KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Perbedaan WD Element & WD My Passport Yang Wajib Diketahui

Jenis Hardisk Eksternal WD - Western Digital memiliki berbagai HDD untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hari ini Umahdroid akan share perbedaan My Passport dan Element setelah sebelumnya kita bagikan perbedaan warna hardisk WD.


Di artikel tersebut kita jelaskan dari Blue, Green, Black, Red, Gold, sampai Purple. Jadi silahkan klik saja link di atas untuk membaca lebih detail perbedaan keenam media penyimpanan berbasis piringan tersebut.


Seperti yang kita tahu, Western Digital (WD) adalah raksasa sekaligus sesepuh dalam bisnis storage di dunia.


Bedanya WD My Passport dan WD Element

Jika kalian sedang mencari hardisk eksternal yang bagus dengan memilih produk perusahaan yang memulai bisnisnya pada 1970 daripada merek lain seperti Seagate, kalian akan berakhir di WD Elements and WD My Passport.


Untuk pengguna komputer awam, ini mungkin cukup membingungkan mengingat keduanya sama-sama kelas consumer.


Apa Perbedaan WD My Passport dan WD Element?

Kapasitas yang ditawarkan WD Element lebih variatif. Ia memiliki versi 500GB, 750GB, 1TB, 1.5TB, 2TB, 3TB, 4TB, dan 5TB, sedang My Passport hanya tersedia dalam 4 ukuran 1TB, 2TB, 4TB, dan 5TB saja.


Baca juga :


Soal teknologi USB, WD My Passport lebih baik karena sudah menggunakan USB 3.2, sedangkan saudaranya masih memakai teknologi USB 3.0.



Beralih ke keamanan perangkat, WD My Passport support AES-256 encryption with password protection yang bisa diaktifkan lewat software WD Discovery (Windows), sedangkan WD Element tidak memilikinya.


Perbedaan lain juga ada pada garansi hardisk. Seri My Passport didukung garansi resmi hingga 3 tahun dan Element hanya 2 tahun. Lebih singkat 1 tahun.


Untuk warna, WD Element hanya tersedia dalam warna hitam saja, sedangkan WD My Passport memiliki empat buah warna yang bisa dipilih sesuai selera, yakni hitam, biru, merah, serta putih.


Mau Beli, Pilih WD My Passport Atau WD Element?

Harga hardisk WD kedua seri ini tidak beda jauh. Saat artikel ini ditulis, untuk kapasitas 1TB My Passport dijual Rp 715.000, sedangkan WD Element dibanderol dengan angka Rp 690.000 (sumber Tokopedia).


My Passport jelas lebih layak dibeli. Fiturnya lebih banyak dan transfer datanya lebih cepat karena memakai teknologi USB lebih tinggi.


Sebenarnya masih ada seri My Passport Ultra. Spesifikasinya kurang lebih sama dengan seri My Passport reguler. Bedanya ada pada fitur dan port interface-nya. Versi Ultra memakai konektor USB Type C.

4 komentar

4 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Unknown
    Unknown
    19 Februari
    • Kunjungi profil
    Mencerahkan
    • Unknown
      Tiwo Satriatama
      22 Februari
      • Kunjungi profil
      Alhamdulillah
    Reply
  • Setiawan
    Setiawan
    24 Desember
    • Kunjungi profil
    Cakep post min
    • Setiawan
      Tiwo Satriatama
      26 Desember
      • Kunjungi profil
      Sip
    Reply