisa dengan mudah kembali dengan menekan tombol back pada smartphone Android kesayangan kita terlepas dari apapun mereknya.


Mengubah Tombol Navigasi Samsung

Untuk kita, full screen gesture navigation jauh lebih nikmat dibandingkan tombol navigasi tradisional khas Android. Selain lebih cepat, sistem ini juga bisa membuat layar menampilkan informasi sedikit yang lebih banyak.


Samsung untungnya memberikan penggunanya pilihan untuk memilih navigasi mana yang sesuai selera atau workflow.


Setting Tombol Navigasi Layar Penuh Samsung

Hampir semua smartphone Samsung sudah mendukung navigasi gestur layar penuh, baik yang dirilis beberapa tahun belakangan (sudah menggunakan One UI) atau yang baru saja dirilis ke pasar.


Baca juga :


Sebagai contoh, disini kita menggunakan perangkat Samsung Galaxy A8 Star / A9 Star dengan Android 10 yang melenggang pada tahun 2018 lalu.


Setting Navigasi Usap HP Samsung

Untuk menghidupkan sistem navigasi gestur layar penuh di Samsung sebenarnya cukup mudah. Ambil ponsel pintar kalian > buka Pengaturan > masuk ke menu Tampilan > gulung ke bawah terus pilih Bilah Navigasi.


Disini pengguna bisa memilih 2 buah jenis sistem navigasi yang ada. Pertama yakni Navigation button dan yang kedua yakni Full screen gestures.


Secara default, sistem akan memilih usap dari bawah. Jika kalian ingin mengubah lokasi usap, silahkan hantam tombol Opsi lainnya > pilih Usap dari samping dan bawah seperti gambar tangkapan layar :


Pengaturan Bilah Navigasi Samsung

Jika dirasa diperlukan, kalian juga bisa mengaktifkan setelan Petunjuk gestur atau Gesture hints jika device kalian menggunakan bahasa Inggris (US).


Pada mode ini ketiga tombol (aplikasi terkini, beranda, dan kembali) akan berubah menjadi garis di bawah layar. Pendekatan seperti ini digunakan untuk mempermudah melakukan navigasi gestur.


Sekarang tampilan smartphone buatan perusahaan Korea Selatan ini menjadi penuh dan lebih clean, tidak "dimakan" tombol navigasi.


Semoga cara mengganti bilah navigasi bawah sekaligus pengaturan tombol home Samsung bermanfaat dan berkah untuk kita semua. Selanjutnya kalian mungkin tertarik membaca menampilkan watermark merek kamera Samsung.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan