KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Jadwal Rilis, Perubahan, Serta Fitur Baru Ubuntu 22.10 Kinetic

Ubuntu 22.10 Desktop - Bagi penggemar sistem operasi free open source, semester kedua tahun 2022 jadi lebih menarik karena Canonical akan segera merilis Ubuntu terbaru yang masuk dalam keluarga Ubuntu NON LTS.


Kinetic Kudu didapuk oleh pengembang sebagai codename untuk meneruskan spirit FOSS versi sebelumnya, yakni Ubuntu 21.10 Impish Indri yang melenggang pada bulan Oktober 2021 lalu.


Kinetic sendiri berarti aksi yang dihasilkan dari gerak, sedangkan Kudu merupakan kijang hutan yang bisa ditemukan di seluruh Afrika timur dan selatan.


Jadwal Rilis Ubuntu 22.10 Kinetic Kudu

Spesies ini memiliki bulu cokelat dengan garis-garis vertikal putih. Kudu jantan dan betina dapat dengan mudah dibedakan dari tanduknya. Pejantan dewasa memiliki tanduk berbentuk spiral yang unik.


Tanpa banyak babibu lagi, langsung saja mari kita mulai menu informasi utama yang sedang kalian cari-cari.


Fitur Yang Dibawa Ubuntu 22.10 Kinetic Kudu

GNOME 43 yang akan dirilis pada bulan September ini akan diguanakn sebagai default desktop environment Ubuntu 22.10. The FortyThree sendiri membawa beberapa perubahan menarik dan penyempurnaan dari GNOME 42.


Baca juga :


Beberapa diantaranya yakni redesign quick toggles, system settings, file manager yang sudah di-poting ke GTK4 dan masih banyak lagi.



Untuk visual dan detail lebih jelasnya mengenai fitur-fitur baru yang kita sebutkan, silahkan simak video yang sudah kita unggah ke kanal YouTube pribadi Tiwo Satriatama di atas.


Pengembang Ubuntu memutuskan untuk membuat menu baru bernama "Ubuntu Desktop" pada pengaturan yang diperuntukkan untuk kostumisasi.


Selain itu, kita juga akan menikmati Pipewire sebagai sistem audio default, support webp, serta penyempurnaan dock. Nantinya, kita bisa spread windows dengan melakukan klik ikon aplikasi pada Ubuntu dock.


Kapan Ubuntu 22.10 Terbaru Dirilis Canonical?

Ubuntu 22.10 merupakan versi NON Long Term Support yang akan mendapatkan didukungan hingga 9 bulan kedepan. Dengan kata lain, Ia akan di-support sampai 2023 mendatang.


Tanpa banyak babi lagi, berikut release date yang mungkin sudah kalian tunggu-tunggu dari Ubuntu 22.10 Kinetic Kudu :

  • 25 Agustus : Feature Freeze

  • 15 September : User Interface Freeze

  • 22 September : Kernel Feature Freeze

  • 29 September : Ubuntu 22.10 Beta

  • 6 Oktober : Kernel Freeze

  • 13 Oktober : Release Candidate

  • 20 Oktober : Final Release


Versi "reguler" ini tentu cocok untuk kalian yang suka mengikuti dan selalu ingin menggunakan distro Linux yang up-to-date.


Bagaimana menurut kalian, apakah rilis kali ini akan lebih menarik daripada Ubuntu 22.04 LTS Jammy Jellyfish?. Tuliskan pendapat kalian lewat kolom komentar di bawah. Terimakasih!.

Posting Komentar

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan