KEuVUe149Y7e320zVKJqOjpo0SGIHzz7ueew9qo8
Bookmark

Fungsi Partisi Swap pada Sistem Linux, Berapa Ukuran Idealnya?

Swap pada Linux - Pertanyaan apa itu partisi swap pada Linux, apa perbedaan ext4 dan swap, bagaimana cara membuat partisi swap, Berapa kapasitas swap untuk Linux jika RAM Saya X GB, dsb masih sering kita jumpai di komunitas Linux.


Yah, wajar saja sebenarnya hal ini cukup membingungkan pengguna baru karena di Microsoft Windows yang mana merupakan sistem operasi yang mereka gunakan sebelum migrasi ke distribusi Linux tidak mengenalnya.


Jawaban yang diberikan biasanya tidak jauh dari swap=2xRAM ya kan?.


Fungsi Swap pada Sistem Linux

Entah angka dari mana. Meski kurang pas, tapi rumus tersebut seperti jadi warisan turun-temurun. Padahal kenyata'annya belum tentu demikian. Pada kondisi tertentu, swap malah tidak diperlukan.


Apa itu Partisi Swap pada Linux?

Seperti yang kalian ketahui, sistem menggunakan RAM untuk menjalankan sebuah aplikasi. Masalah akan muncul jika ada banyak aplikasi yang berjalan bersama'an atau jika aplikasi tertentu yang membutuhkan banyak RAM.


Baca juga :


Apa yang akan terjadi jika seluruh RAM sudah digunakan?, Bukan hanya aplikasi akan macet, tapi sistem kita juga.


Melihat Partisi Swap di Ubuntu Linux

Disinilah proses swapping terjadi, dimana beberapa konten pada memori akan disalin ke ruang swap yang telah dikonfigurasikan pada disk perangkat dengan tujuan untuk melegakan RAM.


Ketika sudah kembali lega, konten-konten yang sebelumnya ditampung pada disk akan dipindahkan kembali ke Random Access Memory.


$ free -h
                      total       used           free            shared      buff/cache     available
Mem:           3.8G        1.5G        920M              195M                 1.4G           1.8G
Swap:          1.4G            0B          1.4G

"Wah, mending dikasih 50GB aja biar bisa jalanin banyak software dong?". Keliatan keren memang, tapi bukan begitu.


Disini masalahnya adalah kecepatannya. Silahkan cari sendiri informasi perbandingan kecepatan Hard Disk atau Solid State Drive vs RAM. Kalian akan mengetahui jawabannya.


Kapan Kondisi Swap Diperlukan?

Ada beberapa alasan mengapa seorang pengguna direkomendasikan untuk membuat partisi swap saat menginstal Debian, Ubuntu, Linux Mint, Elementary, Pop! OS, Zorin, KDE Neon, atau distribusi Linux lainnya.


Langsung saja, berikut beberapa diantaranya :

  • Jika perangkat hanya memiliki RAM 1GB atau kurang

  • Jika memakai aplikasi yang butuhkan banyak memori

  • Jika ingin menggunakan fungsi hibernation di Linux


Untuk poin ketiga sifatnya wajib karena konten RAM akan ditulis ke partisi swap saat proses hibernasi.


Cara Cek Penggunaan Swap Linux

Jika PC desktop atau laptop kalian menggunakan Solid State Drive dan tidak memiliki rencana untuk memakai hibernasi, lebih baik tidak membuat partisi swap karena imbasnya bisa ke sistem wear level SSD.


Untuk pengertian dan tetek-bengkenya, silahkan klik saja link tersebut. Disana kita jelaskan soal wear leveling.


Berapa Ukuran Partisi Swap di Linux?

Ini adalah bagian yang paling sering ditanyakan. Kira-kira berapa ruang swap yang ideal untuk instalasi Linux?. Masalahnya adalah tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanya'an tersebut. Yang ada hanya rekomendasi.


Setiap orang memiliki pendapat berbeda tentang ukuran swap yang ideal. Bahkan distribusi Linux mayor tidak memiliki pedoman ukuran swap yang sama.


Baca juga :


Tapi jika rumusnya swap=2xRAM, bagaimana user yang memiliki RAM 32GB dengan storage 128GB?.


Ukuran Partisi Swap Linux

Masa iya harus 64GB hanya untuk swap?. Bisa habis sekejap jika kalian termasuk pengguna yang memiliki rencana untuk memasang software-software mamot di komputer kesayangan kalian


Untuk itu, lebih baik kita sertakan beberapa pedoman yang bisa kalian pilih sebagai referensi saat akan membuat partisi ini. Langsung saja, mari kita mulai!.


#1 Saran Ukuran Swap RedHat

Kalian bisa mengikuti saran dari Red Hat. Mereka merekomendasikan ukuran swap 20% dari RAM untuk sistem modern, yakni komputer dengan RAM 4GB atau lebih tinggi.


#2 Saran Ukuran Swap CentOS

CentOS memiliki rekomendasi berbeda untuk swap size. Pertama, 2xRAM untuk mesin dengan RAM kurang dari 2GB, dan kedua RAM+2GB jika ukuran RAM komputer lebih dari 2GB.


#3 Saran Ukuran Swap Ubuntu

Canonical memiliki perspektif yang jauh berbeda karena mempertimbangkan faktor hibernasi. Jika kalian membutuhkan hibernasi, pertukaran ukuran RAM menjadi penting untuk Ubuntu.


UKURAN RAMTANPA HIBERNASIDENGAN HIBERNASI
256MB256MB512MB
512MB512MB1GB
1GB1GB2GB
2GB1GB3GB
3GB2GB5GB
4GB2GB6GB
6GB2GB8GB
8GB3GB11GB
12GB3GB15GB
16GB4GB20GB
24GB5GB29GB
32GB6GB38GB
64GB8GB72GB
128GB11GB139GB

Berapa ukuran swap kita?. Tidak ada, kita tidak membuatnya di Ubuntu dengan laptop dengan RAM 16GB, SSD 240GB.


Silahkan pilih kiblat yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan tentang pengertian swap beserta kegunaan serta rekomendasi ukuran swap ketika memasang sebuah distribusi Linux.

0

Posting Komentar

Berikan checklist pada Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi balasan