KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ubuntu Tidak Bisa Playing Video

Multimedia Codec Ubuntu - Umahdroid kembali lagi dengan artikel Linux. Hari ini kita akan sharing masalah tidak bisa memutar video yang menurut kita merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setelah install Ubuntu.


Pengguna yang baru migrasi dari sistem operasi Windows biasanya akan kebingungan karena secara default, distribusi Linux turunan dari Debian ini tidak bisa play file MP4, MKV, dan beberapa format audio.


Ketika seseorang coba membuka video melalui GNOME Files aka Nautilus secara langsung, kalian akan menjumpai beberapa kemungkinan pesan kesalahan.


Video Player Ubuntu Problem

Sebagi contoh, H.264/MPEG-4 AAC decoder is required to play the file, but is not installed, an error occured the specified movie vloud no be found, atau hanya black screen begitu saja.


Hal itulah yang ingin kita bagikan, tetutama yang baru mencoba belajar memakai Ubuntu di PC Desktop atau Laptop kesayangannya.


Mengapa dan Solusi Ubuntu Not Playing Videos

Pertama-tama kita ingin menjelaskan sebentar mengenai masalah Ubuntu tidak bisa memuat video ini umum terjadi. Ini disebabkan karena tidak adanya dukungan file video dan format media lainnya out of the box.


Baca juga :


Canonical tidak mau menyertakannya karena perangkat lunak tersebut bukan free open source, dibatasi oleh hak paten, hak cipta, atau masalah hukum.



Kabar baiknya, mereka menyediakan satu paket untuk menginstal codec media tersebut dari repositori yang memang dirancang khusus untuk menampung berbagai software non-open source.


Langkah lengkapnya bisa langsung kalian simak dan praktekkan dengan video yang sudah kita upload ke YouTube Tiwo Satriatama di atas.


Proses instalasi membutuhkan koneksi, jadi pastikan perangkat kalian terhubung dengan jaringan internet supaya package manager bisa download dari multiverse repository kemudian memasangnya ke sistem.


Ini bisa diterapkan di versi berapapun, misal, Ubuntu 22.04 LTS Focal Fossa, Ubuntu 22.04 LTS Jammy Jellyfish, atau Ubuntu 22.10 Kinetic Kudu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan