KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Memperbaiki Switch Mechanical Keyboard Yang Tidak Berfungsi

Keyboard Mechanical Rusak - Teknologi spring activated pada setiap tombol pada papan ketik mekanik memiliki kelemahan. Debu adalah salah satu musuh terbesar yang bisa membuat tombol mechanical keyboard key chattering.


Apalagi untuk tukang ngemil dan ahli hisap yang berkerja di depan PC / Laptop. Abu rokok atau remah-remah makanan bisa masuk melalui rongga-rongga yang imbasnya bisa mempengaruhi kesehatan keyboard.


Lain halnya jika kalaian menggunakan keyboard jenis rubber dome atau biasa disebut juga sebagai membrane.


Memperbaiki Mechanical Keyboard

Jenis tersebut memakai lembaran karet untuk meregistrasi keystrokes. Kembali ke topik, hari ini Umahdroid akan bagikan cara mengatasi tombol keyboard mechanical tidak berfungsi seperti yang diharapkan.


Sebenarnya kejadian ini terjadi sudah cukup lama, tapi baru kita tuangkan ke dalam artikel. Yah, semoga saja tetap bisa bermanfaat dan berkah.


Awal Mula Cerita, Pagi Hari Yang Cerah & Tenang

Kita sudah memakai Ducky One TKL selama lebih dari 2 tahun. Pengalaman ngetik mantap, desain kompak, keycaps unik, kabel detachable. Nyaris tidak ada masalah apapun dengan perangkat ini.


Baca juga :


Setidaknya sampai di pagi hari yang sunyi itu. Tombol "A" tiba- tiba chatter. Hmm, entah apa yang merasukimu.


Fix Tombol Keyboard Mechanical Error

Ini menghancurkan typing experience (cenderung emosi) karena kita jadi sering bolak-balik hapus / tambah huruf A yang kadang jika ditekan ganda, kadang juga tidak terinput.


Solusi konvensional dengan melapas keycaps dengan puller, kemudian sedot-sedot, tiup-tiup-tiup udara tidak membantu sama sekali.


Yang ada kepala kenceng karena asupan oksigen ke otak menjadi berkurang. Kalau metode seperti ini work di peripheral kalian, maka kita ucapkan selamat karena itu artinya kalian tidak perlu repot dengan metode yang lebih rumit.


Mechanical Keyboard Double Typing / Chattering

Karena sangat mengganggu, akhirnya kita coba browsing solusi yang banyak bertebaran di website, mondar-mandir di Reddit, YouTube, dll. Oh ya, Ducky yang kita gunakan menggunakan switch Cherry MX.


Sampailah kita di sumber dengan solusi kaleng udara dan contact cleaner. Disini kita pilih yang kedua.


Swith Keyboard Mechanical Chatter

Tidak ada alasan khusus selain disini kaleng udara cukup sulit didapatkan. Disini kita memakai yang kedua dengan REXCO 18 yang memang dirancang untuk membersihkan komponen elektronik.


Langsung saja, lepas kabel, cabut keycaps, semprot sedikit, lalu tekan switch berulang kali untuk memastikan cairan CC masuk dan membersihkan kotoran.


Setelah dirasa kering, colok lagi ke PC kemudian tes. Taraaaa, sekarang tombol normal lagi. Tapi anjir, tactile dan clicky jadi hilang. Padahal keduanya faktor utama mengapa orang suka Cherry MX Blue :-(


Solusi Kedua Mechanical Keyboard Key Chattering

Mungkin metode di atas cocok untuk switch yang sifatnya linier seperti Red / Black. Yang jelas (menurut kita), itu bukan solusi ideal untuk pengguna switch tactile seperti warna Brown / Blue / Green, dan kawan-kawannya.


Baca juga :


Bukannya menyelesaikan masalah, "pembersih kontak" malah mengkonversi masalah ke dalam bentuk lain.


Switch Cherry MX Key Chattering

Akhirnya kita putuskan untuk mengganti switch. Inilah enaknya mecha, jika satu tombol rusak, maka cukup ganti saja tombol tersebut. Kita beli Cherry MX Blue eceran di salah satu toko online di Tokopedia. Harga satuannya Rp 10.000.


Karena Ducky memakai sistem plate mounted, jadi agak sedikit ribet memang. Untuk PCB mounted mungkin lebih praktis.


Maaf kita tidak jelaskan rinci cara mengganti switch keyboard mechanical karena tidak memiliki alat + ketrampilan menyolder. Semua pekerjaan kita serahkan ke salah seorang teman dengan biaya 1 bungkus Surya 16.


Memperbaiki Keyboard Mechanical Tanpa Solder

Sontoloyo sekali. Setelah masalah tombol A beres, sekitar 3 / 4 bulan berselang muncul fenomena serupa. Sekarang tombol G "Si Bebek" yang rewel. Kali ini kita memiliki jurus lebih mudah. No solder, change switch, or obeng set Xiaomi Mijia.


Metode ini sangat cocok untuk tipe pengguna yang menginginkan solusi cepat, mudah, serta murah.


Service Keyboard Mechanical Rusak

Hal yang kita butuhkan disini hanya sebuah keycaps puller, cairan pembersih lensa / layar, dan pinset (opsional). Sebelum mulai silahkan lepas keyboard mechanical dari perangkat komputer desktop atau komputer jinjing kalian.


Langkah-langkahnya kurang lebih seperti ini :

  • Gunakan "penarik kunci" untuk mencabut keycaps

  • Setelah itu tekan switch dengan pinset atau alat lain

  • Masukkan 1 tetes saja pembersih lensa / layar ke switch

  • Tekan-tekan switch untuk memastikan cairan masuk

  • Diamkan sebentar sampai sekiranya sudah kering


Solusi ini sudah kita coba dan berhasil. Tidak ada masalah lagi sampai sekarang. Tapi ya ingat, resiko ditanggung sendiri aka Do With Your Own Risk (DWYOR).


Punya cara lain yang lebih ampuh untuk service keyboard mechanical?. Jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar yang tersedia di bawah posting sebagai media diskusi masalah keyboard komputer.

2 komentar

2 komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan
  • Daplun
    Daplun
    20 Oktober
    • Kunjungi profil
    bookmark,, kali-kali butuh. thx bos
    • Daplun
      Tiwo Satriatama
      27 Oktober
      • Kunjungi profil
      Sip
    Reply